Jumat, Mei 23, 2014

Menyibak Potensi Wisata Jogja

Menyibak Potensi Wisata Jogja, itulah tema yang akan kami bahas untuk mengupas beberapa objek wisata Jogja. Selain Bali, Indonesia juga memiliki beberapa daerah andalan wisata, salah satunya adalah kota Jogja. Jogja merupakan Daerah Istimewa setingkat propinsi, secara resmi bernama Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota ini dikenal juga sebagai kota gudeg, yaitu salah satu kuliner khas Jogja yang banyak digemari oleh wisatawan. Sebagai daerah andalan pariwisata nasional, Jogja memiliki banyak potensi wisata, yang sudah cukup populer baik di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Berikut ini kami sajikan beberapa daftar tempat wisata Jogja yang dapat dijadikan sebagai destinasi dalam liburan Anda.

Potensi Wisata Jogja

Berbicara mengenai potensi wisata Jogja, barangkali tidak akan pernah selesai dibahas dalam waktu satu malam. Banyak sekali objek wisata di Jogja dan sekitarnya, yang banyak diminati oleh wisatawan dari berbagai daerah dan negara. Tingginya potensi wisata di Jogja dan sekitarnya, menjadikan daerah ini sebagai kota wisata andalan di Indonesia. Bukan hanya objek wisata saja yang banyak terdapat di Jogja, tetapi daya dukung sarana dan prasarana pariwisata pun sudah banyak tersedia dan berkualitas internasional, seperti hotel, restoran, transportasi, dan sarana telekomunikasi. Secara umum potensi wisata tersebut dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu wisata candi, wisata belanja, wisata goa, wisata pantai, wisata alam, dan tempat-tempat wisata lain.






Wisata Candi di Jogja

Jogja menyimpan mata rantai sejarah yang berperan sangat besar terhadap peradaban tanah air. Tak mengherankan, jika peninggalan sejarah banyak ditemukan di kota ini, yang saat ini telah dikembangkan sebagai tempat wisata sejarah dan budaya. Mengunjungi candi-candi di Jogja memang memiliki kesan tersediri dalam perjalanan wisata Anda di Jogja. Berikut ini beberapa candi yang biasa menjadi tujuan wisata di Jogja:

Potensi Wisata Jogja

Selain candi-candi tersebut, masih banyak lagi candi-candi lain yang tidak begitu populer, dan sejumlah situs arca.

Wisata Belanja di Jogja

Wisata belanja akhir-akhir ini banyak digemari oleh masyarakat, sehingga tak mengherankan jika salah satu sektor wisata ini terus berkembang di berbagai daerah. Selain mencari barang-barang kebutuhan atau oleh-oleh khas suatu daerah, wisata belanja juga tidak jarang menjadi pilihan masyarakat untuk sekedar jalan-jalan membuang kelelahan atau ketegangan pikiran. Beberapa tempat wisata belanja di Jogja yang cukup populer antara lain:







Wisata Goa di Jogja

Tak kalah menariknya dengan tempat wisata lain, wisata goa juga menjadi incara para turis, baik lokal maupun mancanegera. Salah satu goa yang saat ini sedang naik daun di kalangan wisatawan adalah Goa Pindul. Goa ini memiliki daya tarik luar biasa, terutama ornamen stalaktit yang berada di sepanjang langit-langit goa. Selain itu, Goa Pindul juga menawarkan kegiatan outbond yang menambak kunjungan Anda semakin spektakuler, yaitu cave tubing. Beberapa tempat wisata goa di Jogja antara lain:

  • Goa Selarong
  • Goa Rancang Koncono
  • Gua Cerme
  • Goa Pindul
  • Goa Sriti
  • Goa Langse
  • Goa Jepang
  • Goa Sunan Mas
  • Goa Kiskendo
  • Goa Maria Jatiningsih

Wisata Pantai di Jogja

Jogja memiliki seabrek potensi wisata pantai. Salah satu yang cukup populer di kalangan wisatawan adalah pantai Parangtritis. Pantai ini selain memiliki ombak sangat besar, juga terdapat gunung pasir di sekitar pantai, sehingga memiliki daya tarik tersendiri dibanding pantai-pantai lainnya. Tidak mengherankan, jika wisatawan lebih memilih wisata ke Parangtritis daripada pantai-pantai lain di sekitar Jogja. Objek wisata Parangtritis saat ini sudah dikelola cukup baik oleh Pemkab Bantul, mulai dari pegelolaan pasar untuk souvenir hingga fasilitas penginapan. Berikut ini beberapa potensi wisata pantai yang dimiliki kota wisata Jogja.


