Sabtu, Agustus 23, 2014

Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka adalah kebun binatang yang berada di Yogyakarta. Tempat wisata ini berisi berbagai macam spesies binatang dari berbagai belahan dunia. Kebun Binatang Gembira Loka dibangun di daerah aliran sungai Gajah Wong, di atas lahan seluas 20 hektare, berlokasi di Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta dan dikelola oleh Yayasan Gembira Loka.

Sebagai salah satu tempat wisata favorit di Jogja, Gembira Loka menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik domestik maupun asing. Saat gempa bumi mengguncang Jogja pada tahun 2006 lalu, kebun binatang yang didirikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana IX ini sempat rusak parah. Hal ini mengakibatkan kondisinya kurang terurus, sehingga tidak banyak wisatawan yang berkunjung.

Sejarah Kebun Binatang Gembira Loka

Keinginan untuk membangun kebun satwa kesukaan raja (bonraja) menjadi kebun binatang publik sebetulnya dimulai dari Sri Sultan Hamengku Buwono VIII. Namun, keinginan tersebut baru diwujudkan oleh penggantinya, yakni Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Pembangunan kebun binatang ini dilakukan di area seluas 20 hektar, dan resmi dibuka pada tahun 1933. Pada awal berdirinya, kebun binatang Gembira Loka hanya berisi beberapa ekor macan tutul saja, yang berhasil ditangkap penduduk setempat dan sebagaian berasal dari lereng Gungung Merapi. Hingga saat ini, kebun binatang tersebut memiliki lebih dari 100 spesies satwa, termasuk beberapa ekor pinguin.

Kerusakan berat terjadi pada tahun 2006 akibat musibah gempa bumi yang melanda Yogyakarta. Hal ini mengakibatkan kondisi kebun binatang tersebut kurang terurus. Kondisi tersebut mengakibatkan wisatawan yang mengunjungi tempat wisata ini semakin menyusut. Kemudian pada tahun 2010, mulai dilakukan renovasi dan penambahan wahana-wahana baru. Hingga kini proses renovasi tersebut masih terus dilakukan. Berkat promosi yang dilakukan oleh pemerintah dan warga setempat, wisatawan yang mengunjungi kebun binatang ini mulai ramai kembali.

Koleksi Satwa

Beberapa koleksi satwa di Gembira Loka antara lain gajah, harimau, kudanil, orang utan, monyet, onta, rusa, zebra, komodo dragon, ular, berbagai spesies katak, kaiman, soa, kura-kura, biawak, dan berbagai jenis burung, termasuk pinguin. Pada jam 11.00-13.00, diadakan pertunjukan satwa lucu, seperti berang-berang main bola, orang utan menaiki sepeda, atau burung kakak tua yang sedang berhitung.

Wisata Jogja : Kebun Binatang Gembira Loka

Wahana Bermain

Tidak hanya menawarkan koleksi berbagai jenis satwa, kebun binatang ini juga memiliki puluhan spesies flora yang sangat menarik. Selain itu, layaknya tempat wisata lain, di Gembira Loka juga menyediakan wahana bermain dan bersantai, seperti skuter air, ATV, perahu senggol, perahu boat, perahu banana "Orca", terapi ikan, perahu kayuh, kapal kataraman, gajah tunggang, onta tunggang, kolam tangkap, kano engkol, dan kereta mini.




Selain wahana bermain, juga tersedia wahana untuk bersanti, yaitu Mayang Tirta. Wahana ini terletak di tengah danau buatan, yang berbentuk kapal megah. Di dalam wahana ini terdapat cafe terbuka, sehingga memungkinkan wisatawan untuk bersantai sambil menikmati makanan dan pemandangan di sekitar kebun binatang Gembira Loka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.