Minggu, Agustus 24, 2014

Saung Angklung Udjo Bandung

Saung Angklung Udjo merupakan salah satu tempat wisata budaya di Bandung. Tempat wisata ini selalu menyelenggarakan pertunjukan seni tradisional Sunda. Didirikan oleh suami-istri, Udjo Ngalagena dan Uum Sumiati pada tahun 1966 dengan maksud untuk memelihara dan melestarikan seni budaya tradisional Sunda. Tempat wisata ini beralamat di Jalan Padasuka 118, Bandung Jawa Barat Indonesia.

Objek wisata budaya ini dikelilingi oleh pohon-pohon bambu, yang mencerminkan bahan dasar pembuatan alat musik tradisional Bandung. Suasana dan udara di sekitar lokasi wisata cukup segar dan nyaman bagi para wisatawan. Selain menggelar berbagai pertunjukan seni tradisional, Saung Angklung Udjo menyediakan berbagai alat musik tradisional Sunda yang terbuat dari bambu. Di tempat wisata ini pula terdapat laboratorium pendidikan untuk melestarikan seni budaya tradisional Sunda. Wisatawan juga dapat membeli cindera mata berupa alat musik atau kerajinan tangan tradisional yang dijual dengan harga sangat terjangkau.

Keberadaan laboratorium pendidikan ini merupakan sarana belajar mengajar tentang seni tradisional Sunda, sehingga menjadikan kunjungan wisatawan lebih bermakna, tidak sekedar menikmati hiburan saja, tetapi juga mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru, terutama tentang kesenian tradisional dan budaya Sunda. Oleh karena itu, Saung Angklung Udjo juga dikenal sebagai tempat wisata pendidikan.

Saung Angklung Udjo dikenal sebagai tempat produksi alat musik dari bambu terbaik di Indonesia. Saung Angklung Udjo terus meningkatkan kualitas produk dengan berbagai jenis varian alat musik tradisional Sunda. Beberapa jenis alat musik yang diproduksi antara lain Angklung, Arumba, dan Calung dengan berbagai variasi.

Saung Angklung Udjo

Kepiawaiannya dalam memproduksi alat musik tradisional dari bambu kemudian dikembangkan dengan memproduksi berbagai jenis kerajinan tangan berbahan bambu. Wisatawan bisa mendapatkan cinderamata khas Sunda di toko cinderamata yang tersedia di lokasi Saung Angklung Udjo. Selain toko cinderamata, wisatawan juga dapat mincicipi kuliner khas Sunda di rumah makan Kampung Sunda yang berada di taman belakan tempat wisata ini.




Pertunjukan Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo menyelenggarakan dua jenis pertunjukan, yaitu pertunjukan internal dan eksternal. Beberapa pertunjukan internal yang sering digelar antara lain Pertunjukan Bambu Petang, Setengah Hari di Saung Angklung Udjo, Workshop Saung Angklung Udjo. Sedangkan pertunjukan eksternal yang kerap diselenggarakan diantaranya adalah Iwung (Interaktif), Awi (Interaktif dan Orkestra), Gombong, Arumba (Alunan Rumpun Bambu), dan pertunjukan sunda lain.

Baca artikel lain tentang Tempat Wisata Di Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.