Rabu, Mei 07, 2014

Jelajah Tempat Wisata Di Bandung

Bandung merupakan salah satu kota wisata di Indonesia, sehingga sangat sering menjadi destinasi wisata dari berbagai daerah. Hal ini tentunya tidak lepas dari pembangunan sarana dan prasarana yang memadai oleh pemerintah setempat. Bandung memang memiliki potensi wisata cukup lengkap, baik wisata alam maupun wisata buatan. Berada di lereng Gunung Tangkuban Perahu, wilayah Bandung memiliki beragan potensi alam yang menakjubkan, yang popularitasnya sudah menyebar ke berbagai daerah. Di kota Bandung ini, juga telah dibangun sejumlah tempat wisata buatan yang tak kalah menarik dengan potensi wisata alamnya, sehingga menjadikan objek wisata di Bandung semakin lengkap. Berikut ini kami uraikan sejara singkat sejumlah Tempat Wisata di Bandung yang paling populer dan sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.






Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Nama Gunung Tangkuban Perahu mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Cerita legenda masyarakat Jawa Barat, Sangkuriang, yang menceritakan asal usul Gunung Tangkuban Perahu mungkin sudah kita dengar sejak kanak-kanak. Konon, Sangkuriang yang bermaksud menikahi ibunya sendiri, Dayang Sumbi, meluapkan kemarahannya saat perahu yang dibikinnya atas permintaan Dayang Sumbi sudah hampir selesai. Ditendangnya perahu tersebut hingga terpental jauh dan jatuh dalam posisi telungkup. Perahu tesebut berubah menjadi sebuah gunung berbentuk perahu terbalik, sehingga dinamakan Gunung Tangkuban Perahu. Terlepas dari cerita legenda tersebut, Gunung Tangkuban Perahu yang statusnya sebagai gunung aktif dan berada dalam pengawasan Direktorat Badan Vulkanologi Indonesia, menyimpat potensi wisata yang menyuguhkan pemandangan alam luar biasa. Banyak wisatawan berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu untuk menikmati sejuknya suasana pegunungan dan keindahan alam di tempat ini.






Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah Putih Ciwidey Bandung merupakan salah satu tempat wisata alam di Bandung. Tempat ini memiliki popularitas cukup tinggi, terutama di kalangan wisatawan domestik. Berlokasi di di Jl. Raya Soreang Ciwidey 25 km dari Kabupaten Bandung, Jawa Barat, termasuk dalam area Gunung Patuha. Kawah Putih Ciwidey Bandung menyajikan panorama alam sangat eksotik, dengan medan berpasir putih yang mengelilingi telaga berwarna hijau muda. Sungguh merupakan pemandangan alam sangat istimewa dan menakjubkan, sayang untuk dilewatkan dalam agenda perjalanan.
Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah Putih Ciwidey, salah satu tempat wisata alam di Bandung


Taman Hutan Raya Djuanda Bandung

Kawasan Taman Hutan Raya Djuanda merupakan zona konservasi yang terletak di Sub-DAS Cikapundung. Hutan tanaman ini memiliki latar belakang sejarah purba, hingga sekarang. Keindahan tanaman hutannya menjadikan Taman Hutan Raya Djuanda sebagai tempat tujuan wisata, baik wisatawan domestik maupun mancanegera.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung awalnya berstatus sebagai hutan lindung (Komplek Hutan Gunung Pulosari). Sejak kemerdekaan Republik Indonesia, kawasan hutan ini dikelola oleh pemerintah Republik Indonesia.






Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung merupakan tempat wisata yang popularitasnya sangat tinggi, dibangun dan dikembangkan oleh Trans Corp menyusul suksesnya Trans Studio Makasar. Kawasan Trans Studio Bandung terletak di Jl. Gatot Subroto 289. Tempat ini menawarkan 20 wahana permainan dan 5 pertunjukan utama, siap menghibur pengunjuk setiap hari.

Trans Studio Bandung sangat ideal untuk bermain dan rekreasi keluarga. Dibangun di dalam ruangan dan menjadi tempat bermain indoor terbesar di dunia. Tempat ini dirancang dengan tiga kawasan besar, masing-masing memiliki tema unik dan menarik. Penasaran dengan Trans Studio Bandung? Hubungi Calya Wisata, kami akan menemani liburan Anda.

