Kamis, Mei 08, 2014

Jelajah Tempat Wisata Di Bali

Ingin berlibur ke Bali? Apa saja Tempat Wisata di Bali, baik wisata pantai, alam, maupun budaya? Tentunya Anda akan mencari informasi dari berbagai sumber untuk menentukan pilihan tepat, mengingat begitu banyaknya tempat wisata di Bali, sehingga Anda harus menyesuaikan dengan waktu liburan dan juga anggaran. Kami akan memberikan uraian singkat mengenai beberapa tempat wisata di Pulau Bali yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Bali memiliki reputasi luar biasa dalam dunia pariwisata. Bukan hanya di dalam negeri, reputasi dan potensi wisata Bali juga sangat dikenal di berbagai negara. Pulau Bali menjadi idaman wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Tentu saja, potensi wisata Bali mampu mendongkrak devisa negara dan PAD setempat. Tak hanya itu, berkembangnya industri wisata di Bali juga mampu mendongkrak sektor lain, seperti kerajinan, jasa, maupun perdagangan.






Reputasi Bali sebagai daerah wisata telah cukup lama dikenal di seluruh dunia. Selain obyek wisata di Bali cukup banyak, hal tersebut juga dipengaruhi oleh budaya khas daerah setempat yang masih sangat kental dengan tradisi-tradisi kuno. Kedua faktor tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Keramahan masyarakat di Bali juga menjadi salah satu faktor pemicu meledaknya jumlah wisatawan di Pulau Dewata ini.

Tempat Wisata Di Bali Paling Populer

Banyaknya obyek wisata di Bali mungkin akan membuat Anda mengalami kesulitan dalam melakukan pilihan. Namun, jangan khawatir, kami akan menyederhanakan daftar tempat wisata di pulau Bali berdasarkan popularitas di mata wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Harapan kami, pembahasan singkat di bawah ini dapat membantu pembaca semua dalam memperoleh gambaran atau deskripsi mengenai beberapa tempat wisata di Pulau Dewata Bali.

Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali

Tempat wisata di Pulau Bali ini juga dikenal dengan nama GWK. GWK disimbolkan dengan patung dewa Wisnu setinggi 20 meter, dan berdiri tegak di atas Unggasan. Patung tersebut diukir oleh Nyoman Nuarta, seorang pengukir ternama di Bali. Di tempat wisata ini, Anda dapat melihat pesona pemandangan matahari terbit maupun terbenam. Tak hanya menyajikan panorama dengan nuansa sunrise maupun sunset, di tempat wisata ini pengunjung juga dimanjakan berbagai acara hiburan dari pagi hingga malam hari.

Jelajah Tempat Wisata Di Bali

Pantai Legian Bali

Pantai Legian atau lebih dikenal dengan sebutan Legian Beach In Indonesia, terletak di sebelah utara pantai Kuta Bali, dan merupakan salah satu tempat wisata di Pulau Bali yang wajib untuk dikunjungi. Kawasan tempat ini didominasi oleh wisatawan mancanegera, terutama dari Australia. Disamping banyaknya tempat penginapan atau hotel dengan biaya murah, di kawasan wisata ini juga tersedia fasilitas night life.

Pantai Kuta Bali

Kuta merupakan salah satu tempat wisata pantai di Bali, dengan keindahan ombak dan sunsetnya, sehingga tempat wisata ini memiliki popularitas sangat tinggi. Tak mengherankan jika pantai Kuta Bali sangat ramai dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegera. Di kawasan tempat ini, banyak tempat penginapan maupun hotel, dengan tarif harga kamar murah hingga mahal. Dengan pasir putihnya, Pantai Kuta menyuguhkan pemandangan nan eksotis, menakjubkan dan luar biasa. Di kawasan wisata ini, juga tersedia fasilitas hiburan malam, bahkan setiap hari kamis ada even ladies night, dimana pada even tersebut, para wanita bisa masuk dengan bebas biaya (entrance fee).

Tanjung Benoa Bali

Tanjung Benoa adalah tempat rekreasi pantai yang memiliki potensi keindahan laut dan berbagai macam olahraga air. Di objek wisata ini pengunjung juga dapat melihat tempat penangkaran penyu yang berlokasi di Pulau Penyu. Untuk mencapai lokasi Pulau Penyu, dari pantai Tanjung Benoa harus menggunakan perahu, dengan waktu perjalanan kira-kira 30 menit. Pantai Tanjung Benoa hampir tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Para wisatawan biasanya datang ke Tanjung Benoa untuk mencoba serunya olahraga air, atau sekedar jalan-jalan menyusuri pantai di sepanjang pasir putih untuk menikmati atraksi-atraksi olahraga air. Kawasan wisata pantai Tanjung Benoa berada di Kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.






