Selasa, September 23, 2014

Wisata Gili Trawangan, Lombok

Gili Trawangan merupakan pulau terbesar diantara ketiga pulu Gili yang terletak di sebelah barat Laut Lombok. Pulau Gili Trawangan juga memiliki ketinggian cukup signifikan jika dibanding dua pulau gili lainnya. Pulau gili merupakan deretan pulau-pulau sangat kecil, dimana Gili Trawangan sebagai pulau terbesar hanya memiliki panjang sekitar 3 kilometer dan lebar 2 kilometer. Pulau tersebut dihuni oleh sekitar 800 jiwa, dimana bagian paling padat terdapat pada bagian timur pulau. Dibanding dua pulau gili lainnya, Gili Trawangan juga memiliki fasilitas pariwisata yang lebih lengkap dan beragam.

Gili Trawangan merupakan tempat wisata yang memiliki nuansa pesta lebih kental dibanding dua pulau gili lain, Gili Meno dan Gili Air. Hampir sepanjang malam selalu diadakan acara-acara pesta yang dirotasi di beberapa tempat keramaian.

Wilayah perairannya memiliki panorama laut cukup memukau, sehingga menjadi salah satu tempat dengan potensi wisata bahari yang cukup besar. Beberapa aktivitas wisata yang cukup populer di pulau ini adalah scuba diving, snorkeling, bermain kayak, berselancar, hingga berkuda mengelilingi pulau sambil menikmati suasana yang masih cukup alami.

Salah satu keunikan yang menjadi daya tarik di kawasan Gili Trawangan adalah tidak terdapatnya kendaraan bermotor. Peraturan lokal yang melarang kendaraan bermotor masuk ke daerah ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Di era yang serba modern saat ini, masih ada daerah yang tidak memperbolehkan teknologi transportasi darat ini masuk. Tak mengherankan, jika kawasan ini masih sangat asri, jauh dari polusi kendaraan bermotor, sehingga memberikan suasana nyaman dan segar.

Sarana transportasi darat di kawasan ini masih sangat sederhana, umumnya masyarakat menggunakan sepeda atau cidomo (kereta kuda sederhana). Jika wisatawan ingin berkeliling di pulau ini, dapat menggunakan sepeda yang banyak disewakan oleh warga setempat. Sedangkan sarana transportasi antar pulau Gili biasanya menggunakan kapal bermotor atau speedboat.

Tempat Wisata Gili Trawangan, Lombok

Selain potensi dan daya tarik di atas, pantai di Pulau Gili Trawangan juga memiliki kelebihan dibanding pantai-pantai wisata lain, yaitu pengunjung dapat menikmati sunset dan sunrise tanpa harus berpindah tempat ke pantai lain. Saat pagi hari, wisatawan dapat menikmati pesona sunrise yang sangat indah dengan semburat sinarnya yang memancar ke langit.




Sedangkan sore harinya, wisatawan dapat menikmati keindahan sunset yang sangat agung, dengan kemilau warna emasnya menghiasi langit yang perlahan mulai gelap. Di tempat wisata ini, wisatawan juga dapat menonton pertunjukan bela diri tradisional, presean, yang juga dikenal dengan nama stick fighting. Pertunjukan ini biasanya dapat ditemukan di sekitar pasar seni Gili Trawangan.

Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Gili_Trawangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.