Minggu, Agustus 24, 2014

Candi Kalasan Jogja

Candi Kalasan merupakan salah satu Candi Budha tertua di Jawa yang terletak di desa Kalasan, Sleman Yogyakarta. Berjarak kurang lebih 2 kilometer dari kompleks Candi Prambanan. Bangunan Candi Kalasan memiliki stupa sebanyak 52 buah. Seperti tertera pada prasasti Kalasan berangka tahun 778 Masehi, ditulis dengan huruf Pranagari, yang ditemukan di sekitar kawasan candi tersebut menyebutkan bahwa pembangunan Candi Kalasan bertujuan untuk menghormati Bodhisattva wanita, Tarabhawana dan sebuah vihara. Pembangunan candi tersebut dilakukan pada masa kekuasaan Rakai Panangkaran yang berasal dari dinasti Syailendra. Sehingga bisa dikatakan bahwa pembangunan Candi Kalasan merupakan bukti kehadiran wangsa Syailendra ke tanah Jawa.

Keistimewaan Candi Kalasan

Candi Kalasam memiliki ukiran ornaman yang sangat indah dan detail. Terbukti banyak akademisi asing yang menyempatkan waktu untuk mengambil foto ukiran ornamen tersebut. Keistimewaan lain Candi Kalasan adalah adanya lapisan penutup dari getah tanaman tertentu. Lapisan ini dinamakan dengan istilah Bajralepa, menyerupai dengan detil hiasan pada Candi Sari. Tubuh dan atap candi dihiasi dengan beraneka relung dan arca-arca budha. Keindahan ukiran pada tubuh candi ini menunjukkan bahwa pada masa tersebut, terlah memiliki ahli ukir dan pemahat yang cukup handal. Hal ini juga menunjukkan betapa hebatnya perkembangan seni pahat dan seni ukir waktu itu.

Wisata Candi Kalasan

Untuk masuk objek wisata Candi Kalasan, wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembelian tiket. Wisatawan dapat mengunjungi area candi setiap hari, pada pukul 06.00-18.00. Rekonstruksi candi budha tertua ini belum sepenuhnya selesai, karena ada beberapa bagian candi yang hilang. Namun hal itu tidaklah membuat keindahan candi ini menjadi hilang.

Wisata Jogja : Candi Kalasan

Namun sayang, kondisi Candi Kalasan kurang terpelihara dengan baik oleh pemerintah setempat, sehingga belum menjadi objek yang cukup menarik perhatian dari wisatawan.




Rute Candi Kalasan

Berada di jalur utama Jogja-Solo dan letaknya yang berdekatan dengan Candi Prambanan, sehingga akses untuk menuju kawasan candi ini tidaklah begitu sulit. Jika menggunakan angkutan umum, bisa menggunakan bus jurusan Jogja-Solo. Sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi, dari arah Yogyakarta ke arah timur dan mengambil jalur ke Candi Prambanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.