Kamis, Oktober 02, 2014

Wisata Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar, Pacitan adalah sebuah pantai dengan hamparan pasir putih dan pemandangan batu karang yang eksotis, serta dikelilingi tebing batu. Pantai ini juga dikenal dengan seruling lautnya pertunjukan air mancur alami setinggi 10 meter. Menyimpan beragam potensi wisata yang tiada duanya.

Pantai Klayar berada di sebelah barat kota Pacitan, kurang lebih berjarak 45 kilometer, berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Termasuk dalam wilayah administrasi Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, dan masih satu garis dengan pantai Teleng Ria, yang sudah dikelola lebih dulu menjadi kawasan wisata.

Perjalanan Ke Pantai Klayar

Untuk mencapai pantai ini dapat ditempuh dengan kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil. Perjalanan menuju ke Pantai Klayar merupakan sebuah pengalaman yang menarik, melalui jalan sempit berkelok dengan rute naik turun perbukitan. Terdapat beberapa ruas jalan yang cukup ekstrim tanjakan dan turunannya. Sepanjang jalan dihiasi deretan perbukitan dan lembah hijau dengan gua-gua kecil yang memperlihatkan stalaktit dan stalakmitnya.

Suasana Pantai Klayar

Pantai Klayar merupakan objek wisata baru dan belum dikelola secara optimal. Memiliki garis pantai yang membentang berpasir putih dengan ombak sejernih kristal yang memecah bibir pantai. Panorama pantai yang berhiaskan deretan bukit-bukit batu yang menjulang tinggi serta nyiur pohon kelapa yang melambai-lambai tertiup angin, sungguh memukau dan memanjakan mata memandang. Wisatawan dapat mendaki ke atas bukit batu di sebelah kanan, dan menikmati keagungan pesona pemandangan pantai berlaut biru dengan keperkasaan ombak yang menggulung besar menghantam dinding karang dan berujung di garis pantai.

Memang, Pantai Klayar memiliki ombak yang sangat besar, sehingga membahayakan pengunjung yang berenang, dan wisatawan memang tidak diperbolehkan berenang di sepanjang pantai. Deretan pohon kelapa, gubuk-gubuk beratap dedaunan kering, dan gugusan karang di wilayah pasang surut, menyuguhkan sebuah pemandangan yang alami di sekitar bibir pantai. Berjalan-jalan menyusuri karang-karang dan mencari Mollusca, bintang laut Echinodermata, atau rumput laut yang tumbuh di sekitar bebatuan memang merupakan sebuah pengalaman menyenangkan dan tak terlupakan.

Wisata Pantai Klayar Pacitan

Pesona Pantai Klayar


Objek Menarik Di Sekitar Pantai Klayar

Selain bentangan pantai dengan hamparan pasir putih, di Pantai Klayar juga terdapat beberapa objek wisata yang cukup populer, seperti air mancur dan seruling laut, karang bolong, serta batu karang sphinx.




Pengunjung akan menjumpai fenomena alam yang sangat unik di salah satu batu karang. Terdapat celah di batu karang itu, dan ketika ombak yang menggulung cukup besar menghantam dinding karang, sebagian airnya masuk ke dalam celah tersebut disertai sebuah gaya dorong yang cukup kuat. Di ujung celah, air akan menyembur keluar dengan tekanan yang kuat, sehingga mampu mencapai ketinggian 10 meter. Inilah air mancur alami yang tidak pernah Anda jumpai di pantai manapun. Menyemburnya air mancur tersebut juga disetai suara mirip siulan yang oleh masyarakat setempat disebut dengan seruling laut.

Di sebelah timur terdapat laguna yang tampak cantik diapit dua gugusan batu karang. Laguna kecil ini memang cukup mempesona dengan air terjun yang keluar dari dinding batu karang. Buih-buih putih cantik tampak di sekitar air terjun tersebut. Di sebelah timur laguna, terdapat batu karang yang menjulang tinggi berbentuk menyerupai sphinx di Mesir.

Demikianlah uraian singkat tentang kemegahan dan keindahan Pantai Klayar, Pacitan. Semoga bisa memberikan tambahan informasi bagi Anda.

Referensi :

http://pacitan.yogyes.com/id/see-and-do/beach/klayar

http://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Klayar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.