Landmark Braga Bandung

Landmark Braga merupakan tempat wisata sejarah, sebuah gedung tua jaman kolonial Belanda dengan arsitektur arcade, juga populer disebut Bandoeng Tempoe Doeloe. Bagi Anda yang gemar mengunjungi tempat - tempat wisata sejarah, Landmark Braga Bandung merupakan tempat ideal, sangat cocok untuk menerawang jauh ke masa lalu. Wisatawan bisa melihat bagaimana keadaan kota Bandung jaman dahulu. Tempat ini terletak di Jl. Braga No. 129 Bandung.

Landmark Braga, sebagai salah satu Tempat Wisata di Bandung, juga berperan sebagai simbol seni dan sejarah kota. Tak mengherankan, gedung tua peninggalan Belanda ini kerap dijadikan sebagai tempat untuk menggelar even kontemporer.

Kampung Gajah Wonderland Bandung

Kampung Gajah Wonderland adalah salah satu destinasi wisata di Bandung yang harus Anda kunjungi. Tempat ini terletak di bagian utara kota Bandung, tepatnya di Jalan Sersan Bajuri. Sebuah tempat rekreasi yang cukup unik, yaitu dengan konsep one stop recreation, Kampung Gajah Wonderland menawarkan beberapa jenis wisata atau rekreasi dalam satu tempat, seperti Park & Attractions, Food Stands, Resto & Cafe, Japanese Restaurant, Sundanese Restaurant, dan Kampung Gajah Noodles District.

De'Ranch Lembang

De'Ranch merupakan sebuah objek wisata alam, teletak di Lembang Bandung, yang mengadopsi kehidupan cowboy. De'Ranch menyuguhkan suasana jaman cowboy. Wisatawan akan melihat areal peternakan, sambil menunggang kuda lengkap dengan pakaian cowboy. Sebuah konsep wisata sangat menarik, dan sayang untuk dilewatkan.

De'Ranch menawarkan wisata alam Gunung Tangkuban Perahu, mengingatkan kita pada cerita legenda Sangkuriang, dan Taman Wisata Alam Maribaya, sebuah lembah yang memiliki sumber air panas dan masih memiliki keterkaitan dengan aktivitas Gunung Tangkuban Perahu.

Cihampelas Walk (Ciwalk) Bandung

Cihampelas Walk (Ciwalk) merupakan tempat perbelanjaan unik dan sangat mewah. Tempat perbelanjaan ini dikonsep dengan memadukan aktivitas belanja dan kegiatan wisata. Memang, tempat berlibur yang satu ini merupakan sebuah konsep sangat brilian untuk meningkatkan aktivitas di bidang pariwisata. Seperti halnya Trans Studio Bandung, Cihampelas Walk juga menjadi destinasi populer wisatawan. Bahkan tempat ini menjadi agenda pada hampir setiap perjalananan wisata di kota Bandung.

Tempat belanja yang berlokasi di Jl. Cihampelas 160 Bandung 40131 Jawa Barat ini menawarkan nuansa berbeda saat Anda berkunjung pada siang, sore, maupun malam hari.

Penasaran dengan Cihampelas Walk? Atau ingin mengetahui lebih banyak tentang Tempat Wisata di Bandung? Hubungi Kami, untuk menemani perjalanan Anda.

Pemandian Air Panas Ciater

Ciater merupakan tempat wisata air panas di Bandung yang sudah sangat populer. Suhu airnya mencapai 46 derajat celcius, sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menyegarkan pikiran sembari berendap air panas. Tempat ini berlokasi di di Desa Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat, di lembah Ciater, kaki Gunung Tangkuban Perahu. Selain sangat bagus untuk menghangatkan tubuh, konon air panas di tempat ini juga berkhasiat luar biasa untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Wisata Alam Tebing Keraton Bandung

Lokasi objek wisata alam ini berada di sekitar Taman Hutan Raya Juanda. Berada di atas area Taman Hutan tersebut. Pemandangan spektakuler berlatar belakang hutan pinus Taman Juanda dan Gunung Tangkuban Perahu ini membuat daya tarik yang sangat fenomenal bagi wisatawan. Tak heran jika belakangan ini Tebing Keraton Bandung mulai populer di kalangan wisatawan, baik lokal maupun dari luar kota. Untuk mencapai tempat ini juga tidak terlalu sulit. Dari kota Bandng, melalui jalan Dago menuju ke arah Taman Hutan Raya Juanda. Begitu memasuki pintu gerbang taman ini, belok kanan dan menyusuri jalan tersebut. Namun sayang, jalur menuju ke puncak tebing agak memacu adrenalin. Tapi, bagi wisatawan yang menyukai petualangan, tempat wisata Tebing Keraton Bandung dapat menjadi tujuan wisata yang menyenangkan.

