Rabu, September 10, 2014

Tempat Wisata Goa Gajah Bali

Salah satu obyek wisata peninggalan sejarah di Bali adalah Goa Gajah. Goa Gajah merupakan gua yang sengaja dibuat sebagai tempat ibadah. Goa ini masuk dalam daftar tentatif UNESCO sebagai situs warisan budaya, pada tahun 1995. Terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali, hanya berjarak sekitar 27 kilometer dari Denpasar, Ibukota Bali.

Lokasi objek wisata Goa Gajah berada di tepi jurang, yang merupakan pertemuan sungai kecil yang sekarang dikenal dengan nama Sungai Petanu. Menurut kitab lontar Negarakertagama, yang dibuat pada tahun 1365 M oleh Mpu Prapanca, terdapat istilah "Lwa Gajah" yang berarti sungai gajah. Tempat wisata di Bali ini hampir setiap hari selalu ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegera.

Sejarah Goa Gajah

Goa Gajah ditemukan pada tahun 1923, yaitu dengan ditemukannya arca Ganesha, Trilingga serta arca Hariti. Pada tahun 1925, dilakukan penelitian lebih lanjut oleh Dr. WF. Stuterhiem. Tidak diperoleh keterangan bagaimana hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. WF. Stuterhiem. Kemudian pada tahun 1950 penelitian dilanjutkan oleh Dinas Purbakala Ri, dan dilanjutkan dengan penggalian pada tahun 1954-1979.

Dari penggalian ini, ditemukan petirtaan kuno dengan 6 buah patung wanita yang memiliki pancuran air di dada. Penemuan lain tahun tahun 1931 oleh Mr. Conrat Spies, yang cukup penting dalam situs peninggalan sejarah ini, adalah stupa bercabang tiga yang terpahat di dinding batu di komplek "tukad pangkung".

Arkeologi Goa Gajah

Objek wisata Goa Gajah terdiri dari dua bagian utama, yaitu kompleks bagian utara sebagai tempat peribadatan umat Hindu dan kompleks bagian selatan yang disebut sebagai komplek Tukad Pangkung, merupakan tempat peribadatan umat Budha. Di kompleks bagian utara, terdapat Trilingga dan patung Ganesha, yang merupakan bukti warisan ajaran Siwa. Sedang kompleks bagian selatan terdapat stupa Budha dalam sikap Dhyani Buddha Amitabha bersusun 13 stupa dan stupa bercabang 3 yang dipahat di dinding batu besar. Hal ini tentu membuktikan bahwa kompleks Goa Gajah pernah digunakan sebagai tempat peribadatan dua agama, yakni Hindu dan Budha.

Tempat Wisata Goa Gajah Bali

Pada bagian depan kompleks tersebut, terdapat petirtaan dengan enam buah arca Widyawari yang memiliki pancuran, di atas lapik teratai atau padma. Berada di tengah arca Widyawari tersebut, terdapat pula arca Widyawara. Melihat tata letak arca tersebut, dapat disimpulkan menganut konsep Sapta Nadi, yang berarti tujuh sungai suci, terdiri dari Sungai Gangga, Sindhu, Saraswati, Yamuna, Godawari, Serayu dan Narmada.




Wisata Goa Gajah

Saat ini, situs purbakala Goa Gajah selain berfungsi sebagai tempat peribadatan, juga merupakan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Masyarakat biasa menyebutnya sebagai Pura Goa. Di tempat ini, wisatawan dapat mengenal lebih dekat budaya kuno masyarakat Bali. Banyak tersedia penyedia jasa paket wisat ke Goa Gajah, yang biasanya berada dalam satu paket dengan wisata Kintamani-Ubud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.