Jumat, Mei 23, 2014

Kawah Sikidang Dieng Plateau

Kawah Sikidang merupakan salah satu objek wisata Dieng Plateau, berupa kawah vulkanik yang masih aktif. Kawah ini terletak di perbukitan yang tampak tandus, dan terus menerus mengeluarkan asap putih tebal. Terletak di desa Dieng Kulon Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Keberadaan kawah ini memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan wisata Dieng Plateau, pasalnya, kawah Sikidang merupakan objek wisata unik dan sangat menarik untuk dikunjungi. Lihat juga artikel lain Wisata Dieng Plateau.

Kepulan asap kawah mengandung belerang, sehingga sangat berbahaya jika terlalu banyak terhirup. Oleh karena itu, sebaiknya wisatawan menggunakan masker atau tidak melawan arah angin saat mengunjungi lokasi kawah ini. Namun, asap kawah yang tidak berlebihan dipercaya justru dapat mempercantik kulit dan menghilangkan jerawat.

Di areal lokasi objek wisata ini, banyak warga setempat yang menjajakan belerang sebagai cenderamata khas kawah Sikidang. Memang, sebagian penduduk di dekat lokasi kawah Sikidang banyak yang menggantungkan hidupnya dengan menambang belerang untuk dijual ke kota.

Kawah utama cukup unik, karena bisa berpindah-pindah tempat, sehingga penduduk setempat menyebutnya sebagai kawah Sikidang. Dianggap seolah-olah melompat dari satu tempat ke tempat lain seperti kidang (kijang). Saat berjalan di lokasi kawah, sebaiknya mencari tempat yang kering, sehingga tidak sembarangan saat melangkah. Lubang-lubang bekas kawah tampak ada dibeberapa tempat, dan areal sekitar objek wisata ini banyak terdapat tanah basah dengan air mendidih. Tanah di sekitar kawah-kawah kecil ini sangat berbahaya, mudah longsor jika dipijak.

Kawah Sikidang Dieng Plateau

Kawah utama membentuk kolam yang cukup besar, dengan air bercampur lumpur yang mendidih, berwarna keabu-abuan. Suhu air kawah utama rata-rata mencapai 100­­­­0 Celcius, bahkan pada kondisi-kondisi tertentu bisa lebih tinggi. Di sekeliling kawah utama, terdapat pagar pembatas yang dibuat untuk keselamatan pengunjung. Namun demikian, masih ada saja pengunjung yang nekat memasuki pagar batas. Bahkan pernah terjadi seorang pengunjung yang nekat mengambil gambar dari bibir kawah dan terperosok, saat diangkat, kulit kaki sudah melele dan tingal tulang saja.




Dapur magma di perut bumi memiliki energi yang menghasilkan tekanan cukup kuat. Saat tekanan mencapai puncaknya, maka akan terjadi aktvitas vulkanik, dan terbentuklah kawah baru. Sehingga tidak mengherankan jika kawah utama selalu berpindah-pindah tempat.
Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.