Jumat, Agustus 22, 2014

Menikmati Pesona Alam Di Kaliurang Jogja

Kaliurang adalah salah satu tempat wisata di Jogja, tepatnya di Kabupaten Sleman, berada di ujung utara Yogyakarta dan berbatasan dengan provinsi Jawa Tengah. Terletak di daerah dataran tinggi kurang lebih 900 meter di atas permukaan laut, sehingga tempat wisata ini memiliki panorama alam nan permai dan udara sejuk. Keindahan panorama di Kaliurang membuat daerah ini dijadikan sebagai destinasi wisata unggulan baik oleh wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Tak jarang wisatawan datang ke Kaliurang hanya untuk berlibur dan istirahat melepas lelah setelah beraktivitas. Melonjakkan wisatawan yang datang ke daerah ini, membuat banyak pelaku bisnis yang menginvestasikan modalnya untuk membangun resort atau tempat peristirahatan. Tumbuhnya resort-resort ini menjadikan popularitas Kaliurang sebagai tempat wisata alam semakin melambung.Salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Kaliurang adalah Tlaga Putri. Di dataran tinggi ini, terdapat wisma bersejarah, yaitu Wisma Kaliurang, yang pernah dijadikan sebagai tempat perundingan antara Indonesia dengan Komisi Tiga Negara pada tahun 1948.

Sejarah Kaliurang Sebagai Tempat Wisata Alam

Sejarah Kaliurang sebagai tempat wisata diawali ketika para ahli geologi Belanda bermaksud mencari tempat peristirahatan bagi keluarganya. Waktu itu, awal abad ke-19, mereka menyusuri daerah utara Yogyakarta. Dan ketika sampai di Kaliurang, para ahli geologi tersebut terpesona dengan keindahan alam dan kesejukan udara di Kaliurang. Sejak saat itu mereka memutuskan untuk menjadikan daerah tersebut sebagai tempat peristirahatan, dan mulai mendirikan bungalow-bungalow. Memang, keindahan Kaliurang sangat mengesankan. Hal ini bisa dilihat dari perjalanan menuju kawasan tersebut, dengan jalan berkelok di sisi kiri kanan tampak hamparan hijau persawahan menghijau.

Pesona Wisata Kaliurang

Hembusan angin sepoi-sepoi dari sela-sela pepohonan secara perlahan membelai tubuh, bahkan tatkala sinar mentari tepat berada di atas kepala, kesejukan itu tetap terasa dan terus membungkus dari ujung kepala sampai kaki. Kesejukan itu semakin berpadu dengan kesegaran mata, tatkala wisatawan memandan pesona alam Gunung Merapi yang melatarbelakangi kawasan tersebut. Secara perlahan, pemandangan Gunung Merapi ini akan sirna dan digantikan warna putih kabut yang menyelimutinya. Keunikan akan memberikan warna pada pesona alam ini, tatkala pengunjung menyusuri sisi barat Bukit Plawangan dan melihat deretan gua-gua peninggalan Jepang.

Wisata Jogja : Menikmati Pesona Alam Di Kaliurang

Selain keunikan dan keeksotisan panorama, tempat wisata alam tersebut juga mempunyai beberapa bangunan bersejarah yang sayang untuk dilewatkan, seperti Wisma Kaliurang, Pesangrahan Dalem Ngeksigondo, dan Museum Ullen Sentalu. Museum Ullen Sentalu adalah tempan penyimpanan benda-benda bersejarah peninggalan Keraton Yogyakarta dan Surakarta.





Tempat Wisata Di Kaliurang

Kaliurang tidak hanya menawarkan keindahan alam dan peninggalan sejarah saja sebagai tempat berekreasi. Di kawasan tersebut juga terdapat beberapa tempat wisata keluarga, diantaranya adalah Taman Rekreasi Kaliurang, kolam renang Tlaga Putri, dan Tlaga Muncar. Bila ingin lebih lama menikmati keindahan dan kesejukan Kaliurang, wisatawan dapat menginap di bungalow, wisma atau pesanggrahan dengan tarif terjangkau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.