Rabu, Agustus 27, 2014

Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung aktif sebagai objek wisata pegunungan yang terletak di Bandung Utara, Provinsi Jawa Barat. Gunung Tangkuban Perahu memiliki ketinggian sekitar 2.084 meter di atas permukaan laut. Seperti halnya daerah pegunungan lain, Gunung Tangkuban Perahu juga memiliki udara cukup dingin, dengan suhu rata-rata 17 derajat Celcius pada siang hari, dan 2 derajad Celcius pada malam hari. Gunung ini masuk dalam kategori gunung aktif yang selalu diawasi oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia. Beberapa kawah juga masih menunjukkan tanda-tanda aktivitas gunung.

Para ahli geologi memperkirakan bahwa kawasan dataran tinggi Bandung dengan ketinggian 709 meter di atas permukaan laut, adalah bekas danau purba yang terbentuk akibat penyumbatan sungai Ci Tarum oleh letusan gunung purba, yang dikenal gengan gunung sunda. Gunung Tangkuban Perahu merupakan sisa gunung purba yang saat ini masih aktif.

Dari fenomena tersebut, maka berkembanglah cerita legenda Sangkuriang yang menceritakan tentang asal usul Gunung Tangkuban Perahu. Gunung yang berbentuk stratovulcano ini memiliki pusat erupsi yang selalu berpindah dari timur ke barat. Meterial yang dikeluarkan dari letusan gunung ini adalah batuan jenis lava dan sulfur, serta mineral. Sedangkan minaral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif berupa uap belerang.

Potensi Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Sebagai salah satu tempat wisata di Bandung, Gunung Tangkuban Perahu banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Disamping namanya yang sudah begitu dikenal terutama dalam cerita legenda Sangkuriang, gunung aktif ini juga menyimpan potensi wisata alam yang sungguh mengagumkan.

Perjalanan ke Gunung Tangkuban Perahu menyuguhkan pemandangan eksotis, dengan jalan sedikit berkelok, di kanan kirinya hamparan hijau hutan pinus dan kebun teh. Saat berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu, Anda dapat menyaksikan beberapa kawah yang sangat menarik, yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Baru, Kawah Lanang, Kawah ecoma, Kawah Jurig, Kawah Siluman, Kawah Domas, Kawah Jarian, dan Pangguyangan Badak.

Gunung Tangkuban Perahu

Kawah ratu merupakan kawah terbesar yang ada di Gunung Tangkuban Perahu, tidak jauh disekitar kawah ratu, terdapat kawah upas yang juga menjadi salah satu destinasi wisatawan.

Di area sekitar kawah ini banyak terdapat kios-kios yang menjajakan beraneka makanan dan minuman khas Bandung, dan beragam cinderamata bahkan maninan anak-anak.




Gunung Tangkuban Perahu hanya berjarak kurang lebih 30 kilometer dari kota Bandung, sehingga tidak begitu menyita waktu perjalanan Anda.

Baca artikel lain tentang Tempat Wisata Di Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.