Danu Situ Petenggang Bandung

Danau Situ Patenggang adalah danau seluas 45.000 hektar yang berada di daerah Ciwidey, Bandung Selatan. Hanya berjarak kurang lebih 7 kilometer dari Kawah Putih Ciwides. Tempat rekreasi ini memiliki pemandangan alam yang eksotis, berada di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, dengan luas cagar alamnya mencapai 123.077,15 hektar. Fasilitas umum yang tersedia antara lain tempat parkir, toliet, mushola, serta banyak gazebo yang bisa dipergunakan sebagai tempat beristirahat para wisatawan. Selain itu, di area tempat wisata Danau Situ Patenggang Bandung juga tersedia penginapan yang berada di bawah pengelolaan PT. Perhutani.

Saung Angklung Udjo Bandung

Saung Angklung Udjo Bandung berlokasi di Jalan Padasuka 118, Bandung Timur, Jawa Barat. Tempat ini didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena dan istrinya Uum Sumiati. Tujuan didirikannya Saung Angklung Udjo Bandung adalah untuk memelihara dan melestarikan kesenian tradisional Sunda. Saat ini, Saung Angklung Udjo menjadi tempat pertunjukan kesenian-kesenian tradisional Sunda sekaligus sebagai tempat wisata yang cukup populer di Bandung. Pengunjung tidak hanya menikmati pertunjukan seni tradisional yang biasanya diperagakan pada sore hari, tetapi juga dapat membeli berbagai peralatan musik tradisional yang dijual di tempat ini.

Gedung Sate Bandung

Gedung Sate Bandung berdiri pada tahun 1920, beralamat di Jalan Diponegoro, Bandung, Jawa Barat. Tempat ini pada masa Hindia Belanda disebut dengan Gouvernements Bedrijven. Sejak tahun 1980, tempat ini juga dikenal sebagai Kantor Gubernur karena berfungsi sebagai pusat kegiatan pemerintahan provinsi Jawa Barat. Gedung Sate Bandung juga merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang tidak boleh Anda lewatkan. Dirancang oleh sejumlah arsitek ternama dari Belanda, yaitu merupakan hasil perencanaan sebuah tim yang terdiri dari Ir.J.Gerber, Ir. Eh. De Roo dan Ir. G. Hendriks serta pihak Gemeente van Bandoeng. Gedung sate Bandung dibangung dengan melibatkan setidaknya 2000 tenaga kerja, baik pribumi maupun Cina. Menurut salah seorang arsitek Belanda. Dr. Hendrik Petrus Berlage, menyebutkan bahwa tempat bersejarah ini merupakan suatu maha karya dalam sejarah. Pendapat lain yang juga datang dari arsitek Belanda, yaitu Coor Passchier dan Jan Wittenberg, menyebutkan bahwa Gedung Sate Bandung merupakan karya eksperimental dengan gaya arsitektur indo-eropa.

Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung merupakan salah satu tempat rekreasi yang terletak di dalam kota, di atas area seluas 13,5 hektare. Beralamat di Jl. Kebun Binatang No. 6 (Tamansari), Bandung, Jawa Barat 40132, Indonesia. Didirikan pada tahun 1930 oleh Bandung Zoological Park. Pengesahan kebun binatang tersebut dilakukan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, dituangkan dalam Surat Keputusan 12 April 1933 No.32. Pada tahun 1957, Bandung Zoological Park dibubarkan dan diganti dengan Yayasan Marga Satwa Tamansari. Kebun Binatang Bandung berfungsi sebagai wahana pagelaran budaya, wahana pendidikan, wahana perlindungan dan pelestarian kekayaan alam, serta wahana rekreasi.

Beberapa Tempat Wisata Alternatif Di Bandung


Baca ulasan lain pada artikel Daftar Tempat Wisata Di Bandung Untuk Liburan.

