Jumat, Agustus 22, 2014

Wisata Karimunjawa

Wisata Karimunjawa - Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa, termasuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Jepara, Propinsi Jawa Tengah. Kepulauan Karimunjawa memiliki luas kurang lebih 111.500 hektare, dengan luas perairan 110.000 hektare. Dengan demikian, sebagian besar kepulauan ini adalah perairan, sehingga tidaklah mengherankan jika sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai nelayan. Kepulauan Karimunjawa terdiri dari 27 pulau, tetapi hingga saat ini hanya 5 pulau saja yang sudah berpenghuni, yaitu Karimunjawa, Kemujan, Nyamuk, Parang, dan Genting. Penduduk di lima pulau tersebut, saat ini sudah mencapai lebih dari 8.000 jiwa, secara umum terdiri dari tiga suku, yaitu Jawa, Bugis, dan Madura. Fasilitas pendidikan di kepulauan ini juga sudah cukup memadai, setidaknya sudah menjangkau hingga tingkat SMU atau sederajat.

Keindahan perairan laut Kepulauan Karimunjawa sangat mempesona, karenanya dewasa ini Kepulauan Karimunjawa kerap dijadikan sebagai tempat tujuan wisata. Popularitas keindahan perairan lautnya sangat tinggi, sehingga banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang untuk menghabiskan waktu liburannya. Bahkan melonjaknya wisatawan yang berlibur di Karimunjawa menjadikan kepulauan ini sering di sebut sebagai Pulau Liburan. Tak mengherankan, jika saat ini banyak berdiri biro-biro perjalanan yang menawarkan berbagai jenis Paket Wisata Karimunjawa

Keindahan alam dan lautan di Karimunjawa mampu membuat masyarakat dunia berdecak kagum. Tak mengherankan, jika Belanda menjuluki kepulauan ini sebagai Caribbean van Java. Ya, keindahan alam di Karimunjawa tidak kalah dengan keindahan alam di pulau Karibia. Bahkan sebagian besar masyarakat internasional memberikan julukan dengan sebutan The Paradise of Java (Surga Pulau Jawa). Itu semua karena alam di Karimunjawa masih sangat asri, hijau, penduduknya yang ramah, serta pesona keindahan laut yang tiada duanya.

Taman Nasional Karimunjawa

Kawasan Karimunjawa ditetapkan sebagai Cagar Alam Laut pada tahun 1986, melalui SK Menhut No.123/Kpts-II/1986. Kemudian pada tahun 1999, penetapan sebagai Cagar Alam Laut di kawasan tersebut diubah menjadi Taman Nasional Karimun Jawa melalui Keputusan Menhutbun No.78/Kpts-II/1999, dengan luas mencapati 111.625 hektare. Pada tahun 2001, melalui Keputusan Menhut No.74/Kpts-II/2001, sebagaian luas kawasan Taman Nasional Kariumjawa ditetapkan sebagai Kawasan Pelestarian Alam Perairan.

Dalam perkembangannya, karena pemanfaatan sumber daya perikanan di kawasan ini cenderung berlebihan, maka menimbulkan sebuah permasalahan serius dalam pengelolaannya, terutama berkaitan dengan upaya perlindungan ekosistem perairan laut. Saat ini, Balai Taman Nasional Karimunjawa, sebagai pengelolan Taman Nasional Karimunjawa, terus melakukan upaya serius dalam rangka mewujudkan program konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Wisata Karimunjawa

Pesona Wisata Bawah Laut di Karimunjawa


Ekosistem Terumbu Karang

Keberadaan ekosistem terumbu karang di perairan Karimunjawa merupakan potensi wisata yang sangat diandalkan. Selain itu, keberadaan terumbu karang juga merupakan bagian dari program konservasi ekosistem laut yang harus dijaga dan dilestarikan. Terumbu karang ini merupakan sumber daya utama pengembangan industri wisata di Karimunjawa. Namun sayang, dalam beberapa tahun belakangan, biomasa hewan karang ini mengalami penurunan yang sangat signifikan, dan hampir terjadi di semua zona dalam kawasan Taman Nasional Karimunjawa.

Penurunan tersebut terjadi akibat pemanfaatan suber daya perikanan yang terlalu berlebihan, bahkan cenderung tidak ramah lingkungan, dengan menggunakan bahan kimia beracun, seperti apotas maupun sianida. Penggunaan jaring yang berpotensi merusak terumbu karang juga banyak dilakukan oleh para nelayan.