Wisata Alam di Jogja

Jogja juga memiliki potensi wisata alam yang sangat menakjubkan. Terlebih lagi setelah erupsi Gunung Merapi, yang menjadikan objek wisata Lereng Merapi semakin diburu wisatawan. Selain itu, juga ada Kaliurang, yang menawarkan pesonda keindahan alam nan eksotis. Berikut ini beberapa potensi wisata di Jogja yang banyak dikunjungi wisatawan:

  • Kaliurang
  • Lereng Merapi
  • Gunung Nglanggeran
  • Air Terjun Sri Gethuk
  • Puncak Suroloyo
  • Kaliadem
  • Wanagama






Tempat Wisata Lain di Jogja

Beberapa potensi wisata lain yang juga menjadi tujuan utama wisatawan berkunjung ke Jogja adalah:

7 komentar:

  1. Potensi wisata jogja memang sangat besar. Kota ini benar-benar menjadi tempat tujuan wisata, baik bagi wisatawan dalam negeri maupun mancanegera. Berbagai potensi wisata daerah ini begitu banyak dengan daya tarik yang tidak diragukan lagi. Lihat saja, di daerah Jogja dan sekitarnya terdapat tempat-tempat wisata menarik, seperti wisata sejarah sekaligus wisata budaya (kompleks candi dan keraton), wisata alam pegunungan (kaliurang), wisata pantai (parangtritis, glagah, baron, dll), wisata outbond (goa pindul), dan masih banyak lagi potensi wisata di daerah ini.

    BalasHapus
  2. Saya melihat jogja memiliki potensi wisata yang tidak kalah dengan kota-kota wisata lain di Indonesia. Menurut saya, Jogja sangat layak untuk dijadikan sebagai tujuan wisata andalan setelah Bali. Bukan hanya objek wisatanya saja yang menarik, tetapi kota ini juga menyimpan budaya yang masih kental dengan ritual-ritual tradisional. Saya kira hal ini menjadi nilai tambah tersendiri bagi perkembangan industri pariwisata Jogja. Semoga artikel ini bisa membantu mempromosikan Jogja sebagai daerah wisata.

    BalasHapus
  3. Membahas tentang potensi wisata Jogja menurut saya merupakan topik yang sangat menarik. Bagaimana tidak, Jogja memiliki segudang potensi wisata yang tidak kalah dengan daerah-daerah wisata lain di Indonesia. Mungkin kota ini merupakan tujuan wisata kedua setelah Bali. Perpaduan dari aneka ragam objek wisata merupakan sesuatu yang unik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Lihat saja, Jogja memiliki objek wisata sejarah sekaligus budaya, wisata alam pegunungan, wisata pantai, outbond, dan tradisi-tradisi lokal yang masih cukup kental menjadi magnet bagi wisatawan. Banyak turis mancanegara yang menjadikan kota ini sebagai tujuan utama wisata mereka ke Indonesia. Selain Borobudur, Prambanan, dan berbagai peninggalan wangsa Syailendra dan Sanjaya, Jogja juga memiliki keraton Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Keberadaan keraton inilah yang menjadikan daya tarik besar bagi wisatawan. Pasalnya, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat memiliki andil sangat besar terhadap sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Bahkan menurut beberapa versi pendapat, keraton Jogja, melalui Sri Sultan Hamengkubuwana IX, merupakan penggagas utama dari serangan umum 11 maret 1949. Sebuah momentum penting dalam sejarah mempertahankan kemerdekaan yang telah diproklamirkan tahun 1945. Peran serta dan andil kota Jogja dalam sejarah inilah yang menjadikan kota ini memiliki daya pikat terhadap wisatawan. Belum lagi Jogja juga dikenal sebagai kota pelajar, yang tentu saja sangat kaya dengan aneka ragam budaya, namun masyarakat setempat masih tetap konsisten dengan tradisi-tradisi lokal mereka. Hal ini tentu tidak lepas dari peran Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Bagi pembaca yang belum pernah berkunjung ke Jogja, saya sarankan untuk segera merencanakan liburan ke tempat ini. Pokoknya liburan ke Jogja dijamin seru!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rupanya Anda paham betul tetang potensi wisata Jogja. Pendapat Anda tentang hal tersebut sangat detil, tentu saja bisa melengkapi informasi bagi pembaca artikel ini. Saya sangat mengapresiasi opini tersebut. Terima kasih telah memberikan komentar di Calya Wisata, semoga bermanfaat.

