Minggu, September 28, 2014

Seaworld Ancol (Seaworld Indonesia)

Seaworld Ancol (Seaworld Indonesia) adalah miniatur pesona laut yang terletak di kawasan objek wisata terpadu Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Selain berfungsi sebagai tempat rekreasi, objek wisata ini juga menjadi salah satu sarana edukasi yang sangat tepat bagi kita yang ingin mengetahui lebih banyak tentang biota-biota laut. Selain itu, seaworld juga berfungsi sebagai area konservasi, baik terhadap biota laut maupun air tawar. Tempat wisata yang cukup populer di kawasan Taman Impian Jaya Ancol ini memang sengaja dikembangkan untuk memperkenalkan kehidupan biota laut dan air tawar.

Dibangun pada tanggal 1992 di area seluas 3 hektare dengan luas bangunan utama kurang lebih 4.500 meter persegi. Pembangunan tersebut secara resmi dikukuhkan dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur DKI Jakarta kala itu, Wiyogo Atmodarminto. Tidak membutuhkan waktu lama, pada tanggal 3 Juni 1994 Seaworld Indonesia secara resmi dibuka untuk umum. Beberapa fasilitas rekreasi di Seaworld Indonesia antara lain akuarium dengan berbagai bentuk dan ukuran, lorong Antasena (lorong bawah air), perpustakaan, museum, terapi ikan dokter, glow theatre, komputer edukatif layar sentuh berisi informasi berbagai spesies di Seaworld dan bermacam fasilitas pelengkap untuk pengunjung seperti tempat makan, toko suvenir, dan ruang serba guna.

Tata Ruang Bangunan Seaworld Indonesia

Terdapat akuarium utama yang sagat besar, berukuran kurang lebih panjang 38 meter dan lebar 24 meter, dengan kedalaman yang bervariasi, yaitu antara 4,5-6 meter dengan kapasitas 5 juta liter air. Akuarium utama ini merupakan akuarium air laut terbesar di Asia Tenggara, yang berisi sebanyak 35.500 ekor ikan dari 35 spesies berbeda.

Selain akuarium utama juga terdapat akuarium air tawar, yang berisi berbagai macam koleksi satwa air tawar dari berbagai negara. Pengunjung dapat menyaksikan ikan-ikan ganas Piranha, dan Arapaima gigas yang didatangkan dari sungai Amazon. Akuarium air tawar ini memiliki tema berbeda yang digolongkan berdasarkan isi akuarium tersebut, yaitu Aquarium Rain Forest (Aquarest), Aquarapaima, Aqua Car, Ex-Quarium dan Aquarium Piranha.

Terdapat juga lorong bawah air yang diberi nama Lorong Antasena, merupakan lorong sepanjang 80 meter untuk menikmati pesona dan pemandangan di bawah laut. Lorong ini dibangun dengan kubah tembus pandang yang memungkinkan pengunjung melihat pemandangan dari bawah air. Selain itu, juga dilengkapi dengan pijakan berjalan otomatis, sehingga membuat suasana semakin mengesankan, tidak perlu khawatir tersandung saat melihat ke atas.

Bagian lain yang juga cukup menarik untuk dilihat adala akuarium dugong, yaitu akuarium untuk memelihara mamalia laut, seperti ikan duyung (Dugong dugon). Ada lagi akuarium khusus untuk mamalia semi akuatik, seperti Aonyx cinerea, yang dikenal dengan Otter’s Track.

Seaworld Ancol (Seaworld Indonesia)

Nimati juga pesona keindahan laut dengan ekosistem terumbu karang yang dapat dilihat di akuarium khusus ekosistem terumbu karang. Anda akan menemukan berbagai macam biota penghuni terumbu karang yang sangat indah, seperti koral, sponge, dan lain-lain. Tidak perlu menggunakan perlengkapan scuba diving, pengunjung tinggal menimati pesona ekosistem terumbu karang dari balik akuarium. Beberapa akuarium lain juga tak kalah menakjubkan, berisi berbagai biota laut unik dan langka, seperti Gurita Pasifik Raksasa, Kepiting Laba-Laba, Ikan Nanas dan Nautilus yang hidup di suhu sangat dingin.





Program Program Seaworld Indonesia

Program magang

Program magang merupakan program khusus yang ditawarkan oleh Seaworld Indonesia, terutama kepada siswa-siswa sekolah untuk mengerjakan berbagai tugas sekolah yang berkaitan dengan biota laut, riset, dan praktik kerja dibeberapa area, seperti marketing, customer service, dan arsitektur.

Program Pendidikan

Program Pendidikan di Seaworld Indonesia

Sebuah program yang dirancang dan dikembangkan terutama untuk mendukung mata pelajaran biologi, khususnya tentang biota laut dan air tawar. Pertama kali diluncurkan pada tahun 1994, dan untuk membantu pemahaman masalah biologi biota laut dan air tawar pada sekolah-sekolah di Indonesia. Program ini meliputi:
  • Pengamatan ekosistem air pada ex situ
  • Lembar Kerja Siswa
  • Presentasi
  • Panduan mengenai biota Seaworld Indonesia
  • Permainan interaktif

Program Jangkauan Keluar (Outreach)

Seaworld Indonesia mencoba menjangkau sekolah-sekolah di Indonesia dengan tujuan memunculkan rasa ingin tahu siswa terhadap biota laut, yang diharapkan dapat menanamkan rasa cinta terhadap biota dan ekosistem laut tersebut.

Program Pelestarian

Program pelestarian merupakan salah satu program Seaworld Indonesia sebagai lembaga konservasi biota laut dan air tawar. Program ini dilaksanakan untuk melindungi dan melestariakan terutama terhadap biota laut dan air tawar langka. Salah satu program pelestarian yang sudah cukup berhasil diterapkan adalah pelestarian penyu.

Program Khusus : Klub Si Woli

Sebuah program khusus, dimana Seaworld Indonesia mengembangkan sebua klub yang bernama Si Woli yang berisi anak-anak berusia 5-17 tahun. Para anggota klub membayar iuran tahunan dalam jumlah yang sudah ditetapkan. Klub ini menyelenggarakan berbagai aktivitas di area Seaworld, bahkan menyelenggarakan berbagai aktivitas di luar, seperti menjelajahi laut atau berpetualang di hutan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membimbing anak-anak agar dapat menemukan hal-hal baru dan tetap mencintai alam.


Referensi :

http://www.seaworldindonesia.com/

http://id.wikipedia.org/wiki/Seaworld_Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.