Selasa, September 30, 2014

Museum Bahari Jakarta

Museum Bahari adalah tempat menyimpan koleksi yang berhubungan dengan kebaharian, termasuk berbagai aktivitas pelayaran bangsa Indonesia. Museum ini berada di bawah pengawasan Dinas Kebudayaan Permuseuman Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Berada di kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa, tepatnya di Jalan Pasar Ikan No. 1 Penjaringan, ditepi muara Ci Liwung Jakarta Utara. Museum Bahari merupakan wahana yang tepat untuk kegiatan wisata edukasi.

Sejarah Museum Bahari

Bangunan museum dibangun secara bertahap, dari tahun 1652-1771, terdiri dari dua sisi. Sisi sebelah barat dikenal dengan sebutan Westzijdsche Pakhuizen atau Gudang Barat, sedangkan sisi timur dinamakan Oostzijdsche Pakhuizen atau Gudang Timur. Pada awalnya bangunan ini digunakan oleh Kongsi Dagang Belanda (VOC) sebagai tempat penyimpanan, sortasi, dan pengepakan rempah-rempah dan komoditi yang ramai di Eropa. Beberapa komoditi yang pernah disimpan di gudang ini antara lain kopi, teh, tembaga, timah, dan tekstil. Westzijdsche Pakhuizen atau Gudang Barat terdiri dari empat unit bangunan, tiga diantaranya yang saat ini digunakan sebagai Museum Bahari.

Pada saat Jepang menguasai Asia Timur dan menduduki Indonesia, bangunan peninggalan kolonial Belanda ini digunakan sebagai tempat untuk menyimpan logistik perang. Setelah Indonesia mencapai kemerdekaan, bangunan tersebut dimanfaatkan sebagai gudang oleh PLN dan PTT. Pada tahun 1976 Westzijdsch Pakhueizen diserahkan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya. Setelah selesai dilakukan pemugaran, pada tanggal 7 Juli 1977 bangunan Westzijdsch Pakhueizen secara resmi ditetapkan sebagai Museum Bahari.

Koleksi

Terdapat koleksi berbagai jenis benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan kebaharian, seperti perahu tradisional, kapal jaman VOC, model dan miniatur kapal modern, dan berbagai peralatan penunjang kegiatan pelayaran, seperti alat navigasi kuno, jangkar, teropong kuno, meriam, dan mercusuar.

Di museum tersebut juga terdapat koleksi berbagai jenis biota laut, serta data-data tentang berbagi jenis ikan beserta sebarannya di perairan Indonesia. Selain itu, juga tersimpan matra TNI AL, dan koleksi kartografi, maket pulau Onrust, tokoh-tokoh maritim Nusantara serta perjalanan kapal KPM Batavia – Amsterdam.

Museum Bahari Jakarta

Layanan Masyarakat

Museum Bahari tidak hanya menampilakan berbagai koleksi dan informasi tentang kelautan, tetapi juga menyediakan berbagai layanan kepada masyarakat umum. Berikut ini beberapa jenis layanan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.





Acara perkawinan

Bagi Anda yang ingin menyelenggarakan acara pernikahan di lokasi yang unik, cobalah untuk memilih Museum Bahari. Terdapat auditorium yang mampu menampung hingga 200 orang. Sudah barang tentu acara pernikahan akan semakin berkesan, dengan latar belakang bangunan kuno yang merupakan salah satu warisan budaya.

Bagaimana dengan foto prewedding? Setting bangunan yang cuku unik, langka, dan terkesan kuno ini bisa dijadikan tema yang sangat menarik dalam dokumentasi prewedding. Sangat cocok untuk pengambilan foto-foto romantik maupun artistik. Apalagi jika pengambilan foto tersebut didukung dengan seorang photographer yang berpengalaman dengan skill tinggi.

Ruang rapat/pertemuan bisnis

Ingin mengadakan rapat di lokasi yang unik, nyaman, dan spesial? Museum Bahari menyediakan layanan tersebut untuk kepentingan bisnis maupun kantor. Berbagai keistimewaan bisa Anda dapatkan dengan memilih lokasi rapat di museum ini, seperti setting ruangan sendiri, atau menu makan siang dengan ciri khas kebaharian.

Pengambilan film profesional di museum

Museum Bahari juga menyediakan layanan pengambilan film profesional dengan latar belakang kawasan cagar budaya museum, baik untuk keperluan iklan atau promo, film sinetron, maupun dokumenter. Hanya dengan mengajukan permohonan tertulis ke pihak pengelola museum, dan tunggu waktu untuk pembahasan kelayakan administrasi dan teknis.

Referensi :

http://www.museumbahari.org

http://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Bahari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.