Senin, September 15, 2014

Museum Konferensi Asia Afrika, Bandung

Museum Konferensi Asia Afrika merupakan museum untuk mengenang peristiwa penting dalam sejarah, yaitu Konferensi Asia Afrika (KAA), yang diselenggarakan pada tahun 1955. Museum KAA terletak di Jl.Asia Afrika No.65, Bandung, Jawa Barat. Pembangunan Museum KAA memiliki hubungan yang erat dengan Gedung Merdeka, sebagai tempat diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika.

Pembangunan museum ini dilatarbelakangi oleh keinginan para pemimpin bangsa-bangsa di Asia dan Afrika untuk mengunjungi Gedung Merdeka dan Kota Bandung sebagai tempat berlangsungnya Konferensi Asia Afrika. Dengan kata lain peristiwa KAA merupakan suatu peristiwa bersejarah yang memegang peran penting dalam kemerdekaan bangsa-bangsa terjajah, terutama di Asia dan Afrika.

Sejarah Museum Konferensi Asia Afrika

Peristiwa Konferensi Asia Afrika pada tanggal 18-24 April 1955 bisa dibilang merupakan tonggal sejarah yang sangat penting bagi bangsa-bangsa di Asia Afrika. Dalam konferensi tersebut, melahirkan pedoman perjuangan bagi bangsa-bangsa terjajah yang dituangkan dalam Dasa Sila Bandung.

Tidak bisa dipungkiri, Konferensi Asia Afrika merupakan momentum yang sangat penting dalam menentukan corak dan arah sejarah dunia. Jiwa dan semangat dalam Konferensi Asia Afrika inilah yang menjadi salah satu faktor negara-negara di Asia dan Afrika semakin disegani.

Untuk membina dan melestarikan nilai-nilai tersebut, serta untuk mengenang peristiwa bersejarah bagi bangsa-bangsa di Asia Afrika, maka menjadi sesuatu yang penting jika peristiwa Konferensi Asia Afrika beserta pengaruh yang mengitarinya, diabadikan dalam sebuah museum yang kini dikenal dengan nama Museum Konferensi Asia Afrika.

Wisata Ke Museum Konferensi Asia Afrika, Bandung

Gagasan pembangunan Museum Konferensi Asia Afrika dicetuskan pada forum rapat Panitia Peringatan 25 tahun Konferensi Asia Afrika (1980), oleh Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja, S.H., LL.M. yang pada waktu itu menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Republik Indonesia. Gagasan tersebut ternyata mendapat sambutan baik dari berbagai pihak. Dan pada tanggal 24 April 1980, Museum Konferensi Asia Afrika diresmikan oleh Presiden Suharto.

Baca artikel lain tentang Tempat Wisata Di Bandung






Untuk mengetahui lebih banyak tentang latar belakang, gagasan, peresmian, dan tujuan dibangunnya Museum Konferensi Asia Afrika, Bandung, silahkan kunjungi website resminya di http://asianafricanmuseum.org/museum-kaa/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.