Rabu, September 24, 2014

Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol merupakan tempat wisata terpadu dengan konsep Life Recreation di kawasan Jakarta utara. Berbagai wahana tersedia di tempat wisata ini, baik yang bernuansa hiburan, petualangan, kuliner, hingga pengetahuan. Tak hanya itu, Taman Impian Jaya Ancol juga sering menyelenggarakan even-even menarik dan berkualitas, Lomba Video Wahana Ice Age, Lomba Foto Ulang Tahun Dufan, Eco Festival Flora dan Fauna 2014, Kompetisi Robotic Dufan, dan Festival Buah Nusantara.






Sejarah Pengembangan Taman Impian Jaya Ancol

Didirikan pada tahun 1966, oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai kawasan wisata terpadu. Sebagai badan pelaksan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membentuk Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek. Pembangunan dilakukan secara bertahap, disesuaikan dengan kondisi sosial ekonomi dan daya beli masyarakat. Tahun 1992, status badan usaha BPP Proyek Ancol diubah menjadi PT. Pembangunan Jaya Ancol, dengan prosentase kepemilikan saham 80% Pemda DKI Jakarta dan 20% PT. Pembangunan Jaya. Pada tanggal 2 Juli 2004, PT. Pembangunan Jaya Ancol mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia, sehingga statusnya berubah menjadi perusahaan publik, dengan nama PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk., dengan kepemilikan saham 72% Pemda DKI Jakarta, 18% PT. Pembangunan Jaya, dan 10% masyarakat. Pada tanggal 10 Juli 2005, PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk. melakukan repositioning untuk memacu semangat kerja para karyawan, menanamkan budaya perusahaan, dan memperkenalkan logo baru.






Objek wisata di kawasan Taman Impian Jaya Ancol

Sebagai kawasan wisata terpadu, Taman Impian Jaya Ancol menawarkan berbagai macam destinasi wisata yang sangat menarik. Baik yang bernuansa pendidikan, olahraga dan petualangan, kuliner, hiburan, hingga akomodasi yang sangat menyenangkan. Berikut ini beberapa tempat wisata di Taman Impian Jaya Ancol yang wajib dikunjungi.

Dunia Fantasi (Dufan)

Objek wisata ini merupakan salah satu destinasi yang sangat populer di Ancol. Dibuka untuk umum 29 Agustus 1986, yang dilengkapi dengan berbagai wahana hiburan menarik berteknologi tinggi, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Melaui wahana permainan ini, pengunjung diharapkan dapat berfantasi seolah-olah mengelilingi dunia. Themepark pertama di Taman Impian Jaya Ancol ini merupakan yang terbesar di Indonesia, dan berserifikat ISO 9001:2008 sejak 2009.

Taman Impian Jaya Ancol

Wahana Permainan Di Taman Impian Jaya Ancol


Beberapa wahana di Dufan antara lain Ice Age Arctic Adventure, Treasureland Temple of Fire, Halilintar, Tornado, Niagara-Gara, Istana Boneka, Hysteria, Arung Jeram, Burung Tempur, Happy Feet, Baku Toki, Gajah Beledug, Kora-Kora, Turangga Rangga, Bianglala, Perang Bintang, Ubanga Banga, Kalila Adventure, Rumah Miring, Poci-Poci, Kicir-Kicir, Alap-Alap, Pontang-Pontang, Ontang-Anting, Ombang-Ombang, dan Rajawali.






Atlantis Water Adventure

Atlantis Water Adventure (AWA) adalah theme park kedua yang merupakan revitalisasi dari Gelanggang Renang Ancol. Di tempat Taman Rekreasi Air ini, pengunjung dapat bermain dan menikmati petualangan air yang luar biasa. Dilenkapi dengan beberapa wahana bermain yang cukup populer, yaitu Water Outbound, Rainbow Splash/Kolam Bola, CRAZY 'The Higest & Longest Slide', Kolam Tanding, Kolam Kiddy II, dan Kolam Kiddy I.

Ocean Dream Samudra (Gelanggang Samudera Ancol)

Ocean Dream Samudra adalah objek wisata yang juga dikenal dengan nama Gelanggang Samudera Ancol. Merupakan theme park ketiga yang dikembangkan untuk melengkapi wahana wisata pendidikan di area Taman Impian Jaya Ancol. Selain sebagai tempat wisata, Ocean Dream Samudra juga menjadi pusat studi konservasi ex-situ lumba-lumba. Oceanarium terbesar ini akan memberikan pengalaman kepada para pengunjung untuk mengenal aneka satwa, termasuk satwa laut, seperti lumba-luma, paus putih, dan anjing laut. Di wahana ini, juga terdapat pertunjukan 4 dimensi, yang dapat memberikan sensasi luar biasa, seolah-olah pengunjung berada pada suasana sesungguhnya. Beberapa wahana di Ocean Dream Samudra antara lain Cinema 4D, Taman Surga Burung, Ubur-Ubur, Scorpion Pirates, Boto-Boto, Singa Laut, Lumba-lumba, dan Aneka Satwa.