Pantai Jimbaran Bali

Pantai ini terletak di Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Sebelum menjadi tempat wisata, Jimbaran adalah sebuah desa nelayan, dimana sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Setelah kawasan ini berubah menjadi tempat wisata, mata pencaharian penduduk daerah setempat berubah dan kini mereka mengembangkan usaha di bidang pariwisata. Jimbaran merupakan salah satu tempat rekreasi dengan pesona pemandangan pantai dan memiliki keindahan pasir putih. Tak hanya itu, di tempat ini pengunjung juga bisa menikmati keindahan sunset. Salah satu daya tarik obyek wisata Jimbaran adalah makanan khas lautnya. Di tempat ini banyak terdapat cafe-cafe khas seafood, dimana pengunjung bisa menikmati indahnya matahari terbenam sambil menikmati kelezatan makanan lautnya. Sehingga tempat wisata laut ini sangat ramai dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegera pada sore hari, setelah jam 16.00 waktu setempat.

Pantai Sanur Bali

Tempat wisata laut ini terletak di bagian timur kota Denpasar, tepatnya di desa Sanur. Sanur adalah salah satu tempat wisata di Bali untuk menikmati keindahan matahari terbit. Sehingga Pantai Sanur sangat ramai dikunjugi wisatawan pada pagi hari. Nama tempat wisata ini sudah melambung dari dulu, terutama semenjak dibangunnya hotel berbintang pertama di Bali, yaitu Bali Beach Hotel. Selain menawarkan keindahan matahari terbit, tempat wisata pantai Sanur juga menawarkan keindahan perahu-perahu nelayan, berjejer begitu banyak dan tertata rapi di sepanjang pelabuhan. Warna-warni perahu tersebut menjadi nilai seni tersendiri, sehingga tempat ini sering dijadikan sebagai lokasi pengambilan foto prewedding. Karena air lautnya cenderung dangkal, membuat zona perairan di tempat ini juga menjadi tempat yang cukup populer untuk aktivitas water sport.

Pantai Dreamland Bali

Pantai Dreamland merupakan pantai terpencil yang jauh dari keramaian dan kebisingan kota. Dibanding pantai-pantai lain di Bali, tempat wisata ini jauh lebih bersih dan tenang, dengan suasana nyaman dan keindahan panorama laut yang memukau. Pantai Dreamland terletak di Desa Pecatau, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Berada di kawasan Mega Proyek Bali Pecatu Graha. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini adalah wisatawan mancanegara, yang menginginkan suasana tenang dan damai, jauh dari keramaian. Di Pantai Dreamland, wisatawan dapat menyaksikan ombak yang menggulung begitu besar, menghantam bibir pantai. Oleh karena itulah, tempat wisata Pantai Dreamland sangat cocok untuk olahraga surfing. Dari atas tebing karang, Anda akan menyaksikan aktivitas para peselancar yang sedang menerjang ombak.

Pantai Lovina Bali

Pantai Lovina merupakan salah satu tempat wisata pantai yang masih alami, dengan pasirnya yang hitam dan menyuguhkan sebuah pemandangan yang sangat menarik. Sebagai salah satu tempat wisata di Bali, kawasan Pantai Lovina juga banyak dibangun fasilitas dan sarana pendukung industri pariwisata, seperti hotel atau penginapan-penginapan murah, restoran, dan pembangunan akses jalan. Di tempat wisata ini, Anda bisa menyaksikan keindahan pantai dengan airnya yang jernih dan ombak yang relatif tenang. Pesona lain yang cukup unik dan menjadi daya pikat dari Pantai Lovina adalah pertunjukan aksi lumba-lumba liar. Wisatawan dapat menikmati pertunjukan lumba-lumba liar di perairan kurang lebih 1 kilometer dari bibir pantai. Sebuah tarian unik dari ikan-ikan besar berwarna hitam yang jumlahnya mencapai ratusan. Wisatwan dapat menyewa perahu nelayan untuk mendekati lumba-lumba liar tersebut. Selain itu, dengan perairan yang jernih, memungkinkan wisatawan untuk menikmati pesona taman laut di kedalaman 2-5 meter, yaitu dengan kegiatan diving atau wisata selam. Tarian ikan-ikan laut dengan aneka corak dan warna turut menghiasi keindahan taman laut di perairan Pantai Lovina.

