Selasa, Agustus 26, 2014

Gedung Sate Bandung

Gedung Sate Bandung, dengan ciri khas bangunan terdapat tiang menyerupai tusuk sate di atas menara sentralnya yang menyerupai pagoda, telah lama menjadi icon kota Bandung. Keberadaan gedung sate ini tidak hanya dikenal oleh masyarakat Jawa Barat, tetapi juga dikenal di seluruh nusantara. Memang, gedung yang menjadi icon kota Bandung ini juga dijadikan sebagai pertanda beberapa bangunan di Jawa Barat. Selain berfungsi sebagai pusat penyelenggaraan pemerintahan provinsi Jawa Barat, Gedung sate juga sering menjadi tempat tujuan para wisatawan yang berkunjung ke kota Bandung.

Gedung Sate dibangun pada masa prakemerdekaan, tahun 1920 oleh pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pada masa tersebut, Gedung Sate dikenal dengan nama Gouvernements Bedrijven, yang berdiri megah di atas area yang hampir mencapai 2,8 hektar dengan luas bangunan lebih dari 1 hektare, yang terdiri dari basement, lantai 1, dan lantai 2.

Gedung ini dirancang oleh tim arsitek ternama dari negeri Belanda, yang terdiri dari Ir.J.Gerber, Ir. Eh. De Roo dan Ir. G. Hendriks serta pihak Gemeente van Bandoeng, yang diketuai Kol. Pur. VL. Slors. Gaya arsitekturnya juga mendapatkan masukan dari maestro arsitek Belanda, yaitu Dr.Hendrik Petrus Berlage, yang memadukan gaya arsitektur Eropa dengan gaya arsitektur Nusantara.

Tak tanggung-tanggung, pembangunan Gedung Sate melibatkan sebanyak 2000 pekerja. Peletakan batu pertama dilakukan pada tanggal 27 Juli 1920, oleh Johanna Catherina Coops, dan Petronella Roelofsen. Pembangunan gedung tersebut selesai dalam kurun waktu empat tahun, pada bulan September 1924.

Gaya arsitekturnya yang sangat mempesona menjadikan daya pikat tersendiri bagi wisatawan untuk menyambangi Gedung Sate Bandung. Keindahan dan keanggunan bangunannya juga mengundang decak kagum kalangan arsitek dan ahli bangunan, yang menyatakan bahwa Gedung Sate merupakan karya monumental yang anggun dan mempesona, dengan gaya arsitektur unik, yakni Indo Europeeschen architectuur stijl.

Gedung Sate Bandung

Sejumlah pendapat yang menyatakan kekagumannya pada kemegahan gaya arsitektur Gedung Sate diantaranya datang dari:
  • Cor Pashier dan Jan Wittenberg, dua orang arsitek berkebangsaan Belanda, yang mengatakan "langgam arsitektur Gedung Sate adalah gaya hasil eksperimen sang arsitek yang mengarah pada bentuk gaya arsitektur Indo-Eropa".
  • D. Ruhl dalam bukunya Bandoeng en haar Hoogvlakte 1952, menyatakan bahwa "Gedung Sate adalah bangunan terindah di Indonesia".
  • Ir. H.P.Berlage, pada saat berkunjung ke Gedung Sate pada April 1923, menyatakan bahwa, "Gedung Sate adalah suatu karya arsitektur besar, yang berhasil memadukan langgam timur dan barat secara harmonis".




Gedung Sate pernah menjadi pusat pemerintahan Hindia Belanda setelah Batavia dianggap sudah tidak lagi memenuhi syarat sebagai pusat pemerintahan. Semenjak tahun 1980, Gedung Sate berfungsi sebagai pusat pemerintahan provinsi Jawa Barat, yang sebelumnya menempati Gedung Kerta Mukti di Jalan Braga. Oleh karenanya, hingga kini Gedung Sate juga dikenal dengan sebutan Kantor Gubernur.

Baca artikel lain tentang Tempat Wisata Di Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.