Selasa, September 16, 2014

Wisata Lombok

Jelajah Tempat Wisata Lombok - Lombok adalah sebuah pulau yang memiliki potensi wisata cukup tinggi. Seperti halnya Pulau Bali, Pulau Lombok juga merupakan salah satu daerah dengan tingkat pendapatan cukup besar dari sektor pariwisata, karena daerah ini hampir setiap harinya selalu kebanjiran wisatawan. Terletak di sebelah timur Pulau Bali dengan potensi wisata tak kalah bagus, menjadikan daerah ini menjadi tempat tujuan wisata alternatif bagi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.






Potensi Wisata Lombok

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan salah satu ikon wisata Lombok, sangat terkenal dan memiliki popularitas cukup tinggi, baik di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi kedua di Indonesia, dengan ketinggian mencapat 3.700 meter di atas permukaan laut. Salah satu daya tarik Gunung Rinjani bagi wisatawan adalah nilai spiritualnya, dimana gunung tersebut diyakini sebagai tempat tinggal para dewa. Selain itu, Gunung Rinjani juga memiliki panorama alam sangat menakjubkan, bahkan dianggap memiliki pemandangan terindah di Asia. Untuk melakukan pendakian ke puncak Gunung Rinjani, dibutuhkan waktu hingga beberapa hari. Oleh karena itu, jika berniat untuk berwisata di tempat wisata ini sebaiknya melakukan persiapan matang.

Taman Narmada

Taman Narmada merupakan taman bersejarah, dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Mataram, Lombok, di atas area seluas 2 hektare. Termasuk dalam wilayah Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, berjarak kurang lebih 10 kilometer dari Mataram. Taman Narmada dibangun untuk keperluan upacara-upacara adat dan sebagai tempat peristirahatan. Namun, seiring dengan berkembangnya jaman, taman bersejarah ini beralih fungsi menjadi tempat wisata. Selain muatan historisnya yang memberi kesan sebagai taman tua, daya tarik lain bagi wisatawan adalah desain taman yang cukup unik. Ya, Taman Narmada dibuat dengan desain yang merupakan replika dari Gunung Rinjani. Bahkan di area taman ini juga terdapat sumber mata air, berasal dari Gunung Rinjani, dimana mata air tersebut oleh masyarakat setempat diyakini memiliki kekuatan ampuh bagi siapa saja yang mbasuh muka bisa awet muda. Daya tarik spiritual ini juga turut memicu rasa penasaran wisatawan, sehingga mendorong minat untuk berkunjung.






Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong, merupakan salah satu pura di Lombok, berlokasi di kawasan Pantai Senggigi. Pura ini terletak di atas batu karang hitam, menyerupai tebing terjal dan menjorok ke laut, dimana pada bagian tengah batu karang yang menjorok kelaut ini berlubang cukup besar, sehingga tampak seperti bangunan jembatan jika dilihat dari samping. Karena itulah, pura ini kemudian diberi nama Pura Batu Bolong. Untuk memasuki Pura tersebut, wisatawan harus mengenakan kain berwarna kuning di bagian pinggang. Tapi tak perlu khawatir jika Anda tidak membawa kain berwarna kunig, karena pihak pengelola telah menyediakan kain tersebut untuk para wisatawan. Dengan latar belakang Gunung Agung, Bali dan Selat Lombok, menjadikan pemandangan di sekitar Pura Batu Bolong tampak eksotis, sehingga tak khayal lagi jika tempat wisata ini menjadi incaran para turis. Apalagi jika Anda berkunjung saat sore hari, sudah tentu akan melihat pesona pemandangan lautan dengan latar belakang matahari terbenam, sunggu merupakan keagungan alam nan indah.

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Pulau Lombok. Pantai ini berada di sebelah barat Pulau Lombok, memiliki suasana pantai sangat mirip dengan pantai Kuta Bali. Keadaan ombak relatif tenang, membuat pantai senggigi sangat cocok bagi wisatawan yang menggemari olahraga renang dan aktivitas snorkeling. Dengan garis pantai cukup panjang, pantai Senggigi Lombok akan menyuguhkan panorama sangat mengagumkan, memanjakan mata Anda untuk menikmati keindahan pasir putihnya serta jernihnya air laut. Sebagaimana pantai-pantai di Bali yang ramai dikunjungi oleh wisatawan, Pantai Senggigi juga dilengkapi berbagai fasilitas pendukung pariwisata, seperti restoran, hotel atau penginapan-penginapan murah, bar, dan tempat-tempat hiburan lain.

Jelajah Tempat Wisata Lombok

Pantai Sire

Pantai Sire merupakan objek wisata pantai di Lombok, tepatnya berada di Lombok Utara. Popularitas tempat wisata ini tidak diragukan lagi, sehingga banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru. Pantai Sire menjadi tempat sangat ideal untuk berlibur bersama keluarga. Salah satu kelebihan pantai ini adalah pesona pemandangan lautnya. Jika cuaca cerah, Anda akan melihat sebuah panorama indah Pantai Sire, berlatarbelakang Gunung Rinjani. Keadaan ombaknya cukup tenang, sehingga aman untuk aktivitas renang pantai, kano, maupun snorkeling. Banyak tersedia jasa penyewaan alat untuk aktivitas di Pantai Sire, sehingga tidak perlu khawatir jika Anda lupa tidak mempersiapkan terlebih dahulu.

