Jumat, Oktober 24, 2014

Pantai Depok Jogja

Pantai Depok merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata pantai di Jogja. Pantai Depok berada di kawasan pesisir selatan Pulau Jawa, termasuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Bantul Provinsi D.I. Yogyakarta. Lokasi tempat wisata ini tidak jauh dari Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo. Ada satu pemandangan khas di sekitar pantai, yaitu panorama gumuk pasir, yang juga merupakan satu-satunya di Asia Tenggara. Hal menarik lain dari Pantai Depok adalah hidangan khas restoran pesisir dengan menu spesial ikan segar dan tangkapan laut lainnya.

Memang, pantai ini dirancang oleh pemerintah setempat sebagai kawasan wisata kuliner, dengan menu-menu spesial hidangan khas seafood. Sejumlah warung makan tradisional yang menjajakan menu seafood dengan cita rasa spesial dan nuansa khas pantai, dapat ditemukan berderet tak jauh dari bibir pantai. Sejumlah warung makan ini sengaja dirancang menghadap ke laut lepas, sehingga memberikan sensasi pemandangan spesial bagi para wisatawan yang berkunjung untuk menjajal kelezatan kulier di Pantai Depok. Sembari menyantap lezatnya menu ikan laut, Anda juga bisa menyaksikan atraksi alam ombak laut selatan yang tampak menggulung begitu besar dan bergemuruh memecah bibir pantai.

Nuansa khas warung makan pantai telah berkembang sejak tahun 1997 lalu. Konon, pada waktu itu sekelompok nelayan dari Kabupaten Cilacap menemukan tempat berlabuh di sekitar Pantai Depok, dan kebetulan tempat tersebut cukup memadai untuk singah. Mereka membawa hasil tangkapan laut yang cukup menggembirakan. Rupanya keberhasilna para nelayan dari Cilacap ini menginspirasi warga di sekitar Pantai Depok untuk mengadu nasib sebagai nelayan. Sebelumnya kebanyakan dari mereka berprofesi sebagai petani.

Beralihnya matapencaharian sebagian warga di kawasan Depok menjadi nelayan ini kemudian menggugah inisiatif warga lainnya untuk membuka warung makan dengan menu spesial hasil tangkapan laut. Semenjak itulah kawasan Pantai Depok berkembang menjadi area wisata kuliner. Pemerintah setempat juga turut mendukung dan mensosialisasikan kawasan wisata kuliner dengan menu khas pantai tersebut. Hal tersebut dapat dilihat dari berdirinya tempat pelelangan ikan di sekitar pantai yang diberi nama Mina Bahari 45. Saat ini, TPI Mina Bahari 45 tidak hanya menerima setoran ikan dari nelayan Depok saja, tetapi juga nelayan dari daerah-daerah lain. Rupanya keberadaan TPI ini juga menjadi salah satu objek yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Terbukti hampir setiap hari TPI Mina Bahari 45 banyak di datangai oleh wisatawan yang berlibur ke Pantai Depok.

Pantai Depok Jogja

Suasana Warung Makan Tradisional Di Pantai Depok Jogja


Selain menawarkan menu khas hasil tangkapan laut, warung-warung makan di sekitar Pantai Depok juga dikonsep dengan nuansa tradisional dan alami, sehingga kesan dan sensasi yang dirasakan sangat berbeda dengan restoran-restoran mewah yang umum dijumpai di kota-kota. Namun justru nuansa tradisional ini menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan untuk menikmati kelezatan seafood di kawasan Depok. Terlebih lagi lantunan gemuruh ombak yang berpadu dengan bisikan lembut angin laut memberikan kesan luar biasa, seolah sedang menikmati pagelaran musik alam.




Setelah puas dengan aneka hidangan lautnya, kini saatnya untuk menyaksikan sebuah pemandangan yang sangat langka. Gumuk Pasir, adalah sebuah bukit pasir yang sangat luas, terbentuk karena proses alam selama ribuan tahun. Gumuk pasir ini merupakan satu-satunya di Asia Tenggara, sebuah fenomena alam yang jarang dijumpai terutama di daerah-daerah tropis. Ya, hamparan pasir yang sangat luas tentu menyuguhkan sebuah pemandangan sangat mengagumkan, bagaikan berada di sebuah gurun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.