Pantai Pandawa Bali

Pantai Pandawa sering disebut Pantai Rahasia atau Secret Beach, karena letaknya yang tersembunyi di balik dua bukit batu sangat besar. Sebelum memasuki tempat wisata ini, wisatawan harus menyusuri sebuah jalan yang diapit dua tebing batu sangat besar. Salah satu sisi tebing batu tersebut terdapat pahatan berbentuk patung Pandawa Lima dan Dewi Kunti. Tempat wisata Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Berjarak kurang lebih 18 kilometer dari Bandara Internasional Ngurah Rai, dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dalam waktu sekitar satu jam. Tempat wisata Pantai Pandawa dikenal dengan keindahan pasir putihnya yang bersih dan ombaknya yang tenang. Sehingga menjadikan perairan di Pantai Pandawa cocok untuk olahraga dan rekreasi air.






Tanah Lot Bali

Tanah Lot merupakan salah satu tempat wisata kulutural dan sangat populer di Bali. Tempat wisata ini terletak Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Selain pantai, juga terdapat dua pura tua, bagian dari Pura Dang Kahyangan, sebuah pura yang dibangun di atas bongkahan batu besar, dan satunya di atas tebing menjorok ke laut. Sabagai salah satu tempat wisata favorit di Bali, tempat wisata Tanah Lot sangat ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada sore hari, dimana wisatawan bisa menikmati keindahan matahari terbenam.

Pura Uluwatu Bali

Selain menawarkan keindahan panorama alam, tempat wisata terletak di Bali selatan ini juga menyuguhkan suasana sakral dan religius. Tempat ini berstatus sebagai Pura Sad Kahyangan Jagat dan dibangun di atas bukit karang berketinggian 97 mdpl. Dari lokasi pura tersebut, wisatawan dapat menikmati keindahan ombak Samudra Hindia, sebuah pemandangan fenomena alam sangat mengagumkan, dimana ombak bergulung dan tampak keras menghantam kokohnya tebing karang. Di tempat wisata ini, pengunjung juga akan dihibur dengan Tari Kecak Uluwatu, salah satu tarian tradisional cukup terkenal di Bali.

Pura Besakih Bali

Pura Besakih merupakan pura terbesar di Bali. Pura ini berfungsi sebagai pusat kegiatan peribadatan masyarakat Hindu Bali. Selain digunakan sebagai tempat bersembahyang, khususnya umat Hindu Darma Bali, Pura Besakih juga menjadi tempat tujuan wisata yang cukup populer. Nama besar dan keagungan Pura Besakih sangat dikenal oleh masyarakat di seantero dunia. Hal ini tak lepas dari peran UNESCO yang menetapkan Pura Besakih sebagai Situs Warisan Budaya Dunia. Tak hanya menawarkan potensi wisata budaya dan keagamaan, Pura Besakih juga memiliki panorama alam yang menakjubkan. Berada di lereng sebelah barat Gunung Agung, menjadikan suasana dan udara di lokasi pura cukup dingin dan menyegarkan.

Pasar Sukawati Bali

Pasar Sukawati merupakan pasar seni yang terletak di Desa Sukawati Kabupaten Gianyar, Bali. Di pasar seni ini, wisatawan dapat membeli beraneka ragam produk seni khas Bali, dari pakaian batik dengan ornamen khas Bali hingga kerajinan tradisional Bali. Pasar Sukawati merupakan salah satu objek tujuan utama para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Dewata ini dan ingin membeli oleh-oleh khas Bali. Jika Anda pintar dalam menawar, pasti akan mendapatkan harga yang sangat murah di tempat ini, sehingga dapat membeli beraneka ragam produk-produk seni Bali. Orang Bali memiliki kepercayaan jika pada saat dagangan baru buka dan langsung laku, maka untuk selanjutnya dagangan mereka akan semakin laris. Oleh karena itu, untuk mendapatkan harga yang lebih miring, sebaiknya berkunjung ke Pasar Sukawati pada pagi hari, sebelum jam 10.00 waktu setempat. Pada jam-jam tersebut, para pedagang baru saja membuka dagangannya, sehingga mereka berkepentingan untuk menjual dagangan secepat-cepatnya. Jadi harga yang ditawarkan juga relatif murah.

Bedugul Bali

Bedugul merupakan kebun raya yang berfungsi sebagai paru-paru pulau Bali. Kebun Raya ini berada di ketinggian kurang lebih 1240 meter di atas permukaan laut, sehingga sudah masuk dalam kategori dataran tinggi. Oleh karena letaknya yang berada di dataran tinggi, udara di kawasan Kebun Raya Bedugul terasa dingin. Angin sepoi-sepoi yang bertiup di sela-sela pepohonan dengan lembut akan membelai dan menyelimuti tubuh, sehingga memberikan suasana yang cukup segar. Suhu di kawasan Bedugul berkisar antara 18 derajat Celcius pada malam hari dan 24 derajat Celcius pada siang hari. Di tempat wisata ini, terdapat beberapa spot menarik untuk dikunjungi, seperti Candi Bentar, Ramayana Boulevard, Kumbakarna Laga Statue, Roses Garden, Lake Beratan View, Usada Cafe, dan Traditional Balinese house.

