Minggu, September 14, 2014

Wisata Ke Kampung Budaya Sindangbarang Bogor

Kampung Budaya Sindangbarang merupakan sebuah kawasan yang benar-benar menjaga dan melestarikan budaya dan kesenian tradisional Sunda. Konsistensi penduduk setempat untuk tetap menjaga dan melestarikan budaya tradisional tersebut rupanya menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung.

Kampung Budaya Sindang Barang masuk dalam wilayah Pasir Eurih kecamatan tamansari kabupaten Bogor Jawa Barat, kurang lebih hanya berjarak 5 kilometer dari kota Bogor. Cukup dekat, dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dalam waktu sekitar 10 menit dengan arus lalulintas lancar.

Berdasarkan naskah pada Pantun Bogor dan Babad Pajajaran, Sindangbarang merupakan kampung tertua di wilayah Bogor, yang sudah ada sejak jaman Kerajaan Sunda pada abad ke-12. Konon, kampung tersebut digunakan sebagai tempat untuk menggembleng para prajurit Kerajaan Sunda. Salah satu bukti bahwa Sindangbarang merupakan kampung tertua sejak jaman Pajajaran adalah terdapatnya situs-situs bersejarah, berupa punden berundak-undak peninggalan Kerajaan Pajajaran.

Untuk melestarikan situs-situs purbakala tersebut, Kampung Budaya Sindangbarang bekerja sama dengan FIB UI untuk melakukan penelitian, dokumentasi, dan menyelenggarakan seminar mengenai situs peninggalan kerajaan Pajajaran tersebut. Cerita rakyat mengenai Sindangbarang sendiri telah dicoba untuk dibukukan oleh teman-teman dari FIB UI.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan trade mark Sindangbarang sebagai Kampung Budaya, sehingga minat masyarakat untuk berkunjung ke kampung tersebut semakin besar.

Dari Kampung Sindangbarang inilah salah satu budaya tradisional seperti Upacara Adat Seren Taun berasal. Hingga kini, budaya tradisional tersebut masih tetap dipelihara dan dilestarikan. Upacara tersebut diselenggarakan setahun sekali, sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan, atas melimpahnya rizki yang mereka terima berupa hasil panen atau hasil bumi lainnya.

Selain upacara adat Seren Taun, di wilayah ini juga terdapat delapan jenis kesenian tradisional yang sudah direvitalisasi oleh warga setempat.

Sebagai wujud dari komitmen warga setempat untuk melestarikan seni dan budaya tradisional, maka diselenggarakan pelatihan tari tradisional dan musik gamelan secara gratis. Anak muda yang telah mahir dalam seni tradisional tersebut, akan selalu dilibatkan dalam pertunjukan seni untuk menyambut pengunjung yang datang.

Wisata Ke Kampung Budaya Sindangbarang Bogo

Di Kampung Budaya Sindangbarang juga masih banyak terdapat rumah-rumah adat, yang kini telah direvitalisasi untuk menjaga budaya Sunda, sehingga orang Sunda tidak kehilangan jatidirinya. Para pengunjung benar-benar akan merasakan suasana kehidupan desa jaman dahulu, dengan keramah-tamahan khas orang Sunda. Suasana kehidupan desa tradisional ini benar-benar terlihat, manakala kita menemui ibu-ibu menumbuk padi di saung lisung, dan memasak menggunakan kayu bakar atau Hawu.




Kunjungan Anda ke Kampung Budaya Sindangbarang, tentu saja akan sangat membantu upaya pelestarian budaya nasional, mengingat budaya Sunda adalah bagian dari kekayaan budaya Indonesia. Bisa dibayangkan, jika komitmen tinggi untuk melestarikan budaya seperti di Kampung Budaya Sindangbarang terus dikembangkan ke berbagai daerah, maka bisa dipastikan budaya asli Indonesia akan tumbuh secara perlahan ditengah-tengah arus globalisasi. Lihat informasi Tempat Wisat Di Bogor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.