Jumat, Oktober 10, 2014

Pantai Kartini Jepara

Pantai Kartini adalah objek wisata yang sangat strategis, memiliki luas area sekitar 3,5 hektare, berada di jantung kota Jepara, hanya berjarak sekitar 2,5 kilometer dari pondopo Kantor Bupati Jepara. Selain sebagai objek wisata, Pantai Kartini juga berfungsi sebagai jalur penyebrangan utama menuju Taman Nasional Karimunjawa dan Pulau Panjang. Sehingga pantai ini hampir selalu ramai pengunjung, terutama pada jadwal pemberangkatan kapal.

Tempat wisata ini dikenal juga sebagai Pemandian, karena terdapat lokasi di sebelah barat pantai yang dipercaya masyarakat setempat dapat menyembuhkan penyakit rematik dan gatal-gatal, sehingga sering digunakan sebagai tempat pemandian oleh orang yang menderita penyakit tersebut.

Di pantai ini, setiap tahun diadakan acara tradisional yang disebut Lomban, yaitu budaya masyarakat Jepara yang diselenggarakan setiap tanggal 8 Syawal, dalam sistem penanggalan Jawa, berupa upacara sedekah laut. Sehingga setiap tanggal 8 Syawal atau tujuh hari setelah Hari Raya Idul Fitri, Pantai Kartini selalu dipenuhi oleh pengunjung, baik oleh masyarakat Jepara sendiri maupun warga dari luar kota untuk menyaksikan berlangsungnya acara tradisional tersebut.

Fasilitas Pariwisata Di Pantai Kartini Jepara

Selain menawarkan keindahan alam, Pantai kartini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pariwisata, sehingga tempat wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga dan anak-anak. Selain itu, juga terdapat beraneka jenis wahana permainan, terutama untuk anak-anak, seperti Kura-Kura Ocean Park, Mainan Anak-anak, dan Spoor Mini.

Pantai Kartini Jepara

Tulisan raksasa Pantai Kartini, Jepara


Bagi wisatawan yang sudah bosan dengan suasana pantai, dapat mengunjungi kebun binatang yang mengoleksi beberapa jenis satwa langka, antara lain Elang Laut Dada Putih, Kijang, dan Kera. Tak hanya itu, tempat wisata andalan Kabupaten Jepara ini juga dilengkapi dengan panggung hiburan, yang akan meramaikan suasana untuk menghibur para wisatawan. Wahana wisata lain yang dapat menjadi pilihan adalah Makam Encik Lanang, Kolam Kecek, Pesawat Terbang TNI AU, dan Tulisan "PANTAI KARTINI" Raksasa.




Sarana penunjang kegiatan pariwisata juga cukup memadai. Beberapa sarana di Pantai Kartini yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan antara lain:
  • WiFi
  • Tempat parkir memadai
  • Musholla
  • Penginapan
  • Warung Makanan
  • Penjualan sovenir
  • Perahu ke Pulau Panjang
  • Kapal ke Karimunjawa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.