Rabu, Oktober 01, 2014

Wisata Pantai Indrayanti Jogja

Pantai Indrayanti yang memiliki nama resmi Pantai Pulang Syawal, menawarkan pesona wisata dengan pemandangan pantai berpasir putih dan air laut yang jernih. Terdapat restoran di tepi pantai yang menawarkan sensasi makan malam sangat romantis, dengan hembusan angin laut dan pemandanga langit bertabur bintang. Tak khayal lagi, Pantai Indrayanti menjadi buruan pasangan muda-mudi yang sedang menjalin cinta.

Terletak di sebelah timur Pantai Sundak di kawasan Gunungkidul, Pantai Indrayanti yang memiliki gugusan berbukit karang, menyuguhkan sebuah panorama alam dengan latar belakan lautan yang luar biasa. Ya, dengan berhiaskan hamparan pasir putih yang terbentang di garis pantai, gundukan bukit karang, serta air laut yang tampak berwarna kebiruan jernih, memberikan sensasi pemandangan nan elok dan memanjakan suasana hati wisatawan. Di sepanjang kawasan pantai juga terdapat restoran, cafe, dan penginapan yang menunjang kenyamanan liburan Anda.






Sambil menikmati makan malam dengan kuliner khas makanan laut yang bisa dipesan di restoran yang menghadap ke pantai, pengunjung akan ditemani desau angin malam dan alunan ombak yang menghantam karang. Pesona pemandangan malam di sekitar bibir pantai juga tampak mempesona. Kerlap-kerlip kulau sinar lampu yang datang dari gazebo-gazebo ditepi pantai semakin membuat suana malam bertambah romantis. Tentunya akan menjadi sebuah pengalaman perjalanan wisata yang tak terlupakan.

Bagi wisatawan yang memiliki hobi berpetualang, biasa mendaki tebing karang yang berada di sisi barat dan timur pantai ini. Dari atas bukit karang tersebut, Anda akan menemukan sebuah spot yang ideal untuk menikmati sang surya kembali ke peraduannya. Bagi yang belum terbiasa mendaki tebing, bisa melalui jalan kecil yang sudah disediakan, dan petugas biasanaya akan turut membantu wisatawan yang melalui jalan ini.

Nama Pantai Indrayanti

Sebenarnya pemerintah telah memberikan nama resmi Pantai Pulang Syawal. Sedangkan Indrayanti adalah nama sebuah restoran yang berada di tepi pantai. Namun, berhubung papan nama yang terpampang di depan restoran tersebut cukup besar dan menyolok, akhirnya membuat persepsi masyarakat bahwa nama pantai tersebut adalah Pantai Indrayanti.

Wisata Pantai Indrayanti Jogja

Suasana Nyaman Di Pantai Indrayanti Jogja


Penyebutan nama Pantai Indrayanti memang lebih mudah dan enak didengan, sehingga nama ini jauh lebih populer dibanding nama resmi yang telah ditetapkan oleh pemerintah.






Fenomena tersebut memberikan sebuah gambaran bahwa keterlibatan pihak swasta dalam pengembangan industri pariwisata di Pantai Indrayanti sangat vital dan memberikan dampak positif. Salah satu hal yang tampak berbeda adalah pengelolaan kebersihan di sepanjang garis pantai Pantai Indrayanti tampak jauh lebih bersih dibanding pantai-pantai lain, dan bahkan bisa dibilang kawasan wisata ini terbebas dari sampah. Hal tersebut tidak lepas dari peran tegas pengelola yang tak segan-segan memberikan sangsi kepada wisatawan yang membuang sampah secara sembarangan. Karena itulah, pantai ini menjadi primadona baru di sektor wisata pantai.

Pantai Indrayanti Jogja

Pemandangan Pantai Indrayanti Jogja


Fasilitas Di Pantai Indrayanti

Di kawasan wisata ini sudah tersedia berbagai fasilitas umum yang menunjang kenyamanan perjalanan wisata Anda. Beberapa fasilitas tersebut dapat diperoleh dengan gratis, terutama untuk fasilitas-fasilitas umum, dan menyewa untuk fasilitas yang bersifat individu, di jasa-jasa penyewaan.
  • Area parkir
  • Musholla
  • Restoran dan Cafe
  • Penginapan dengan konsep mirip rumah adat papua
  • Hotel
  • Sewa Gazebo
  • Sewa Jet ski
  • Sewa Payung






Referensi :

http://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/beach/indrayanti/

http://yogyatrip.com/penginapanhotel-rute-dan-tiket-di-pantai-indrayanti/

4 komentar:

  1. Pantai Indrayanti memang menjadi ikon baru dunia pariwisata Jogja. Kemungkinan popularitas pantai ini sudah mengungguli Pantai Parangtritis yang sudah dikelola lebih awal sebagai kawasan wisata. Pantai Indrayanti memang memiliki pemandangan luar biasa. Kebersihan area sekitar pantai juga sangat terjaga, karena memang pihak pengelola sangat tegas memberikan sangsi kepada wisatawan yang diketahui membuang sampah sembarangan. Ombak besar khas laut selatan seakan memberikan pertunjukan atraksi alam yang sangat menarik untuk dinikmati. Yah, meskipun baru sekali mengunjungi pantai ini, saya sudah sangat terkesan dengan keindahan dan pesona alamnya. Secara pribadi, saya menilai pantai ini memiliki daya tarik jauh lebih besar dibanding pantai Parangtritis, yang juga berada di wilayah selatan Jogja. Fasilitas wisata di sekitar pantai juga sudah cukup memadai, sehingga wisatawan terasa lebih nyaman berlama-lama di sekitar pantai. Mudah-mudahan kedepannya, tempat wisata ini semakin baik pengelolaannya, terutama konsistensi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

    BalasHapus
  2. Pntai ini sangat indah memang dan masih adla lagi namanya pantai siung sederatan silahkan coba Gunung kidul Handayani memang tidak salah Wisatanya rouuar biasa banyak wisata alamnya ok buanget silahkan kunjungi GBU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya benar sekali, selain Pantai Indrayanti, juga banyak terdapat pantai-pantai lain di wilayah Gunung Kidul, beberapa diantaranya adalah Pantai Siung, Pantai Sepanjang, Pantai Kukup, Pantai Ngobaran, dan masih banyak lagi.

      Hapus
  3. apakah ada transportasi umum Kalau dari pusat kota Yogyakarta untuk menuju akses ke Pantai indrayanti mas?

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.