Tak mengherankan jika Balai Taman Nasional Karimunjawa terus melakukan monitoring di sejumlah titik dan melakukan berbagai upaya untuk merehabilitasi ekosistem hewan dan tumbuhan laut tersebut, misalnya dengan menerapkan metode kombinasi artificialreef dan relokasi, jaring, kerangka, maupun substrat. Berbagai upaya tersebut dilakukan dengan harapan mampu meningkatkan kembali biomasa terumbu karang, karena ekosistem mangrove dan terumbu karang yang baik akan mampu meningkatkan biomassa ikan.

Hal ini sejalan dengan posisi perairan di Karimunjawa sebagai salah satu dari tiga pusat perikanan andalan Jawa Tengah. Namun, keberhasilan upaya tersebut juga harus didukung oleh peran masyarakat yang tidak terlalu berlebihan dalam memanfaatkan sumber daya perikanan. Bagaimanapun, keberadaan ekosistem terumbu karang ini menjadi sebuah magnet dalam pengembangan industri pariwisata di Karimunjawa. Berkembangnya kegiatan wisata, sudah barang tentu akan meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat. Oleh sebab itu, kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian terumbu karang harus terus ditumbuhkan.




Transportasi Ke Karimunjawa

Untuk mengunjungi tempat wisata Karimunjawa, sarana transportasi yang paling umum digunakan adalah kapal, baik dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang maupun dari Pantai Kartini Jepara. Penyeberangan dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang menggunakan kapal Kartini 1 berangkat setiap hari Sabtu, dan kembali dari Karimunjawa pada hari Minggu. Waktu tempuh kapal cepat ini sekitar 2-3 jam. Sedangkan penyeberangan dari Pantai Kartini Japara dapat dilakukan menggunakan kapal Muria, yaitu kapal ekonomi yang berangkat dari Jepara setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu, dan kembali dari Karimunjawa pada hari Rabu, Jumat, Minggu. Bagi yang memiliki biaya cukup besar, dapat mencoba alternatif lain untuk menuju tempat wisata Karimunjawa. Yaitu melalui jalur udari dari Bandara Ahmad Yani, Semarang ke Bandara Dewa Daru, Kemujan Jepara menggunakan pesawat sewa yang disediakan oleh PT. Wisata Laut Nusa Permai.

Kegiatan Wisata Di Pulau Karimunjawa

Tempat wisata yang bisa dijadikan pilihan antara lain Legon Lele, Kolam Hiu di Pulau Menjangan Besar, Tracking Hutan Mangrove di Desa Kemojan, Pantai Batu Karang Pengantin di desa Kemojan, Pantai Ujung Gelam, Pantai Barakuda, Pantai Nirwana. Karena hampir semua perairan di Kepulauan Karimunjawa merupakan surga bagi terumbu karang dan biota laut lain, juga sebagian besar perairan di kepulauan ini tergolong tenang, maka semua perairannya dapat dijadikan sebagai tempat untuk kegiatan Snorkeling. Namun, pada umumnya wisatawan hanya memilih tempat-tempat tertentu saja untuk dijadikan sebagai spot snorkeling, seperti perairan Pulau Cemara Besar, Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Pulau Tengah dan Pulau Cilik. Selain kegiatan snorkeling, wisatawan juga dapat mencoba kegiatan diving di wilayah perairan tersebut.

Wisata Kuliner Di Karimunjawa

Karimunjawa memiliki beberapa masakan khas yang tidak lazim ditemukan di daerah lain. Jadi, tidaklah lengkap jika wisatawan yang berlibur di Karimunjawa tidak mencicipi kuliner khas the paradise of Java. Beberapa kuliner khas Karimunjawa antara lain pindang srani, lontong krubyuk, tongsen cumi, siomay tongkol, wedang blung, jenang krimun, klepon alang-alang, gereh iwak teri, dll.

Penginapan Di Karimunjawa

Seperti halnya daerah-daerah wisata lain, di Kepulauan Karimunjawa juga banyak tersedia penginapan-penginapan murah yang bisa dijadikan pilihan untuk bermalam saat Anda berkunjung ke tempat wisata ini. Warga setempat biasa menyebut pinginapan murah tersebut dengan istilah homestay. Pada umumnya, penginapan-penginapan di Karimunjawa sudah dilengkapi dengan fasilitas Air Conditioner. Selain penginapan murah, di tempat wisata ini juga banyak terdapat hotel-hotel modern, tentu saja sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang jauh lebih modern di banding homestay.