23 komentar:

  1. Bandung emang oke dech. Banyak tempat wisata yang menarik. Saya sarankan untuk mengunjungi lokasi Tebing Keraton. Terutama bagi wisatawan dari luar daerah, jangan sungkan-sungkan untuk memasukkan objek wisata yang satu ini sebagai destinasi liburan ya.

    BalasHapus
  2. Thanks ya masukannya, semoga bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai referensi bagi pembaca artikel ini. Terutama bagi mereka yang sengaja mencari tempat wisata di Bandung.

    BalasHapus
  3. Bandung emang hebat. Banyak tempat-tempat wisata yang menarik. Apalagi setelah dibangunnya Trans Studio, popularitas kota ini sebagai kota wisata jadi meningkat. Ada lagi ciwalk, ciater, deranch, kawah ciwidew. Pokoknya seru! menghabiskan waktu liburan dengan berwisata bersama istri dan anak-anak di Bandung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rupanya Anda ini paham betul tentang objek wisata di Bandung. Mohon kesediaannya memberikan tambahan informasi tentang tempat wisata di Bandung untuk melengkapi artikel ini, sehingga lebih bermanfaat bagi pembaca.

      Hapus
  4. Saya usul nih admin, coba masukkan curug dago dalam daftar tempat wisata di bandung pada artikel ini. Memang curug tersebut tidak begitu tinggi dan kurang populer, tetapi saya yakin setiap orang yang datang ke tempat tersebut akan berdecak kagum dengan keindahan panorama alamnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak atas masukannya. Coba nanti saya cari referensi tentang objek wisata tersebut. Mudah-mudahan bisa memberi tambahan informasi bermanfaat bagi pembaca.

      Hapus
  5. Tambahan :
    Gunung Tangkuban Perahu terletak kurang lebih 20 KM di sebelah utara kota Bandung, Bentuk gunung ini menyerupai perahu terbalik. Menurut cerita legenda yang berkembang, konon gunung tangkuban perahu terbentuk dari perahu terbalik yang ditendang oleh seorang bernama Sangkurian. Berbagai objek wisata alam terdapat di Gunung Tangkuban Perahu, sayang kalau tidak dikunjungi jika Anda sudah ke Bandung. Panorama alam begitu indah ... amazing! Makanya, daerah ini menjadi salah satu objek wisata yang sangat terkenal. Bukan hanya dikalangan turis lokal (Jawa Barat) tetapi juga turis dari kota-kota lain. Bahkan nama Gungung Tangkuban Perahu juga sangat terkenal di kalangan turis mancanegara.

    BalasHapus
  6. Ada lagi nih tempat wisata menarik lainnya di kota Bandung. Selain untuk refreshing, tempat wisata yang satu ini juga memberikan pengetahuan dan pengalaman baru. Yah, boleh dibilang wisata pendidikan. Apa itu tempat wisata tersebut?

    Museum Geologi Bandung
    Dari namanya saja kita sudah bisa menyimpulkan bahwa Museum Geologi Bandung merupakan tempat wisata yang syarat akan ilmu pengetahuan. Objek wisata ini berada tidak jauh dari Gedung Sate, yaitu di Jl. Diponegoro, Bandung. Wisatawan akan mendapatkan pengalaman baru, dengan melihat fosil-fosil dinosaurus yang tampak asing bagi kita. Selain syarat akan ilmu pengetahuan, Museum Geologi Bandung juga bertarif murah, sehingga terjangkau untuk kantong kita.

    Semoga informasi pendek ini bisa menambah informasi dan wawasan kita semua tentang tempat wisata di Bandung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah benar sekali, saya tidak mencantumkan Museum Geologi dalam daftar tempat wisata di atas. Tapi saya sangat senang Anda bersedia memberikan tambahan informasi di sini. Tentu saja informasi yang Anda berikan sangat bermanfaat, dan mudah-mudahan bisa merangsang pembaca lain untuk memberikan komentar-komentar edukatif semacam ini. Terima kasih atas informasinya.

      Hapus
  7. Sekali waktu emang harus ke bandung nih, biar paham tempat-tempat wisata yang menarik. saya nyimak aja deh, gak ngerti tentang bandung, apa lagi tempat wisatanya .... belum sekalipun ... hehehehe

    BalasHapus
  8. Mohon ijin ya admin, tambahan informasi untuk objek wisata Curug Dago.

