Senin, September 15, 2014

Taman Ganesha, Tempat Wisata Di Kota Bandung

Taman Ganesha merupakan salah satu tempat wisata di Kota Bandung, terletak di Jl. Ganesha, berhadapan dengan kampus ITB, Bandung. Tempat wisata ini dahulu dikenal dengan nama Ijzermanpark, yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1919, di atas area seluas kurang lebih 9.607 m2. Saat ini Taman Ganesha berfungsi sebagai paru-paru kota sekaligus sebagai tempat rekreasi warga Bandung.

Selain berfungsi sebagai tempat rekreasi dalam kota, Taman Ganesha juga menjadi taman konservasi untuk menjaga kelestarian burung-burung langka yang hampir punah. Memang, di tempat ini Anda bisa menjumpai aneka ragam jenis burung yang sangat menarik. Tempatnya yang dipenuhi pepohonan rindang, menjadikan suasana nyaman dan segar, laksana berada jauh dari kebisingan kota.

Hembusan angin yang bertiup di sela-sela pepohonan terasa sejuk saat membelai tubuh. Cocok dijadikan sebagai tempat bersantai bersama teman, keluarga, bahkan pasangan Anda. Banyak juga orang yang datang ke area Taman Ganesha untuk bersantai sambil membaca buku atau sekedar mengobrol bersama teman.

Sebagai ruang publik, maka tidak dipungut biaya untuk memasuki area Taman Ganesha, sehingga menjadi salah satu pilihan tempat wisata yang murah meriah, namun memberikan kesegaran yang nyata. Terdapat enam pintu masuk untuk memasuki kawasan taman, yaitu masing-masing dua pintu di bagian utara dan selatan, dan masing-masing satu pintu di bagian timur dan barat.

Kondisi lahannya yang berkontur, memberikan kesan indah dan tidak monoton, sehingga tidak membosankan warga yang berkunjung. Namun sayang, pengelolaan taman rekreasi ini terkesan kurang optimal, sehingga membuat area di sekitar Taman Ganesha tampak kurang terawat.

Sejarah Taman Ganesha Bandung

Taman Ganesha dibangun pada tahun 1919, dan pada awal berdirinya bernama Ijzermanpark. Pemberian nama Ijzermanpark diambil dari nama seorang warga Belanda yang berjasa besar dalam pendirian Technische Hogeshool, sekaran ITB, yakni Dr.Ir. J. W. Ijzerman. Hingga tahun 1950-an, di pintu masuk sebelah utara taman, terdapat patung dada Dr.Ir. J. W. Ijzerman.

Taman Ganesha, Tempat Wisata Di Kota Bandung

Patung tersebut berdiri megah di atas landasan tiang beton. Namun, pada tahun 1960-an, patung tersebut kemudian diganti dengan patung Ganesha yang terbuat dari baja tahan karat.




Tidak diketahui, dimana patung dada Dr.Ir. J. W. Ijzerman saat ini berada. Saat ini, penanggungjawab pengelolaan Taman Ganesha berada dibawah Dinas Pertamanan Kota Bandung.

Baca artikel lain tentang Tempat Wisata Di Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.