Berikut ini sejumlah homestay dan hotel yang terdapat di Karimunjawa:
  • Homestay Hijau
  • Homestay Pelangi
  • Homestay Puri
  • Homestay Gemilang
  • Hotel Escape Karimunjawa
  • Hotel Blue Laguna Karimunjawa
  • Dewandaru Resort

Paket Wisata Karimunjawa

Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa untuk menikmati sensasi keindahan lautnya, saat ini telah banyak bermunculan biro perjalanan yang menawarkan Paket Wisata Karimunjawa. Namun, hingga saat ini Calya Wisata tidak memiliki informasi lengkap tentang biro wisata Karimunjawa. Hanya ada salah satu biro wisata yang telah cukup lama bekerja sama dengan Calya Wisata, yang saat ini kami anggap cukup profesional dalam melayani para wisatawan yang akan berkunjung ke Karimunjawa. Jika Anda berminat untuk menggunakan jasa Paket Wisata Karimunjawa, silahkan hubungi nomor HP 0852 270 222 30, yang menyediakan beberapa pilihan Paket Wisata Karimunjawa, antara lain:

1. Paket Wisata Karimunjawa Super Murah

Paket wisata ini sangat sesuai bagi calon wisatawan yang masih duduk di bangku sekolah maupun mahasiswa. Dengan biaya yang relatif murah, wisatawan sudah dapat merasakan sensasi petualangan di Karimunjawa dan menikmati keelokan taman lautnya yang sangat mengesankan. Paket Wisata Karimunjawa Super Murah terdiri dari dua pilihan, yaitu Paket Super Murah 4 hari 3 malam dan Paket Super Murah 2 hari 1 malam.

2. Paket Wisata Snorkeling Karimunjawa

Inilah Paket Snorkeling berkualitas di Karimunjawa. Paket ini paling banyak diminati oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Dengan pemandu yang profesional, wisatawan dapat menikmati dengan nyaman seluruh keindahan perairan Karimunjawa. Wisatawan tidak perlu membawa perlengkapan Snorkeling, semua sudah disiapkan oleh pihak biro wisata. Terdiri dari tiga pilihan, yaitu Paket Backpacker Snorkeling 4 Hari 3 malam, Paket Backpacker Snorkeling 3 hari 2 malam, dan Paket Backpacker Snorkeling 2 hari 1 malam.

3. Paket Wisata Diving Karimunjawa

Paket Wisata Diving Karimunjawa adalah salah satu terobosan baru yang kini sedang marak di Karimunjawa. Paket Wisata Diving bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada para wisatawan yang berkunjung ke Karimunjawa dengan menikmati serunya petualangan di bawah perairan dengan kedalaman 5-12 meter. Wisatawan dapat menikmati taman laut dengan keindahan terumbu karang yang berhiaskan berbagai jenis ikan laut. Tak jarang para penyelam ini juga akan menemi gurita yang menari gemulai di bawah perairan Karimunjawa. Paket Wisata Diving Karimunjawa menawarkan tiga jenis pilihan, yaitu Paket diving 4 hari 3 malam, Paket diving 3 hari 2 malam, dan Paket diving 2 hari 1 malam. Ingin mencoba serunya menyelam di taman laut Karimunjawa? Segera hubungi nomor HP 0852 270 222 30.

4. Paket Wisata Karimunjawa Homestay AC

Saat berkunjung ke Karimunjawa pada musim kemarau, mungkin Anda akan merasakan panasnya suhu udara yang memang relatif tinggi. Jika menginginkan liburan yang lebih nyaman, bisa mendapatkan Paket Wisata Karimunjawa Homestay AC. Tentunya harga yang ditawarkan relatif lebih mahal dibanding menggunakan homestay dengan fasilitas standar. Beberapa pilihan paket wisata ini adalah Paket Homestay AC 4 hari 3 malam, Paket Homestay AC 3 hari 2 malam, dan Paket Homestay AC 2 hari 1 malam.

5. Paket Wisata Karimunjawa Akomodasi Hotel

Berkembangnya minat wisatawan berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa tentu saja menarik minat para investor untuk mengembangkan industri perhotelan di kawasan ini. Dengan tersedianya fasilitas perhotelan, menjadikan pilihan paket wisata Karimunjawa semakin bervariasi. Bagi wisatawan yang memiliki anggaran cukup banyak, dapat memilih Paket Wisata Karimunjawa Akomodasi Hotel, sehingga perjalanan wisata akan lebih nyaman dan menyenangkan. Tersedia beberapa pilihan, antara lain Paket Blue Laguna Inn, Paket Karimunjawa Inn, Paket Wisma Apung, Paket Dewadaru, Paket Mangrove inn, dan Paket Hotel New Ocean.

