Kamis, Oktober 02, 2014

Tempat Wisata Pantai Anyer, Banten

Pantai Anyer Banten merupakan salah satu tempat wisata pantai yang cukup populer terutama bagi masyarakat Jakarta yang ingin berlibur ke luar kota. Memiliki keindahan yang cukup mempesona dengan berbagai objek wisata menarik. Cocok untuk aktivitas liburan di akhir pekan. Lokasinya yang berada di pinggir jalan raya, sehingga mudah diakses, dan berjarak tidak terlalu jauh dari Ibukota, sekitar 160 kilometer, membuat kawasan pantai ini lebih favorit dibanding pantai-pantai lain di Provinsi Banten. Mengunjungi Pantai Anyer memang merupakan perjalanan liburan yang penuh dengan pengalaman menarik.

Nama Anyer diambil dari sebuah kecamatan di Kabupaten Serang Provinsi Banten. Berada kurang lebih 38 kilometer dari kota Serang. Kecamatan Anyer sebagian wilayahnya memang berada di bibir pantai, sehingga masyarakat menyebut kawasan pantai-pantai ini dengan nama Pantai Anyer. Dengan demikian, Pantai Anyer terdiri dari beberapa pantai yang berada di wilayah administratif Kecamatan Anyer. Pantai-pantai di wilayah Kecamatan Anyer memang sangat populer sebagai daerah tujuan wisata.

Kawasan Pantai Anyer dapat terlihat jika Anda melalui Jalan Pos atau Jalan Anyer – Panarukan, yaitu jalan raya sepanjang 1000 kilometer yang di bangun oleh Belanda pada abad ke-19. Jalan tersebut memang berada di sepanjang bibir pantai. Di lepas pantai Anyer terdapat sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni, dikenal dengan nama Pulau Sangiang, yaitu sebuah pulau yang dikenal karena formasi karangnya dipenuhi dengan ikan tropis.

Potensi Wisata Pantai Anyer

Pantai Anyer memiliki garis pantai yang terbentang sangat panjang. Pasir putih dan perairan biru yang jernih menjadikan sebuah panorama pantai nan eksotis. Salah satu panorama menarik di Pantai Anyer adalah pemandangan Gunung Rakata, anak gunung Karatau yang pernah meletus pada tahun 1833. Karena pantai ini menghadap ke barat, sehingga pemandangan Gunung Rakata dapat terlihat cukup jelas. Wisatawan juga dapat melihat mercusuar peninggalan Belanda, pada saat pemerintahan Willem III, yang dibangun pada tahun 1855, dan waktu itu digunakan untuk membantu aktivitas pelayaran di sekitar Selat Sunda.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh wisatawan. Beberapa diantara mereka ada yang berenang di pantai atau bermain water sport. Ada juga yang lebih memilih jalan-jalan menyusuri bibir pantai, foto-foto mengabadikan kunjungannya, bermain pasir, atau sekedar duduk-duduk dan bersantai bersama keluarga atau teman-teman sambil menunggu pesona matahari kembali ke peraduannya. Namun, tidak sedikit wisatawan yang lebih memilih aktivitas wisata bahari yang lebih berkesan, yaitu snorkeling dan berselancar (surfing). Keadaan perairannya yang biru jernih membuat kawasan Pantai Anyer cocok untuk aktivitas snorkeling, untuk mengenal lebih dekat tentang ekosistem laut.

Wisata Pantai Anyer Banten

Pesona Pantai Anyer


Jika Anda belum puas setelah seharian menghabiskan waktu di sana, dan ingin menikmati suasana malam Pantai Anyer, bisa memilih berbagai penginapan yang tersedia, antara lain Villa Pisita, Villa Mambruk Griya Asri, Villa Menara, atau MINI Homestay. Penginapan-penginapan tersebut selalu siap melayani para tamu yang ingin lebih lama menikmati pesona wisata kawasan Anyer.





Pantai Di Kawasan Anyer

Di kawasan Anyer, terdapat beberapa objek wisata pantai yang sangat menarik. Seperti telah di bahas di muka, bahwa kawasan Anyer terdiri dari beberapa pantai. Setidaknya ada enam pantai yang cukup populer dan banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Pantai-pantai tersebut antara lain:
  • Pantai Sambolo
  • Pantai Marbella
  • Pantai Cibeureum
  • Pantai Marina
  • Pantai Pasir Putih Florida
  • Pantai Jambu

Referensi :

http://pantaianyer.net

http://id.wikipedia.org/wiki/Anyar,_Serang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.