    Curug Dago adalah tempat wisata alam berupa air terjun yang belum begitu banyak diketahui orang. Boleh dikatakan, bahwa Curug Dago adalah potensi wisata tersembunyi di Bandung. Curug ini terletak di bukit Dago, termasuk dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda, yang berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Secara administratif, objek wisata Curug Dago masuk dalan Desa Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung. Air terjun Curug Dago memang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 10-12 meter. Namun, daya tarik panorama alamnya yang luar biasa. Selain menawarkan keindahan alam dan kesejukan udara, di sekitar objek wisata ini juga terdapat peninggalan sejarah berupa prasasti batu tulis tahun 1818. Dua buah prasasti batu tulis ini oleh para ahli diperkirakan merupakan peninggalan Raja Chulalonkorn dan Raja Pradjathipok Pharaminthara. Kedua raja tersebut berasal dari dinasti Chakri dan pernah berkunjung ke Curug Dago. Kurangnya promosi dari pemerintah setempat maupun masyarakat, membuat objek wisata ini tidak begitu dikenal oleh para wisatawan. Kurangnya promosi tersebut membuat lokasi air terjun Curug Dago kurang terawat, dan tentu saja mengakibatkan pengunjung dari waktu ke waktu semakin menurun. Namun, nuansa keindahan dan kesegarannya masih tampak begitu alami, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah lengkap sekali sis informasinya. Saya memang berniat menambahkan objek wisata ini dalam daftar di atas. Tapi belum sempat saya kerjakan. Tambahan informasi dari Anda sangat membantu, sehingga saya tidak perlu menambahkan lagi dalam artikel ini. Terima kasih banyak. Semoga informasinya bermanfaat bagi pembaca. Salam.

      Hapus
  9. Diantara tempat wisata tersebut di atas, saya paling berkesan dengan Cihampelas Walk (Ciwalk). Disamping tempatnya yang sejuk, bersih, dan alami, saya sangat menikmati wisata belanja semacam ini.

    BalasHapus
  10. Kalau menurut saya pribadi, lebih senang dengan Landmark Braga. Di gedung bersejarah ini, kita tidak sekedar berwisata untuk mengusir stress pikiran, tetapi juga bisa berfantasi jauh ke masa lalu. Bagaimana kita membayangkan situasi kota Bandung pada jamana kolonial. Di tempat ini juga bisa ditemukan berbagai peninggalan sejarah, sehingga bisa memberikan tambahan wawasan bagi para wisatawan. Saya lebih cenderung menyebut tempat ini sebagai objek wisata edukasi. Pokoknya asyik!

    BalasHapus
  11. Bagi wisatawan yang belum pernah berkunjung ke Bandung, saya sarankan untuk memasukkan Gedung Sate Bandung dalam paket wisata ke Bandung. Saya yakin pengunjung akan terpesona dengan kemegahan dan gaya arsitektur gedung peninggalan jaman kolonial tersebut. Wisatawan akan melihat bagaimana perpaduan gaya arsitektur Belanda dan Nusantara. Selamat datang ke kota Bandung.

    BalasHapus
  12. Lengkap juga informasi tempat wisata di bandung pada artikel ini. Saya salut, komen-komennya juga benar-benar berkualitas, dan sangat mengarah pada materi artikel. Penyaringan komen juga cukup tertata. Bagus sekali, hampir tidak ada komen spam di sini. Saya hanya memberikan saran saja, sebaiknya di artikel ini juga ditambahkan biro-biro wisata yang menyediakan paket wisata ke Bandung. Informasi tersebut akan memberikan tambahan pengalaman bagi pembaca, disamping juga memberikan kemudahan bagi pembaca yang sedang mengumpulkan informasi tentang paket wisata. Salam kenal.

    BalasHapus
  13. Ada lagi yang belum dimasukkan dalam daftar di atas. Taman Ganesha Bandung. Sebuah taman yang dibangun pada tahun 1919, terletak di depan kampus ITB Bandung, atau sejajar dengan Mesjid Salman ITB. Beralamat di Jalan Ganesha, menjadi salah satu tempat wisata menarik. Sebagai taman konservasi untuk melindungi sejumlah spesies burung yang hampir punah, Taman Ganesha sangat cocok dijadikan sebagai tepat rekreasi di dalam kota. Selain menikmati aneka burung langka, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan sekitar taman yang sangat indah dan sejuk, seolah Anda berada jauh dari keramaian kota. Karena tempatnya yang tidak jauh dari kampus ITB, taman ini sering digunakan sebagai tempat membaca sambil bersantai atau sekedar mengobrol dengan teman.

