Jumat, September 12, 2014

Wisata Ke Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor atau sering juga dikenal sebagai Kebun Botani Bogor adalah sebuah kebun botani besar dengan luas mencapai 87 hektaree. Terletak di Kota Bogor dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Di sekitar kawasan Kebun Raya Bogor banyak berdiri bangunan-bangunan yang berfungsi sebagai pusat-pusat edukasi, seperti Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi Bogor, dan PUSTAKA.



Sejarah Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor pada awalnya merupakan hutan buatan yang sudah ada sejak tahun 1474-1513, yaitu pada masa kekuasaan Prabu Siliwangi di Kerajaan Sunda. Hal ini sesuai dengan yang tertulis pada Prasasti Batutulis. Pembuatan hutan ini bertujuan untuk menjaga kelestarian alam, terutama untuk memelihara benih-benih kayu langka.

Konsep Kebun Raya Bogor baru direhabilitasi setelah Gubernur Jenderal Sir Thomas Stamford Raffles mendiami Istana Bogor pada awal 1800-an. Sir Thomas Stamford Raffles memiliki minat besar terhadap bidang botani, yang kemudian meminta bantuan para ahli botani, kemudian membangun halaman Istana Bogor menjadi taman bergaya Inggris klasik. Hal inilah yang menjadi awal perubahan konsep Kebun Raya Bogor.



Pembangunan Kebun Raya Bogor di hutan buatan tersebut bermula ketika Olivia Raffles, istri Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles, meninggal dunia pada tahun 1814, yang dimakamkan di Batavia. Ide pembangunan kebun raya berasal dari Abner, seorang ahli biologi, yang menulis surat kepada Gubernur Jenderal baru, Godert Alexander Gerard Philip van der Capellen, meminta sebidang tanah di sekitar Istara Bogor, untuk dijadikan kebun raya, sebagai monumen pengabadian Olivia Raffles. Selain itu, kebun raya tersebut juga dapat berfungsi sebagai tempat pendidikan, dan koleksi tumbuhan bagi pengembangan kebun-kebun yang lain.

Pada tahun 1817 Kebun Raya Bogor secara resmi didirikan oleh Gubernur Jenderal van der Capellen. Pada awal berdirinya, kebun raya ini diberi nama ’s Lands Plantentuin te Buitenzorg, yang mencakup kawasan hutan buatan jaman Raja Siliwangi (samida) dan area seluas 47 hektare di sekitar Istana Bogor. Di perkirakan, sekitar 900 jenis tanaman ada di ’s Lands Plantentuin te Buitenzorg, dan semenjak itulah Bogor menjadi pusat pengembangan pertanian di Indonesia. Beberapa insitusi yang membidangi ilmu pengetahuan di bidang pertanian dan tanaman kemudian banyak dibangun di daerah Bogor, seperti Bibliotheca Bogoriensis (1842), Herbarium Bogoriense (1844), Kebun Raya Cibodas (1860), Laboratorium Treub (1884), dan Museum dan Laboratorium Zoologi (1894). Pada waktu itu, pengelolaan ’s Lands Plantentuin te Buitenzorg masih dibawah kepengurusan halaman Istana Bogor, baru pada tahun 1868, pengelolaan tersebut secara resmi dipisahkan. Beberapa nama yang sempat diberikan pada Kebun Raya Bogor antara lain, Botanical Garden of Buitenzorg, ’s Lands Plantentuin, Botanical Garden of Indonesia, dan Syokubutzuer.

Wisata Ke Kebun Raya Bogor

Kelembagaan Internal Di Kebun Raya Bogor

Dalam perkembangannya, Kebun Raya Bogor menjadi pusat penelitian ilmiah untuk berbagai jenis tanaman. Hal ini menuntut perlunya pengembangan kelembagaan internal di kebun raya tersebut. Beberapa kelembagaan yang termasuk dalam otoritas Kebun Raya Bogor antara lain Herbarium, Museum, Laboratorium Botani, Laboratorium Kimia, Laboratorium Farmasi, dan Kebun Percobaan.






Tumbuhan Terpopuler Di Kebun Raya Bogor

Salah satu daya tarik yang membuat wisatawan banyak berkunjung ke Kebun Raya Bogor adalah koleksi tumbuhan langka. Salah satunya adalah bunga bangkai, yang memiliki nama ilmiah Amorphophalus titanum. Tumbuhan ini sangat unik, pada saat menjelang mekar, akan mengeluarkan bau menyengat seperti bangkai, dan ukuran bunga yang cukup besar, hingga mencapai 2 meter. Termasuk salah satu bunga terbesar di dunia tumbuhan. Selain bunga bangkai (Amorphophalus titanum), di Kebun Raya Bogor juga terdapat pohon kelapa sawit tertua di Asia Tenggara. Pohon tersebut hingga kini masih hidup dan banyak mendapat perhatian dari para wisatawan. Lihat informasi Tempat Wisat Di Bogor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.