Pasar Seni Ancol

Pasar Seni dikembangkan sebagai wujud kepedulian Taman Impian Jaya Ancol terhadap para seniman berbakat. Tempat ini merupakan pusat pusat kesenian dan kerajinan hasil karya para seniman berbakat, sehingga bisa memberikan inspirasi dan wawasan kepada para penikmat seni. Wisatawan dapat mengunjungi beberapa tempat utama, yaitu Galeri Pameran (North Art Space/NAS), Toko Cinderamata, Plaza dan Panggung Pertunjukkan Seni.

Ocean Ecopark

Ocean Ecopark merupakan area bernuansa alam yang menawarkan kegembiraan, hiburan dan petualangan seru, yang juga memberikan nilai-nilai edukasi kepada para pengunjung. Beberapa wahana di Ocean Ecopark antara lain Outbondholic, Eco-Market, Learning Farm, Fantastique, Eco-Cruise, Eco-Bike, Rumah Energy, Rumah Lebah, Kano, dan Paintball.

Seaworld Indonesia

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki potensi yang cukup besar dalam dunia kelautan. Boleh dikatakan laut merupakan salah satu urat nadi kehidupan masyarakat Indonesia. Seaworld merupakan objek wisata yang dikembangkan untuk memperkenalkan kehidupan biota laut dan juga perairan tawar. Selain berfungsi sebagai tempat rekreasi, Seaworld juga memberikan nilai-nilai pendidikan dan berfungsi sebagai konservasi, terutama terhadap biota air.

Taman Pantai Ancol

Taman Pantai merupakan destinasi wisata pantai di kawasan Ancol, sepanjang 500 meter dan menjadi tempat yang cocok untuk kegiatan memancing maupun berbagai aktivitas olahraga. Dipantai ini terdapat beberapa restoran dan cafe-cafe, memanjankan pengunjung dengan hidangan-hindangan khas laut. Pengunjung dapat menikmati kuliner sambil menyaksikan pemandanan dan suasana indah di sekitar pantai.

Ancol Beach CIty

Ancol Beach City adalah mall yang cukup unik dan berbeda dengan mall-mall lain di Jakarta terutama dengan konsep Everyday Outdoor Entertainment. Dibangun di area seluas 7000 meter persegi, Ancol Beach City menyediakan berbagai fasilitas permainan pantai, yang dapat dinikmati secara gratis oleh para pengunjungnya. Pengunjung juga dapat bernyanyi sepuasnya dalam acara FREE Karaoke on the Beach.

Epicable Park

Epic Cable Park adalah tempat olahraga air Wakeboarding berskala internasional dengan penggunaan kabel (cable-wakeboard). Saat ini Epicable Park merupakan satu-satunya fasilitas olahraga Wakeboarding di Jakarta. Dengan didukung fasilitas olahraga air terbaik di dunia, EPIC Cable dapat memberikan sensasi luar biasa bagi setiap orang yang mencobanya.

Gondola

Gondola (sky lift) merupakan kereta gantung yang menghubungkan beberapa tempat wisata di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Kereta gantung ini terbentang sepanjang 2,4 kilometer, dari area Pantai Festival hingga Atlantis Water Adventure. Gondola merupakan fasilitas transportasi antar objek wisata dengan tiga stasiun pemberhentian, sekaligus merupakan wahana rekreasi untuk menikmati pemandangan sekitar Ancol dari ketinggian 21 meter di atas permukaan laut. Gondola dikembangkan dengan melibatkan perusahaan mitra, yaitu PT. Karsa Surya Indonesia, dan saat ini mengoperasikan sebanyak 37 unit.

Putri Duyung Ancol

Putri Duyung Ancol adalah cottage yang menawarkan tempat peristirahatan nyaman, segar, dan eksotis. Penginapan kawasan wisata terpadu Taman Impian Jaya Ancol ini merupakan resor yang menghadap ke pantai, dan dikelilingi panorama kebun tropis seluas tujuh hektare. Terdapat kurang lebih 133 cottages dengan kelas dan fasilitas masing-masing. Dilengkapi dengan berberapa sarana penunjang yang memadai, seperti Nyiur Resto and Cafe, kolam renang, play ground, hingga kapal layar.

Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Impian_Jaya_Ancol

https://www.ancol.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.