6. Paket Wisata Bulan Madu Di Karimunjawa

Bagi Anda yang baru saja menikah, dan ingin mengadakan bulan madu di Karimunjawa? Ya, jangan khawati, tersedia Paket Wisata Bulan Madu Di Karimunjawa yang menyediakan berbagai pilihan dengan harga bervariasi. Anda dapat memilih satu dari tiga jenis paket berbeda, yaitu Paket Bulan Madu 4 hari 3 malam, Paket Bulan Madu 3 hari 2 malam, Paket Bulan Madu 2 hari 1 malam. Masing-masing paket terdapat empat subpaket lagi, dimana wisatawan dapat memilih sesuai dengan anggaran bulan madunya, yaitu Paket Homestay Fun, Paket Homestay AC, Paket Hotel Standart, dan Paket Hotel Istimewa.

7. Paket Wisata Mancing Di Karimunjawa

Anda memiliki hobi mancing? Nikmati serunya mancing di perairan Karimunjawa. Wisatawan hanya perlu membawa peralatan memancing saja. Seluruh perbekalan dan akomodasi sudah dipersiapkan oleh pihak biro perjalanan. Silahkan pilih Paket Wisata Mancing Di Karimunjawa untuk menikmati sensasi petualangan mancing di tengah laut Karimunjawa. Wisatawan akan dibawa menggunakan kapal khusus dan spot khusus pehobi mancing. Jadi tidak perlu khawatir Anda tidak mendapatkan hasil pancingan. Nikmati meriahnya Paket Mancing 4 hari 3 malam, Paket Mancing 3 hari 2 malam, dan Paket Mancing 2 hari 1 malam.

8. Paket Ekowisata Karimunjawa

Paket wisata ini agak berbeda dengan paket-paket wisata Karimunjawa lainnya. Lebih bernuansa edukasi, dimana wisatawan dapat belajar mengenai dunia laut secara langsung, yang akan dipandu oleh tentor profesional dan bersertifikat di bidangnya. Sangat cocok untuk pelajar yang masih duduk di bangku SD/SLTP/SLTA, dan para mahasiswa. Paket Ekowisata Karimunjawa penuh dengan informasi dan ilmu pengetahuan, baik tentang kelautan maupun Karimunjawa. Tersedia dua pilihan, yaitu Paket Ekowisata Karimunjawa 4 hari 3 malam, dan Paket Ekowisata Karimunjawa 3 hari 2 malam. Jika berminat untuk menambah pengetahuan tentang kelautan dan Karimunjawa, Anda bisa langsung memilih paket ini.

9. Paket Wisata Spesial Promo yang berlaku pada hari-hari tertentu

Pada hari-hari tertentu, biasanya biro-biro perjalanan di Karimunjawa akan menawarkan berbagai jenis paket promo, dengan keunggulannya masing-masing. Misalnya, pada Hari Raya Lebaran, Tahun Baru, atau paket promo untuk liburan sekolah. Dapatkan segera Paket Wisata Spesial Promo Karimunjawa di nomor HP 0852 270 222 30.

10 komentar:

  1. Sangat lengkap ulasan tempat wisata di Karimunjawa. Mulai dari aspek geografis, potensi keindahan laut, transportasi, kuliner, hingga penginapan di Karimunjawa, semuanya dibahas. Sangat membantu kami yang sedang mencari informasi tentang Karimunjawa. Hanya saja saya tidak menemukan informasi tentang Paket Wisata Karimunjawa. Mohon untuk ditambahkan informasi tersebut, termasuk nomor yang bisa dihubungi dari biro atau agen wisata ke Karimunjawa. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas masukannya. Kami telah menambahkan informasi tentang Paket Wisata Karimunjawa pada artikel ini. Namun, berhubung informasi tentang biro-biro perjalanan yang kami peroleh masih sangat minim, sehingga kami hanya mencantumkan satu biri wisata saja. Itupun biro wisata yang sudah cukup lama bekerja sama dengan kami, dan tentu saja memiliki profesionalisme dalam melayani para wisatawan.

      Hapus
  2. Mohon informasinya harga paket wisata ke Karimunjawa untuk awal tahun 2015. Kalau bisa lengkap dengan jadwal pemberangkatannya. Saya sangat mengapresiasi untuk penawaran harga terbuka. Saya dan teman-teman sekantor, kurang lebih 15 orang, berencana untuk berlibur ke Karimunjawa pada tahun baru nanti. Dari Jakarta kami akan naik pesawat ke Semarang. Apakah meeting point atau penjemputan bisa dilakukan di Bandara Semarang? Terima kasih, kami akan segera menghubungi Calya Wisata setelah ada konfirmasi.

