Sabtu, Mei 10, 2014

Jelajah Tempat Wisata Di Malang

Malang merupakan salah satu pusat wisata di Jawa Timur. Salah satu kawasan di sekitar Kota Malang dan cukup populer sebagai daerah wisata adalah Kota Batu. Beragam jenis tempat wisata di Malang memiliki daya tarik tinggi dan sayang untuk dilewatkan. Pada awalnya, Malang hanya mengandalkan beberapa obyek wisata saja untuk menarik wisatawan, seperti Taman Wisata Selecta dan Air Terjun Coban Rondo. Kkedua objek wisata tersebut terletak di Kota Batu Malang, beberapa candi-candi tua di Kota Malang, serta Sengkaling di Kabupaten Malang. Seiring berjalannya waktu, objek wisata Malang mengalami perkembangan sangat signifikan. Dan saat ini objek wisata Malang sudah sangat bervariasi, mulai dari wisata alam, sejarah dan budaya, petualangan, hingga wisata agro.






Menelusuri Tempat Wisata di Malang

Banyaknya tempat-tempat wisata di Malang, tentu saja akan membutuhkan waktu panjang untuk mengulas satu per satu objek wisata dimaksud. Oleh karena itu, pada artikel ini kami hanya akan membahas beberapa tempat wisata Malang yang dianggap paling populer dan memiliki jumlah wisatawan sangat tinggi.

Wisata Jawa Timur Park Malang

Jawa Timur Park atau lebih dikenal dengan istilah Jatim Park adalah tempat wisata buatan, mengusung konsep terpadu dan terintegrasi, dengan popularitas sangat tinggi dikalangan wisatawan. Salah satu tempat wisata Malang ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama pada hari libur. Jatim Park terletak di Kota Batu, Malang.

Jatim Park 1

Tempat wisata Malang yang satu ini pernah mendapat anugerah juari 1 tempat wisata buatan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu. Jatim Park 1 memiliki 56 wahana, diantaranya adalah Chemical and Biology Science Center, Papua and East Java Ethnic Gallery, Outdoor Science Center, Learning Gallery and Science Stadium, Agro Park, dll.

Jelajah Tempat Wisata Di Malang

Jatim Park 2 Malang

Konsep pengembangan Jatim Park 2 agak berbeda dengan Jatim Park 1, dimana pada tempat wisata ini lebih ditekankan pada konsep wisata pendidikan. Jatim Park 2 terdiri dari tiga obyek wisata utama, yaitu Museum Satwa, Batu Secret Zoo dan Pohon Inn Hotel Malang. Di musium satwa pengunjung bisa belajar banyak mengenai satwa-satwa awetan dan fosil-fosil purba dari berbagai negara. Pohon Inn Hotel terletak di antara Museum Satwa dan Batu Secret Zoo, dekat dengan tempat wisata Batu Night Spectacular (BNS) Malang.






Eco Green Park

Eco Green Park berlokasi di kawasan Jawa Timur Park, merupakan tempat wisata Malang dengan konsep wisata alam, memadukan tatanan lingkungan, dan inspirasi budaya, dengan tata letak dan gaya sangat artistik sekaligus mengandung konsep pendidikan. Tempat wisata Malang ini menyediakan sekitar 35 wahana, seperti Flaminggo, Insectarium, Walking Birds, Music Plaza, Jungle Adventure, Silase, Dunia Ayam, Pengolahan Sampah, Rumah Jamur, Rumah Terbalik, dll.

Batu Night Spectaculler

Batu Night Spectaculler (BNS) Malang adalah tempat wisata di Malang yang ditujukan untuk hiburan keluarga, mengusung konsep terintegrasi dari mall, market, permainan, sport dan hiburan dalam satu tempat. Tempat wisata malam ini sengaja di bangun untuk melengkapi fasilitas pariwisata di Kota Batu, karena kawasan ini memang sudah menyandang predikat sebagai kota wisata. Terdapat tiga wahana di Batu Night Spectaculler, yaitu Lampion Garden, Mini Marry GoRound, dan Fountain.

Wisata Pantai Di Malang

Malang memiliki pantai-pantai menarik untuk dikunjungi. Berada di wilayah selatan Pulau Jawa, Malang memiliki sejumlah pantai dengan ombak yang cukup besar, seperti halnya pantai-pantai lain di laut selatan. Selain menikmati pemandangan laut lepas Samudera Hindia, pengunjung juga dapat melakukan berbagai kegiatan di sekitar pantai. Tentu saja sejumlah pantai berikut merupakan destinasi wisata populer di Malang.






