Senin, Agustus 25, 2014

Pantai Baron Jogja

Pantai Baron merupakan salah satu obyek wisata di Jogja yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi pantai tersebut berjarak kurang lebih 40 kilometer dari pusat kota Jogja. Konon, nama pantai Baron diambil dari seorang bangsawan Belanda, Baron Skeber, yang mendaratkan kapalnya di pantai ini. Akses menuju ke tempat wisata ini sudah cukup baik, dapat ditempuh berbagai jenis kendaraan, dari sepeda motor, mobil pribadi, hingga bus pariwisata.

Salah satu keistimewaan objek wisata pantai Baron adalah bentuknya yang menyerupai cekungan. Selain itu, pantai ini juga dilengkapi dengan fasilitas Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sehingga memudahkan wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh berupa ikan laut segar. Namun, jika wisatawan ingin membawa oleh-oleh dalam bentuk ikan olahan, di pantai Baron juga tersedia beraneka jenis ikan olahan. Toko cinderamata khas pantai baron juga dapat Anda kunjungi, sehingga perjalanan wisata Anda akan lebih berkesan.

Beraneka ragam cinderamata berbahan dasar dari laut dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, seperti tirai kerang, lampu hias, bros, figura, hingga cermin yang dihiasi kerang. Tak hanya menawarkan wisata pantai saja, di objek wisata ini juga terdapat beragam wahana yang bisa dinikmati, seperti wahanan permainan untuk anak-anak, dan perahu bermotor.

Keistimewaan lain pantai Baron adalah terdapatnya sebuah bukit di sekitar pantai yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menikmati keindahan alam dan lautan. Di atas bukit tersebut, wisatawan dapat menikmati semilirnya angin sambil melihat-lihat panorama alam yang cukup menakjubkan.

Tak hanya itu, ada keunikan lain di pantai Baron, yaitu sebuah aliran sungai bawah tanah yang cukup deras. Anehnya, air sungai bawah tanah ini rasanya tawar, meskipun berada di dekat pantai. Jika pengunjung tidak berani berenang di pantai, maka dapat bermain di sekitar sungai bawah tanah ini.

Wisata Jogja : Pantai Baron

Jika ingin menyaksikan upacara sedekah laut, maka datanglah ke pantai Baron pada tanggal 1 Syuro dalam sistem penanggalan Jawa. Ya, setiap tanggal 1 Syuro, pantai ini digunakan oleh masyarakat Gungungkidul untuk melakukan upacara sedekah laut. Upacara sedekah laut tersebut bukan hanya bermuatan mistis, tetapi lebih sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas melimpahnya kekayaan laut, sehingga memberikan rizki melimpah bagi masyarakat setempat.




Pada awalnya, mata pencaharian penduduk setempat bukanlah sebagai nelayan penangkap ikan, tetapi sebagian besar menjadi petani dan pekebun. Suatu ketika, ada seorang yang memancing ikan di pinggiran pantai, dan mendapatkan hasil tangkapan yang memuaskan. Kejadian tersebut sontak diikuti oleh warga lain, dan secara perlahan, penduduk setempat beralih profesi sebagai nelayan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.