Sabtu, September 27, 2014

Museum Satria Mandala Jakarta

Museum Satria Mandala adalah salah satu museum sejarah yang menyimpan berbagai koleksi benda-benda yang berkaitan dengan perjuangan Tentara Nasional Indonesia. Museum tersebut berada di Jalan Gatot Subroto no.14 Jakarta 12710. Diresmikan oleh Presiden Kedua Republi Indonesia, Soeharto, pada tahun 1972. Gedung museum merupakan bekas rumah Ratna Sari Dewi Soekarno, mantan istri Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno, yang dulu dikenal dengan nama Wisma Yaso.

Pendirian Museum Satria Mandala bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap perjuangan-perjuangan yang telah dilakukan dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Pada tahap selanjutnya, diharapkan akan menumbuh kembangkan keteladanan semangan juang para pahlawan kepada generasi mendatang.

Koleksi Di Museum Satria Mandala

Berbagai koleksi benda-benda peralatan perang dapat dijumpai di museum ini, seperti ranjau, rudal, torpedo, tank, meriam, aneka senjata berat dan ringan, helikopter, dan pesawat terbang. Salah satu pesawat terbang yang pernah diterbangkan oleh Marsekal Udara Agustinus Adi Sucipto juga disimpan di Museum Satria Mandala, yaitu pesawat Cureng.

Berbagai atribut ketentaraan yang pernah digunakan oleh TNI juga dapat ditemukan, termasuk panji-panji dan lambang-lambang di lingkungan TNI. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat melihat tandu yang pernah digunakan oleh Jendera Soedirman saat memimpin perang gerilya.

Museum Satria Mandala

Selain koleksi benda-benda tersebut, juga terdapat dokumen peta operasi yang pernah dilakukan oleh TNI, dan benda-benda relik lain. Museum Satria Mandala juga menampilkan 74 diorama saat TNI mempertahankan kedaulatan Republik Indonesia. Salah satu diorama tersebut adalah Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Hotel Yamato.




Dalam kompleks Museum Satria Mandala terdapat juga satu museum lagi, yaitu Museum Waspada Purbawisesa, yang menyajikan diorama TNI bersama rakyat saat menumpat DI/TII, baik di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Aceh, Kalimantan Selatan, maupun Sulawesi Selatan. Beberapa fasilitas penunjang di Museum Satria Mandala antara lain Kios Cinderamata, Gedung Serbaguna, dan Taman Bacaan Anak.

Referensi :

http://www.museumindonesia.com/museum/47/1/Museum_Satriamandala_Jakarta_

http://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Satria_Mandala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.