Ubud Bali

Ubud adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Gianyar, Bali. Tempat ini memiliki potensi wisata yang sangat beragam, mulai dari wisata alam hinga wisata seni. Memang, panorama alam di tempat ini cukup memukau. Diapit oleh jurang-jurang dan dikelilingi hutan dan persawahan, menyajikan sebuah pemandangan nan eksotis. Selain potensi wisata alam, Ubud juga dikenal sebagai pusat seni dan budaya Bali. Kebanyakan warga masyarakat Ubud berprofesi di bidang seni, baik seni lukis, seni patung, seni ukir, seni tari, hingga seni musik tradisional. Wisatawan juga dapat mengunjungi Pasar Seni Ubud, oleh wisatawan asing dikenal dengan nama Ubud Art Market.

Kintamani Bali

Kintamani merupakan salah satu objek wisata di Bali yang memiliki keunikan dan keindahan alam sangat mempesona. Berada di wilayah Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, dan dapat ditempuh dari Ibukota Provinsi Bali, Denpasar, dalam waktu kurang lebih dua jam menggunakan kendaraan bermotor. Di tempat rekreasi ini, wisatawan dapat melihat keindahan panorama Gunung dan Danau Batur, dengan kaldera menakjubkan mengelilingi danau, yang konon merupakan kaldera terindah di dunia. Selain menikmati pesona panorama alam, wisatawan juga dapat mengunjungi tempat wisata lain, yaitu Pura Batur, sebagai salah satu Pura Kahyangan Jagat, dan desa Terunyan, sebuah desa yang terletak di seberang danau dan masih kuat dengan tradisi dan adat istiadat kuno Bali.

Bali Safari And Marine Park

Bali Safari And Marine Park adalah salah satu tempat wisata di pulau Bali dengan konsep kebun binatang terbuka. Bali Safari And Marine Park merupakan pengembangan konsep Taman Safari Indonesia, di Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Objek wisata yang juga dikenal sebagai Taman Safari Indonesi 3 ini berada di kabupaten Gianyar Provinsi Bali. Hingga saat ini, kebun binatang tersebut telah memiliki koleksi sebanyak 80 spesies satwa langkan, yang didatangkan dari Indonesia, India, dan Afrika. Menawarkan sebuah konsep wisata dengan pertunjukan satwa liar yang berada di habitat aslinya. Sehingga menjadi sesuatu yang unik, ketika harus menciptakan habitat asli satwa liar tersebut, dengan menjaga ekosismnya, yang dipadukan dengan budaya masyarakat luas. Selain menyuguhkan beraneka ragam satwa langka, Bali Safari And Marine Park juga menawarkan sejumlah wahana menarik, sehingga kunjungan wisatawan ke tempat berlibur ini lebih berkesan. Sejumlah wahana di Bali Safari And Marine Park antara lain Elephant Conservation & Education Show, Elephant Bathing, Animal Education show, Balinese Holy Water Procession, dan Tigers of Ranthambore.

Bali Bird Park

Bali Bird Park, adalah tempat rekreasi di Bali yang mempertunjukkan berbagai koleksi burung dari seluruh Indonesia dan sejumlah negara di dunia. Bali Bird Park merupakan taman burung terbesar di Indonesia dan dibangun pada tahun 1995 di atas area seluas kurang lebih dua hektar. Taman burung ini bisa menjadi salah satu alternatif sebagai tempat rekreasi bersama keluarga dan anak-anak. Berada di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir Singapadu, Batubulan, Kabupaten Gianyar Bali. Hingga saat ini, Tempat wisata Bali Bird Park telah memiliki kurang lebih dari 250 spesies burung langka dari berbagai wilayah. Selain mendapatkan kepuasan melihat berbagai jenis burung, wisatawan juga dapat melihat koleksi reptil, di Bali Reptilia Park, yang berada tidak jauh dari objek wisata ini. Wisatawan cukup membeli satu tiket masuk untuk dua tempat wisata tersebut.

Jika Anda memiliki masukan atau informasi tambahan tentang tempat wisata di Bali, bisa dituliskan dalam kolom komentar yang sudah kami sediakan di bawah.

2 komentar:

  1. jangan lupa kunjungi juga pantai padang padang yang exotis , pantai suluban dengan lorong gua nya yang menakjubkan. memang mengunjungi bali tidak akan membuat kita ketagihan karena panorama alam, budaya dan seni nya tiada dua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantai Padang-padang memang sangat indah, meskipun namanya tidak sepupuler Pantai Kuta, namun tempat wisata ini layak untuk dikunjungi.

      Hapus

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.