Senin, Mei 19, 2014

Candi Dieng Plateau

Dieng Plateau memiliki kompleks candi Hindu, yang ditemukan pada awal tahun 1814, oleh seorang tentara Inggris yang berwisata ke Dieng Plateau. Pada awal ditemukan, Candi Dieng terendam dalam kubangan air, dan hanya baian atasnya saja yang terlihat. Kemudian pada tahun 1856, dimulai upaya pengerukan yang dipimpin oleh Van Kinsbergen, yang kemudian dilanjutkan proses pencatatan dan pengambilan gambar pada tahun 1864.

Candi Dieng terdiri dari tiga kelompok gugusan candi, yaitu kompleks Candi Gatotkaca, kompleks Candi Dwarawti, Kompleks Candi Arjuna, dan satu buah candi yang berdiri sendiri, yaitu Candi Bima.

Hingga saat ini, belum ditemukan bukti tertulis kapan Candi Dieng Plateau dibangun. Namun, pada sebuah prasasti yang ditemukan di kompleks candi tersebut, memiliki angka tahun 731 Caka, namun hal itu juga belum bisa dijadikan analisa kapan kompleks Candi Dieng pertama kali dibangun. Lihat juga artikel lain Wisata Dieng Plateau.

Kompleks Candi Arjuna, Dieng Plateau

Kompleks Candi Arjuna terdiri dari lima muah candi, yaitu Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Sembadra, Candi Puntadewa, dan Candi Semar.

Candi Arjuna berada di sisi paling utara kompleks percandian tersebut, dengan relung dan pintu masuk yang berhiaskan kalamakara. Candi Arjuna berukuran 6 x 6 meter dengan atap tersusun berjenjang dan berbentuk menara. Di dekat Candi Arjuna inilah ditemukan prasasti yang berangka tahun 731 Caka. Sementara Candi Semar diperkirakan sebagai pelengkap Candi Arjuna, yang berdiri berhadapan dan tidak berdiri sejajar dengan candi-candi lain di kompleks ini.

Candi Srikandi berada di sebelah Candi Arjuna, dengan dinding berhiaskan relief Dewa Wisnu di dinding sebelah utara, Dewa Brahma di dinding sebelah selatan, dan Dewa Syiwa di dinding sebelah timur. Candi Sembadra berada di sebelah Candi Srikandi, dengan bentuk bangunan kububus. Atap Candi Sembadra berbentuk polygon. Candi Putadewa berada di paling ujung kompleks percandian ini, berbentuk ramping dan berdiri di atas batur berukuran 250 centimeter.

Kompleks Candi Gatotkaca

Seperti kompleks Candi Arjuna, kompleks Candi Gatutkaca juga terdiri dari lima buah candi, yaitu Candi Gatotkaca, Candi Nakula, Candi Sadewa, Candi Setyaki, Candi Gareng dan Candi Petruk. Sebagian besar bangunan candi di kompleks Candi Gatotkaca sudah runtuh, hanya Candi Gatotkaca saja yang kondisinya masih bagus. Pada ketiga sisi dinding Candi Gatotkaca berhias kalamakara.

Candi Dieng Plateau

Gambar Candi Dieng Plateau


Kompleks Candi Dwarawati

Kompleks percandian ini terdiri dari empat buah candi, yaitu Candi Dwarawati, Candi Abiyasa, Candi Pandu, dan Candi Margasari. Hanya Candi Dwarawati saja yang masih tersisa, sementara Candi Abiyasa, Candi Pandu, dan Candi Margasari hanya berupa reruntuhan saja. Kompleks Candi Dwarawati bisa ditempuh dengan jalan kaki atau motor kurang lebih 500 meter dari Jalan Dieng.




Bentuk Candi Dwarawati mirip dengan Candi Gatotkaca, dengan bentuk dasar bujur sangkar. Atap candi tampak sudah rusah, bagian dalamnya hanya ruang kosong. Di dekat candi, terdapat batu yang berbentuk seperti Lingga dan Yoni.

Candi Bima

Candi Bima terletak di sebuah bukit, menyendiri tidak berkelompok seperti kompleks candi lain. Ukuran Candi Bima paling besar diantara candi-candi lain di Dieng Plateau, dan bentuk bangunannya juga agak unik, dengan bentuk dasar bujur sangkar, namun karena setiap sisinya terdapat penampil yang menjorok keluar, sehingga bentuk candi ini terlihat seperti persegi delapan. Atap Candi Bima juga agak unik, tersusun atas lima tingkat, yang semakin mengecil pada setiap tingkatan bagian atas, dengan hiasan berupa pelipit padma ganda dan relung kudu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.