Jumat, Agustus 22, 2014

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) adalah salah satu tempat wisata di Bali seluas kurang lebih 240 hektare, berupa taman budaya yang secara administratif termasuk dalam wilayah tanjung Nusa Dua, tepatnya di Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan Badung 80364 PO BOX 139 Nusa Dua Bali, Indonesia. Lokasi taman wisata ini berjarak kurang lebih 40 kilometer dari ibukota provinsi Bali, Denpasar. Dapat ditempuh kurang lebih dalam waktu 15 menit berkendaraan dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Di tempat wisata ini, pengunjung dapat melihat satu karya seni terbesar di Indonesia berupa patung raksasa Garuda Wisnu yang terletak di lokasi tertinggi wilayah Bali Selatan. Patung Garuda Wisnu ini dirancang sebagai patung monumental terbesar dan tetinggi di dunia, dengan tinggi mencapai 150 meter dan bentangan sayap 64 meter. Selain patung raksasa Garuda Wisnu, wisatawan juga dapat melihat-lihat monumen alas, yang berupa bangunan seluas 3 hektare yang dibangun di atas lahan seluas 1 hektare. Patung Garuda Wisnu beserta alasnya dirancang dengan dikelilingi taman budaya yang sangat besar, dengan luas mencapai 60 hektare. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali dirancang dengan konsep untuk mendidik generasi penerus agar senantiasa mampu memelihara dan melestarikan budaya dunia.

Tugas pembangunan patung GWK ini dipercayakan kepada pematung terkemuka di Indonesia, yaitu I Nyoman Nuarta, yang pernah menjuarai Lomba Patung Proklamator Republik Indonesia di tahun 1979. Peletakan batu pertama pembangunan taman budaya ini dilakukan pada tahun 1997 dan mulai dipromosikan sebagai tempat wisata pada tahun 2000.

Tempat-tempat wisata di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali

GWK menawarkan beberapa tempat wisata menarik, antara lain:

Wisnu Plaza

Wisnu Plaza merupakan lokasi tertinggi di kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali. Titik fokus tempat wisata ini adalah patung Wisnu yang dikelilingi air mancur dan di dekat patung tersebut terdapat sumber air suci Parahyangan Somaka Giri. Air suci tersebut diyakini memiliki khasiat luar biasa untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu, air suci Parahyangan Somaka Giri juga diyakini memiliki kekuatan magis untuk memohon hujan kepada Tuhan saat musim kemarau tiba.

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali

Patung berukuran besar "Garuda Wisnu" di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali


Amphitheater

Amphitheater merupakan panggung terbuka untuk pertunjukan seni theater profesional, yang dilengkapi dengan tribun penonton berkapasitas hingga 800 orang. Pengunjung akan dihibur dengan pertunjukan gratis tari-tarian tradisional Bali. Panggung terbuka ini juga dapat digunakan untuk pertunjukan musik dan konser mini.




Lotus Pond

Merupakan area outdoor terbesar di GWK, biasa digunakan untuk pertunjukan dan acara-acara besar baik tingkat nasional maupun internasional. Pada bagian sisi area ini terdapat pilar batu kapur, dan berlatar belakang patung Garuda yang sangat megah.

Taman Indraloka

Taman Indraloka merupakan tempat paling favorit, dengan panorama yang sangat indah bagaikan surga Dewa Indra. Taman Indraloka ini paling sering digunakan untuk acara-acara kecil dan menengah. Di tempat ini juga terdapat patung tangan Wisnu.

Street Theater

Di sinilah pengunjung mengawali dan mengakhiri kunjungannya ke Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali. Di jalur ini, kerap diadakan parade pertunjukan, dan juga terdapat banyak tempat-tempat untuk wisata belanja dan kuliner. Pengunjung dapat membeli beraneka macam cindera mata di tempat ini.

Bagi Anda yang berminat untuk mengunjungi GWK, dan ingin mengadakan penerbangan ke Bali, silahkan cari informasi harga tiket pesawat promo ke Bali dari berbagai maskapai penerbangan.

Referensi :

www.gwk-culturalpark.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.