    BalasHapus
  14. Belum masuk dalam daftar tempat wisata di atas, Observatorium Bosscha. Sebuah laboratorium penelitian milik fakultas MIPA ITB Bandung. Selain sebagai sarana penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan di bidang astronomi, tempat ini juga kerap dijadikan sebagai tujuan wisata pendidikan. Di laboratorium tersebut, menerima kunjungan wisatawan yang sudah dijadwalkan dalam program kunjungan. Observatorium Bosscha membuka program kunjungan siang dan program kunjungan malam. Wisatawan yang berkunjung ke laboratorium penelitian ini harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Silahkan masukkan Observatorium Bosscha dalam daftar tempat wisata yang akan dikunjungi, disamping rekreasi, pengunjung juga mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan, sehingga program liburan lebih bermakna.

    BalasHapus
  15. Pernah suatu ketika saya bersama rombongan dari Jawa Tengah mengadakan wisata ke Bandung. Perjalanan yang sangat mengesankan, boleh dibilang kami satu rombongan merasa puas dengan perjalanan wisata tersebut. Banyak tempat wisata di Bandung yang membuat kami terpesona, seperti wisata alam ke Gungung Tangkuban Perahu, Kawah Putih Ciwidey, dan Danau Situ Patenggang. Tiga tempat wisata lain yang kami kunjungi adalah De' Ranch, Cihampelas Walk, dan tentu saja Trans Sudio Bandung yang saat ini popularitasnya sangat menanjak.

    De Ranch, adalah tempat wisata yang sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga. Kami bisa berlibur dalam konsep suasana Cowboy. Tentu saja bagi kami, aktivitas wisata di De Ranch merupakan sesuatu yang baru.

    Tak kalah serunya ketika kami mengunjungi Trans Studio Bandung. Banyak wahana menarik, tentu saja dengan polesan teknologi yang cukup modern. Dan menurut saya, konsep wisata di Tans Studio Bandung tidak akan pernah ditemukan di daerah lain.Terlebih lagi ketika kami mengunjungi wahana The Lost City, sebuah petualangan yang menciptakan suasana sangat seru.

    Di hari terakhir perjalanan liburan ke Bandung, kami menghabiskan waktu di Cihampelas Walk. Sebuah konsep wisata belanja yang sangat unik. Memadukan pasar modern dengan konsep natural. Hampir enam jam kami berada di tempat wisata ini. Ada yang memang sengaja berbelanja membeli aneka barang dan souvenir, ada juga diantara kami yang sekedar jalan-jalan dan duduk bersantai sambil menikmati sejuknya udara di sekitar Cihampelas Walk.

    BalasHapus
  16. Mencari tempat wisata di Bandung memang tidak sulit. Kota ini memiliki banyak lokasi yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata bersama keluarga, rombongan kantor, atau bahkan rombongan sekolah. Jika kesulitan mencari pemandu wisata, Anda tidak perlu bingung, karena akhir-akhir ini banyak bermunculan biro-biro perjalanan yang menawarkan paket wisata ke Bandung dengan harga yang bervariasi. Selain memiliki potensi wisata alam, dengan Gunung Tangkuban Perahu sebagai iconnya, kota Bandung juga memiliki beberapa potensi wisata buatan yang tak kalah menariknya, seperti Trans Studio Bandung dan Cihampelas Walk (Ciwalk). Tempat wisata buatan tersebut justru menjadi daya tarik yang sangat potensial, sehingga banyak pula wisatawan yang mengagendakan Trans Studio Bandung dan Cihampelas Walk sebagai tujuan utama liburan mereka. Menurut saya, Bandung layak dijadikan sebagai kota wisata yang sejajar dengan daerah-daerah wisata lain, seperti Bali, Lombok, dan Yogyakarta.