Pantai Kuta Lombok

Bukan hanya Bali saja yang memiliki objek wisata Pantai Kuta, ternyata di Lombok juga terdapat objek wisata Pantai Kuta. Tempat wisata pantai ini terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, berada di bagian selatan Pulau Lombok. Pantai Kuta Lombok memiliki potensi wisata laut luar biasa. Dengan garis pantai bergelombang, serta jajaran terumbu karang yang sehat, sehingga Pantai Kuta Lombok menyuguhkan pesona pemandangan laut sangat romantis. Bisa dibilang pantai ini merupakan salah satu tempat wisata pantai terindah di Pulau Lombok. Berjarak kurang lebih 72 kilometer dari Kota Mataram, dan dapat ditempuh dengan berkendara dalam waktu sekitar 90 menit.






Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah salah satu pulau dari ketiga pulau di Gili, dan merupakan pulau terbesar sekaligus paling ramai dikunjungi wisatawan diantara tiga pulau Gili tersebut. Pulau ini terletak di sebelah barat laut Lombok. Gili Trawangan memiliki potensi wisata yang sangat besar, apalagi di wilayah ini terdapat beragam aktivitas wisata yang cukup terkenal, seperti scuba diving, snorkeling, bermain kayak, berselancar, bahkan ada juga yang memilih beraktivitas mengelilingi pulau dengan menunggang kuda. Tempat ini menjadi cukup populer setelah sekelompok backpacker menemukan keindahan pulau ini pada tahun 1980-an. Satu hal yang unik di pulau ini adalah tidak adanya kendaraan bermotor, karena adanya aturan lokal, sehingga wisatawan harus cidomo, yaitu kereta kuda sederhana yang biasa dijumpai di daerah Lombok, atau menggunakan sepeda yang banyak disewakan jika ingin mengelilingi pulau. Salah satu kelebihan dari pulau Gili Trawangan adalah wisatawan dapat menikmati pemandangan sunset dan sunrise di satu tempat, sehingga tempat wisata ini selalu dipenuhi wisatawan sepanjang hari.

Pantai Pink atau Pantai Tangsi

Pantai Pink merupakan sebuah julukan dari sebuah pantai di kawasan Lombok Timur. Pantai tersebut memiliki nama resmi Pantai Tangsi. Memiliki keunikan berupa pasir berwarna merah muda, menghampar di sepanjang bibir pantai. Warna merah muda ini diakibatkan oleh sepihan batu karang merah, bercampur dengan warna putih, warna asli pasir di Pantai Tangsi. Indonesia hanya memiliki dua pantai dengan pasir berwarna pink. Selain Tangsi, yaitu pantai di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Berada di lokasi cukup tersembunyi, sehingga memiliki potensi keindahan sangat alami. Untuk mengunjungi pantai pink, disarankan untuk membawa kendaraan pribadi atau bergabung dengan paket wisata di kawasan lombok, karena sarana transportasi umum ke tempat wisata ini cukup sulit. Selain itu, karena pengelolaannya masih minim, sehingga sangat sulit untuk menemukan berbagai fasilitas mewah seperti objek-objek wisata lain. Sebaiknya juga membawa perbekalan sendiri dari kota, seperti makanan, minuman, dan sebagainya.

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak merupakan tempat wisata di Lombok yang berada di kawasan Gunung Rinjani, lebih tepatnya danau ini merupakan kaldera Gunung Rinjani. Berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, membuat suhu udara di daerah ini begitu dingin. Jika berkunjung ke sana, disarankan untuk membawa jaket tebal, karena rasa dinginnya terasa menusuk hingga ke tulang. Danau Segara Anak memiliki kedalaman hingga 190 meter, dengan luas permukaan sekitar 11,3 hektare.

Keistimewaan tempat wisata ini adalah pemandangannya yang sangat menakjubkan, dan banyak ikan-ikan air tawar yang hidup di perairan danau. Jika Anda mendaki Gunung Rinjani, tour guide biasanya akan membawa Anda untuk melihat danau ini, dan bermalam di pinggir danau. Tempat wisata ini sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai kegiatan petualang, terutama mendaki gunung, mengingat perjalanan yang begitu melelahkan. Untuk dapat mencapai Danau Segara Anak, harus ditempuh dengan berjalan kaki selama 9 jam dari jalur terakhir yang bisa dilalui kendaraan. Tetapi perjalanan tersebut tidaklah mengecewakan, mengingat pemandangan yang disajikan sangat memukau.

Hutan Monyet Pusuk

Tempat wisata Hutan Monyet Pusuk berada di kawasan Gunung Rinjani, Lombok, dan merupakan habitat dari ratusan monyet. Hutan ini biasanya dijadikan sebagai tempat istirahat oleh para wisatawan yang sedang dalam perjalanan menuju Air Terjun Sendang Gile. Berhati-hatilah dengan kawanan monyet ini, biasanya mereka akan merebut makanan yang dibawa. Jika Anda melawan, bisa jadi membuat mereka marah, dan kemungkinan akan mengeroyok. Yang pasti, melewati Hutan Monyet Pusuk ini merupakan sensasi perjalanan wisata yang luar biasa. Sangat spektakuler dan benar-benar memberikan kepuasan.

Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile merupakan salah satu titik pemberhentian sebelum mendaki ke puncak Gunung Rinjani Lombok. Bberada di wilayah Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Salah satu hal yang unik adalah air di tempat wisata ini diyakini memiliki khasiat yang ampuh sebagai obat awet muda, yakni dengan cara membasuh muka. Hal ini juga berkaitan dengan sumber mata air di Taman Narmada. Untuk dapat mengambil air yang berkhasiat ampuh ini, wisatawan terlebih dahulu harus menaiki 200 tangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.