Jumat, Agustus 22, 2014

Sumur Jalatunda Dieng

Salah satu objek wisata Dieng Plateau yang penuh misteri dan dikaitkan dengan mitos adalah Sumur Jalatunda. Sumur Jalatunda diperkirakan merupakan sumur vulkanik, bekas letusan gunung ratusan tahun silam yang menyisakan lubang besar berdiameter hingga 90 meter dan kedalaman mencapai 100 meter. Pendapat lain mengatakan bahwa Sumur Jalatunda merupakan lubang bekas kawah yang digenangi air, sehingga menyerupai sumur. Namun, secara pasti keberadaan sumur raksasa ini masih menyisakan misteri. Lihat juga artikel lain Wisata Dieng Plateau.

Sumur tua ini terletak di sebelah barat pegunungan Dieng, secara administratif masuk ke dalam Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegera. Terlepas dari asal-usul keberadaannya yang secara ilmiah belum diketahui pasti, Sumur Jalatunda memiliki daya tarik tersendiri. Pesona alam dengan udara khas pegunungan yang dingin memberikan nuansa unik dan berbeda. Ditambah lagi dengan mitos dan legenda yang beredar di masyarakat berkaitan dengan keberadaan Sumur Jalatunda.
Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda, Kaldera Gunung Purba






Sepertinya, nama Sumur Jalatunda diambil dari cerita dalam pewayangan, yang dikaitkan dengan bumi sapta pratala, tempat dimana Bathara Antaboga dan putrinya Dewi Nagagini tinggal. Dalam cerita tersebut, dikisahkan bahwa Bima bertemu dengan Dewi Nagagini di Sapta Pratala, yang kemudian menikah dan dikaruniai anak bernama Antareja. Jumur Jalatunda adalah gerbang masuk menuju Sapta Pratala. Mitos lain menyebutkan bahwa Sumur Jalatunda merupakan gerbang gaib yang menghubungkan pegunungan Dieng dengan penguasa laut selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.