Kamis, Oktober 23, 2014

Pantai Ayah (Pantai Logending) Kebumen

Pantai Ayah memiliki nama resmi Pantai Logending, merupakan tempat wisata yang berada di laut selatan, berbatasan langsung dengan hamparan Samudera Hindia. Seperti halnya pantai-pantai lain di wilayah pesisir selatan Pulau Jawa, Pantai Ayah memiliki gelombang ombak yang sangat besar. Tempat wisata ini memiliki keindahan alam sangat menawan, sehingga banyak diburu oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Lokasi Pantai Ayah

Lokasi pantai ini berada tidak jauh dari objek wisata Gua Jatijajar, hanya berjarak sekitar 8 kilometer. Kawasan wisata pantai masuk dalam wilayah administrasi Desa Ayah, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Oleh karena itulah, masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan Pantai Ayah. Memang, nama Pantai Ayah jauh lebih populer dibanding nama resminya, yaitu Pantai Logending. Dari pusat kota Kabupaten Kebumen berjarak kurang lebih 53 kilometer, dan berbatasan dengan Kabupaten Cilacap. Akses ke lokasi pantai cukup mudah, jika berangkat dari Yogyakarta, wisatawan dapat mengambil rute jalur selatan ke arah Gombong, salah satu kecamatan di Kebumen. Dari Gombong mengambil jalur ke arah selatan, menuju lokasi pantai.

Potensi Wisata Pantai Ayah

Pantai Ayah memiliki pemandangan dan suasana alam cukup unik di banding pantai-pantai lain di kawasan pesisir selatan Pulau Jawa, apalagi dengan bentangan pantai yang sangat luas. Dikelilingi kawasan hutan jati milik Perum Perhutani KPH Kedu Selatan yang cukup populer sebagai tempat berkemah, baik oleh wisatawan maupun regu pramuka. Hutan jati ini memberikan sebuah nuansa yang benar-benar berbeda, terlebih lagi berpadu dengan perbukitan yang mengapit kawasan pantai, sungguh menyajikan sebuah pemandangan memukau. Kombinasi antara hutan jati, pantai dengan pemandangan luas Samudera Hindia, dan perbukitan ini merupakan kemegahan alam yang jarang kita jumpai di pantai manapun. Dan memang kondisi inilah yang membuat nama Pantai Ayah cukup populer di kalangan wisatawan.

Pantai Ayah (Pantai Logending) Kebumen

Pemandangan terbuka di sekitar pantai menjadikan pengunjung lebih bebas dan asyik menikmati suasana dan keindahan alamnya sembari bermain pasir atau voly pantai. Pengunjung juga dapat menyusuri bibir pantai yang membentang begitu panjang dengan menunggak kuda yang disewakan oleh warga setempat. Penataan kios-kios penjual makanan dan souvenir juga sudah cukup baik, sehingga menjadikan kenyamanan dan privasi pengunjung lebih terjaga. Sisi selatan pantai, dibatasi oleh perbukitan yang penuh dengan pohon jati dan batu-batu besar. Di atas bukit tersebut berdiri sebuah bangunan dengan pagar pembatas. Wisatawan dapat menikmati seluruh pemandangan di sekitar Pantai Ayah dari bangunan tersebut.




Selain keindahan pantainya, wisatawan juga dapat menikmati pesona Muara Sungai Bodo yang tak kalah indahnya. Muara sungai ini merupakan perbatasan yang memisahkan Kabupaten Kebumen dengan Kabupaten Cilacap. Panorama di sekeliling Muara Sungai Bodo dapat dinikmati menggunakan perahu pesiar milik nelayan. Tarif sewa perahu juga tidak begitu mahal, dan cukup terjangkau oleh wisatawan. Rimbunnya pepohonan playau di sekitar muara sungai berpadu dengan lebatnya hutan jati menyuguhkan sebuah panorama alam yang sangat spektakuler. Tak kalah menariknya, wisatawan dapat mengunjungi penangkaran ubur-ubur. Di tempat penangkaran tersebut, kita dapat belajar berbagai informasi tentang ubur-ubur, satwa laut yang populasinya mulai menurun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.