      Hapus
  4. Informasinya cukup lengkap. Ada banyak potensi wisata jogja yang dicantumkan pada artikel ini. Menariknya lagi, beberapa tempat wisata sudah diberi link untuk memberikan informasi yang lebih detil. Meskipun belum semua ada, tapi menurut saya sudah cukup bagus. Saya sangat tertari dengan konsep artikel yang semacam ini. Selain tidak membosankan untuk dibaca, bahasa yang digunakan juga cukup mudah. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca yang benar-benar ingin mencari informasi tentang tempat wisata jogja. Salam kenal kak Susilowati.

    BalasHapus
  5. Potensi wisata Jogja? Ya, menurut saya pribadi, kota Jogja memang memiliki segudang potensi wisata yang sangat menarik wisatawan untuk berkunjung ke kota yang dikenal sebagai kota gudeg ini. Pesona pemandangan alam dan lautan, keunikan budaya dan tradisi-tradisi jawa, serta perjalanan sejarah kota Jogja merupakan daya pikat yang sangat potensial, sehingga banyak kalangan yang ingin mengunjungi kota Jogja, bukan hanya para traveler baik dari dalam maupun luar negeri, tetapi juga masyarakat pada umumnya. Sehingga sangat wajar jika Jogja menjadi salah satu destinasi wisata terbesar terkemuka di Indonesia. Selain itu, daya dukung wilayahnya juga sudah sangat mumpuni. Kita lihat di kota Jogja banyak dibangun infrastruktur dan sarana untuk menopang industri pariwisata, seperti pembangunan akses jalan ke objek wisata, restoran atau rumah makan, hotel atau penginapan-penginapan dengan sebutan lain, dan tentu saja fasilitas komunikasi yang juga ikut mendukung industri wisata Jogja.

    BalasHapus
  6. Semoga bisa melengkapi daftar tempat wisata Jogja. Saya akan memberikan pembahasan singkat tentang Situs Ratu Boko. Situs ini juga dikenal dengan Keraton Ratu Boko, karena bentuk dan strukturnya menyerupai bangunan istana kuno. Situs Ratu Boko terletak di sebuah perbukitan, dengan ketinggian kurang lebih 196 meter di atas permukaan laut, 3 kilometer di sebelah selatan kompleks Candi Prambanan. Keraton Ratu Boko Ratu Boko diperkirakan sudah dipergunakan orang pada abad ke-8, yaitu pada masa kekuasaan Wangsa Sailendra (Rakai Panangkaran) dari Kerajaan Medang (Mataram Hindu). Situs ini pertama kali ditemukan pada tahun 1790 oleh oleh Van Boeckholzt. Namun, baru seratus tahun kemudian, dilakukan penelitian pada reruntuhan purbakala ini. Penelitian dipimpin oleh FDK Bosch, dan hasil penelitian tersebut dibukukan dalam Keraton van Ratoe Boko. Dari hasil penelitian tersebut, diketahui bahwa situs purbakala ini merupakan sebuah keraton. Di sekitar situs Keraton Ratu Boko ditemukan sebuah prasasti berangka tahun 792 Masehi, yang diberi nama Prasasti Abhayagiri Wihara. Pada prasasti yang dijadikan sebagai bukti tertulis situ Ratu Boko ini disebutkan seorang tokoh Tejahpurnapane Panamkarana atau dikenal sebagai Rakai Panangkaran (746-784 M), dan menyebut suatu kawasan di atas bukit yang dinamakan Abhyagiri Wihara. Situs bersejarah ini layak dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata Jogja, karena memiliki beberapa keistimewaan dibanding situs-situs purbakala lain. Tak lengkap rasanya jika perjalanan wisata Anda ke kota Jogja tidak mengunjungi tempat ini untuk melihat sejauh mana daya tarik Keraton Ratu Boko, baik dari tinjauan historis maupun struktur bangunan keraton purba.

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.