    Salam - Sekedar Berbagi Pendapat

    BalasHapus
  17. Saya akan menambahkan Cibaduyut, yaitu salah satu tempat wisata belanja di Bandung. Cibaduyut adalah kawasan industri sepatu yang terletak di Jalan Cibaduyut Raya, Bandung. Pusat produksi kebanyakan berada di belakang Jl. Cibaduyut, sedangkan pemasaran dilakukan melalui toko-toko sepatu di sepanjang Jl. Cibaduyut. Begitu populernya Cibaduyut sebagai pusat sepatu, sehingga tempat ini layak dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata di Bandung. Kualitas sepatu yang di jual di Cibaduyut sangat bervariasi dengan harga tawar-menawar. Oleh karena itu, pengunjung harus benar-benar pandai menawar untuk mendapatkan harga yang murah. Produk sepatu yang di jual di kawasan ini terkadang juga berasal dari luar Cibaduyut, seperti dari Tasikmalaya maupun Ciomas, Bogor. Untuk mencapai pusat sepatu Cibaduyut tidaklah sulit, karena kawasan ini dilalui oleh angkutan kota. Selain itu, tempat wisata Cibaduyut juga berada tidak jauh dari terminal Leuwi Panjang, dengan jarak sekitar 300 meter, sehingga dapat ditempuh dengan berjalan kaki ketika Anda sampai di terminal Leuwi Panjang. Pada hari Sabtu-Minggu, atau pada saat liburan sekolah, biasanya tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

    BalasHapus
  18. Saya tambahkan Taman Ade Irma Suryani pada daftar tempat wisata di Bandung ini. Taman Ade Irma Suryani juga dikenal sebagai Taman Lalulintas, merupakan tempat wisata yang terletak di jantung kota Bandung. Taman Ade Irma Suryani selain berfungsi sebagai tempat rekreasi, juga bisa dijadikan sebagai wahana pengenalan lalulintas, terutama untuk anak-anak. Oleh karena itu, taman ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata edukasi. Anak-anak dapat mempelajari berbagai hal tentang aturan-aturan dalam lalulintas. Tersedia berbagai wahana, seperti mobil bertenaga pedal, yang memungkinkan anak-anak untuk memperagakan saat berkendara di jalan. Tujuan pembangunan tempat wisata ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keselamatan di jalan raya. Pentingnya kesadaran tersebut sehingga harus ditanamkan sejak masih anak-anak. Dengan dibangunnya Taman Lalulintas Ade Irma Suryani, diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran dan etika di jalan raya melalui wahana bermain. Sangat menarik dan cocok untuk tempat rekreasi keluarga.

    BalasHapus
  19. Saran Tambahan Untuk Tempat Wisata Di BandungRabu, September 17, 2014


    Wisata Ke Museum Sri Baguda, Bandung

    Kalau membahan tentang tempat wisata di Bandung, hendaknya tidak melupakan salah satu museum yang didirikan untuk menjaga dan melestarikan budaya Sunda, Museum Sri Baguda, mengingat Bandung adalah Ibukota Provinsi Jawa Barat, wilayah dimana kebanyakan penduduknya adalah suku Sunda. Museum Sri Baguda layak dipromosikan sebagai tempat wisata unggulan di Bandung, karena museum ini memiliki komitmen yang cukup kuat untuk melestarikan budaya Sunda. Bagaimanapun, budaya Sunda merupakan salah satu aset dari budaya nasional yang sangat beragam. Kalau kita tidak berupaya melestarikan budaya nasional, ya tentu saja sangat merugikan bangsa kita sendiri. Museum Sri Baguda tentu berpotensi menjadi tempat wisata yang menyenangkan, terutama bagi masyarakat Sunda atau masyarakat yang memiliki ketertarikan terhadap khasanah budaya nasional. Berbagai koleksi benda-benda hasil peradaban masyarakat Sunda ada di museum ini. Mungkin lebih dari 6.000 jenis benda peninggalan sejarah ada di Museum Sri Baguda. Wisatawan yang mengunjungi museum ini tidak sekedar untuk melihat koleksi benda-benda kuno yang kini unik saja, tetapi lebih daripada itu, benda-benda kuno ini dapat membawa imajinasi kita jauh ke masa-masa ratusan tahun silam. Ya, boleh dikata museum ini menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Bandung. Jadi, saya sarankan, bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Bandung, jangan lupa untuk mengunjungi Museum Sri Baguda, saya yakin pasti perjalanan wisata Anda akan lebih bermakna.

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.