    BalasHapus
  3. Paket Wisata Tahun Baru 4 Hari 3 Malam
    Jumlah peserta minimal 5 orang, penginapan homestay, makan 3 kali, kapal Siginjai, jadwal penyeberangan Senin-Kamis 29 Desember 2014 s/d 1 Januari 2015, 1 hari tour laut, harga Rp 675.000.

    Jumlah peserta minimal 3 orang, penginapan homestay, makan 6 kali, kapal Siginjai, jadwal penyeberangan Senin-Kamis 29 Desember 2014 s/d 1 Januari 2015, 2 hari tour laut, harga Rp 875.000

    Paket Wisata Tahun Baru 3 Hari 2 Malam
    Jumlah peserta minimal 5 orang, penginapan homestay, makan 2 kali, kapal Express-Siginjai, jadwal penyeberangan dari Jepara, Selasa-Kamis 30 Desember 2014 s/d 1 Januari 2015, 1 hari tour laut, harga Rp 810.000.

    Jumlah peserta minimal 3 orang, penginapan homestay, makan 4 kali, kapal Express-Siginjai, jadwal penyeberangan dari Jepara Selasa-Kamis 30 Desember 2014 s/d 1 Januari 2015, 2 hari tour laut, harga Rp 990.000.

    Jumlah peserta minimal 5 orang, penginapan homestay, makan 2 kali, kapal Kartini, jadwal penyeberangan dari Semarang Rabu-Jumat 31 Desember 2014 s/d 2 Januari 2015, 1 hari tour laut, harga Rp 1.010.000.

    Jumlah peserta minimal 3 orang, penginapan homestay, makan 4 kali, kapal Kartini, jadwal penyeberangan dari Semarang Rabu-Jumat 31 Desember 2014 s/d 2 Januari 2015, 2 hari tour laut, harga Rp 1.190.000.

    BalasHapus
  4. Saya berencana mengadakan liburan ke Karimunjawa bersama rombongan pada bulan Maret nanti. Mohon dikirim daftar harga paket wisata ke Karimunjawa ke email saya, lu5y-86gmail.com, barangkali nanti harga dan fasilitas yang ditawarkan cocok dan bersaing dengan biro wisata lain. Terima kasih.

    BalasHapus
  5. Sudah lama sekali saya tidak mengunjungi Karimunjawa, mungkin sudah hampir 4 tahun. Terakhir saya ke sana kalau tidak salah pada tahun 2011. Waktu itu memang bersama-sama rombongan sengaja memilih liburan ke Karimunjawa, pasalnya popularitas surga lautnya sangat luar biasa, jadi setengah penasaran, kami bulatkan tekad untuk berwisata ke Karimunjawa. Memang, begitu tiba di sana, saya merasakan keindahan yang sungguh luar biasa. Terlebih lagi saat kami memulai kegiatan wisata bahari pada keesokan harinya, wow, pesona bawah lautnya sangat menakjubkan. Gugusan terumbu karang yang berwarna-warni, dihiasi dengan ikan hias laut yang juga membuat panorama bawah laut semakin menakjubkan. Yah, menurut saya keindahan di kawasan wisata Karimunjawa masih lebih unggul dibanding Pulau Seribu, yang juga menjadi destinasi paling digemari oleh warga Jakarta. Pingin rasanya mengulang lagi berlibur bersama teman-teman atau keluarga di Karimunjawa. Tapi apa boleh buat, biaya dari Jakarta tidak sedikit, jadi ya mau tidak mau harus nahan dulu keinginan berlibur ke sana. Salam aja buat teman-teman yang datang ke tempat wisata ini.

    BalasHapus
  6. Keren sekali artikelnya. Saya memang berencana mengadakan perjalanan wisata Karimunjawa. Penarasaran sekali sama keindahan bawah laut di sana. Konon memang Karimunjawa memiliki pesona terumbu karan yang luar biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kegiatan Wisata Karimunjawa sangat sensasional. Benar-benar menyuguhkan liburan yang begitu spektakuler. Jika Anda penasaran dengan keindahan Karimunjawa, silahkan agendakan perjalanan dan ambil Paket Wisata Karimunjawa.

      Hapus
  7. Haallo....mohon diVOTE ya temen-temen,...trima kasih,,,salam WiSATA !!:


    http://writing-contest.bisnis.com/artikel/read/20150825/405/465577/fakta-fakta-unik-wisata-karimunjawa

    BalasHapus
  8. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata Indonesia dengan sejumlah wisata yang menarik.Benar benar sangat bermanfaat jika kita dapat mengetahui tempat wisata yang menarik dan penuh dengan suasana baru pada Indonesia.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata indonesia yang bisa anda kunjungi di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.