Pantai Balekambang

Pantai Balekambang masuk dalam wilayah Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Malang sejak tahun 1983. Selain keindahan alamnya, di Pantai Balekambang juga terdapat makam seorang tokoh agama Islam, bernama Syaikh Abdul Jalil, dan sebuah pura, yaitu Pura Amarta Jati yang sering dijadkan sebagai tempat peribadatan umat Hindu pada Hari Raya Nyepi. Setiap tanggal Sya’ban, banyak wisatawan yang berziarah ke makam Syaikh Abdul Jalil dan menghabiskan waktu tempat wisata ini. Selain itu, di Pantai Balekambang juga telah dikembangkan sejumlah fasilitas pendukung bagi kegiatan pariwisata, salah satunya adalah fasilitas bermain flying fox.

Tempat Wisata Agro Malang

  • Kusuma Agro Wisata Batu Malang (Tempat wisata Petik Buah Apel , Strawbery dan Buaj Jeruk)20 km dr Kota Malang. Objek wisata ini berlokasi di Jl. Abdul Gani Atas, Batu. Kusuma Agro Wisata merupakan salah satu pioner agro wisata di Indonesia yang didirikan pada tahun 1991. Selain menawarkan konsep agrowisata, Kusuma Agro juga menawarkan paket wisata outbond yang layak untuk dicoba. Bagi wisatawan yang ingin berbelanja produk-produk Kusuma Agro, dapat mengunjungi kedai apel, kedai strawbery, maupun kedai alamanda Malang.
  • Agrowisata Wonosari Malang (Tempat perkebunan teh)30 km dr Kota Malang. Objek wisata perkebunan ini dikelola oleh PTPN VII, memiliki panorama alam yang sangat indah, dengan semilir angin pegunungan yang menyapa ramah para wisatawan. Wisatawan dapat menikmati panorama alam nan eksotis dan aroma teh yang segar di lereng gunung Arjuna. Lokasi perkebunan ini terletak di ketinggian antara 950-1.250 meter di atas permukaan laut. Bagi Anda yang sudah mengagendakan kota Malang sebagai destinasi wisata, sangat disayangkan jika tidak mengunjungi objek wisata Malang yang satu ini.
  • Wisata Petik Bunga di Punten Batu. Tempat wisata ini menawarkan aktivitas menarik bagi wisatawan yang ingin memetik bunga mawar dari berbagai jenis. Namun sayang, desa wisata yang menonjolkan kegiatan petik bunga mawar ini mulai sepi pengunjung. Padahal, jika Anda berkunjung kesana, keindahan dan keasyikannya tidak kalah dengan tempat-tempat wisata lain di Kota Malang.
  • Wisata Petik Buah Jambu di Ngantang Malang. Tempat wisata Malang ini terletak di tengah waduk Selorejo kecamatan Ngantang. Keindahan panorama alamnya tidak diragukan lagi, dikelilingi tiga gunung, yakni Gunung Kelud, Gunung Anjasmoro dan Gunung Kawi. Sembari menikmati keindahan waduk Selorejo, wisatawan dapat menyeberang ke kebun jambu dengan menyewa perahu. Memetik buah jambu langsung di kebun merupakan kegiatan yang mengasyikkan sekaligus melepas kepenatan dan kelelahan pikiran.
  • Wisata Petik Sayur di Pujon. Berlokasi di desa Pujon Kidul kecamatan Pujon, kabupaten Malang. Wisatawan dapat memetik sayur sendiri di desa penghasil sayuran tersebut, sekaligus melihat proses produksi sayur-sayuran. Tidak sekedar berwisata untuk membuang kepenatan saja, di desa ini pengunjung juga aja mendapatkan edukasi seputar pertanian. Seru sekaligus menarik!
  • Wisata Petik Buah Apel di Madiredo Pujon Malang. Terletak di Desa Madirejo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Desa ini merupakan daerah penghasil apel. Sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai petani dan peternak. Salah satu potensi pertanian di desa Madirejo adalah apel. Sehingga daerah ini dipromosikan sebagai tempat agrowisata petik buah apel. Bagi Anda yang ingin menjajal buah apel segar, sekaligus ingin mengetahui sistem budidaya yang diterapkan, silahkan kunjungi desa Madirejo kecamatan Pujon Malang. Nikmati pengalaman agrowisata petik buah apel di desa ini.
  • Wisata Petik Buah Jeruk di Pandesari Pujon Malang
  • Wisata Petik Buah Durian Ngantang Malang
  • Wisata Petik Buah Apel di Gubuk Klakah Tumpang Malang
  • Wisata Petik Buah Apel Sumber Makmur Kota Batu Malang

Tempat Wisata Out Bond di Malang Batu

  • Out Bond di Tempat Wisata Air Coban Rondo, Pujon Malang
  • Batu Rafting Malang
  • Kasembon Rafting Malang

Selain tempat-tempat wisata tersebut, Anda juga bisa mengunjungi empat tempat wisata baru di kota Malang. Silahkan klik di sini untuk melihat deskripsi singkatnya. Anda juga bisa mengunjungi artikel lain, Daftar Tempat Wisata Di Malang dan Batu.
Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.