Jumat, Agustus 29, 2014

Tempat Wisata Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung merupakan salah satu tempat wisata dalam kota di Bandung. Saat ini Kebun Binatang Bandung memiliki koleksi sekitar 213 jenis satwa. Dari 213 jenis satwa tersebut, 79 diantaranya merupakan satwa yang dilindungi. Tempat wisata fauna ini beralamat di Jl. Kebun Binatang No. 6 (Tamansari), Bandung, Jawa Barat 40132, Indonesia. Berada tidak jauh dengan kampus ITB dan Taman Ganesha dan biasa dijadikan sebagai tempat rekreasi oleh masyarakat Bandung saat liburan bersama keluarga. Masyarakat Sunda menyebut kebun binatang ini dengan istilah Derenten (dalam bahasa sunda, dierentuin).

Tata Ruang Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung dibangun di area seluas 13,5 hektare dengan topografi bergelombang, sehingga memberikan keunikan tesendiri dan tidak membosankan saat wisatawan berkeliling untuk melihat-lihat koleksi satwa. Tata ruang kebun binatang dini dibagi berdasarkan fungsinya, yang terdiri dari 55,20% untuk area pertamanan, 18,25% untuk area kandang (tempat binatang), 4,7% untuk taman ria, dan 2% untuk pengolahan sampah. Sisanya dipergunakan sebagai area perkantoran.

Sejarah Kebun Binatang Bandung

Pembangunan Kebun Binatang Bandung merupakan konsep penggabungan dua kebun binatang yang ada di Bandung, yaitu kebun binatang di Cimindi dan Dago atas. Konsep penggabungan ini dirancang oleh Dr. W. Treffers, untuk memperluas lokasi dengan bertambahnya koleksi satwa. Kebun Binatang peninggalan kolonial ini kemudian didirikan pada tahun 1930 oleh Bandung Zoological Park (BZP) yang dipelopori Direktur Bank Dennis, Hoogland. Tiga tahun kemudian, tepatnya pada bulan April 1933, Kebun Binatang Bandung disahkan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, yang dituangkan tuangkan dalam surat keputusan Nomor 32 tanggal 12 April 1933.

Pada saat Jepang masung ke Indonesia dan menguasai daerah Bandung, kebun binatang ini sempat terlantar dan tidak dikelola dengan baik. Mungkin karena dipengaruhi oleh situasi politik pada waktu itu yang sedang dalam temperatur perang dunia II. Beberapa tahun setelah Jepang meninggalkan Indonesia, yaitu pada tahun 1948, mulai dilakukan upaya rehabilitasi untuk mengembalikan fungsi kebun binatang ini. Pada perkembangan selanjutnya, tahun 1956, R. Ema Bratakoesoema memberikan inisiatif untuk membubarkan Bandung Zoological Park, yang kemudian pada tahun 1957 yayasan tersebut berganti menjadi Yayasan Marga Satwa Tamansari.

Kebun Binatang Bandung

Wahana Rekreasi di Kebun Binatang Bandung

Selain menyuguhkan berbagai koleksi satwa, Kebun Binatang Bandung juga dilengkapi berbagai wahana rekreasi, seperti area taman untuk lesehan dan bersantai bersama keluarga, taman bermain bagi anak-anak, balon loncat, balon air, sepeda air, serta berfoto bersama satwa di yang ada di kebun binatang ini. Di area tempat wisata ini juga banyak pohon-pohon besar yang usianya mungkin sudah ratusan tahun, sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk menghirup udara segar dan melepas lelah. Keberadaan pohon-pohon ini membuat situasi tidak membosankan saat wisatawan berkeliling melihat koleksi satwa.





Fungsi Kebun Binatang Bandung

Keberadaan Kebun Binatang Bandung memiliki beberapa fungsi bagi masyarakat maupun lingkungan, yaitu:
  • Fungsi Kebudayaan
    Kebun Binatang Bandung memiliki fasilitas pagelaran seni dan budaya untuk menanamkan kesadaran cinta budaya melalui pemahaman terhadap kekayaan budaya, flora, dan fauna.
  • Fungsi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi
    Kebun Binatang Bandung kerap dimanfaatkan oleh kalangan edukatif untuk menambah pengetahuan dalam berbagai bidang, melalui kegiatan penelitian.
  • Fungsi Perlindungan dan Pelestarian Kekayaan Alam
    Kebun Binatang Bandung berkomitmen untuk menjaga, melindungi, dan melestarikan berbagai jenis satwa maupun flora sebagai upaya untuk menjaga kekayaan alam.
  • Fungsi Rekreasi
    Tentu saja salah satu fungsi ini sudah dapat dilihat dari tingginya antusiasme masyarakat yang berkunjung ke Kebun Binatang Bandung untuk berlibur bersama rekan dan keluarga.

Baca artikel lain tentang Tempat Wisata Di Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.