Selasa, Agustus 26, 2014

Tempat Wisata Bedugul Bali

Bedugul Bali adalah salah satu objek wisata di Bali yang menawarkan nilai jual pada keindahan alam pegunungan. Tempat wisata di Bali ini merupakan kebun raya yang merupakan paru-paru Pulau Dewata. Berada di ketinggian 1.240 meter di atas permukaan laut, menjadikan udara di tempat wisata ini terasa dingin dan sejuk. Keindahan Kebun Raya Bedugul Bali membuat objek wisata ini menjadi salah satu tempat yang cocok untuk acara rekreasi keluarga. Di area Kebun Raya Bedugul terdapat beberapa spot menarik untuk dikunjungi, diantaranya adalah Candi Bentar, Ramayana Boulevard, Kumbakarna Laga Statue, Roses Garden, Lake Beratan View, Usada Cafe, dan Traditional Balinese house.

Danau Bratan

Di antara objek-objek wisata tersebut, Lake Bratan atau di kenal juga dengan istilah Danau Bratan, merupakan objek wisata yang paling populer dan paling sering dikunjungi wisatawan. Danau Bratan berfungsi sebagai sarana irigasi, sehingga kawasan ini merupakan daerah subur dengan sumber air mencukupi.

Di danau tersebut, tepatnya di tepi barat laut, terdapat sebuah pura indah yang dikenal dengan Pura Ulun Danu Bratan, yang dibangun pada tahun 1633. Pura tersebut digunakan sebagai tempat persembahan untuk dewi Dewi Danu, dewi air, danau dan sungai. Di halaman depan Pura Ulun Danu Bratan terdapat dua buah artefak, yaitu sakopagus dan papan batu, yang diperkirakan berasar dari jaman megalitikum, sekitar 500 SM. Terdapatnya artefak tersebut, diperkirakan kawasan Danau Bratan telah digunakan sebagai tempat pemujaan para dewa sejak jaman megalitikum.

Candi Bentar

Peninggalan sejarah lain yang terdapat di kawasan Kebun Raya Bedugul adalah Candi Bentar. Bentuk candi ini menyerupai gapura atau pintu gerbang, dimana pada bagian atasnya tidak tertutup oleh atap, sehingga tampak seperti dua tugu terpisah. Satu-satunya penghubung kedua sisi tersebut adalah anak tangga kecil di bagian bawah.

Bedugul Bali

Oleh karena itu, masyarakat setempat lazim menyebutnya dengan istilah gerbang terbelah. Bagungan candi dengan tipe semacam ini diperkirakan dibangun pada jaman kerajaan Majapahit.




Selain terdapat objek-objek wisata menarik, di Kebun Raya Bedugul juga terdapat aktivitas outbond yang cukup populer, yakni Bali Treetop. Aktivitas outbond ini sangat cocok untuk kegiatan wisata keluarga, karena sangat digemari anak-anak. Bagi Anda yang berwisata ke Kebun Raya Bedugul bersama keluarga, tidak ada salahnya untuk menjajal outbond yang satu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.