Selasa, Oktober 28, 2014

Pantai Kondang Merak Malang

Pantai Kondang Merak, Malang merupakan salah satu tempat wisata yang sudah cukup populer di kalangan wisatawan, berada di kawasan pesisir selatan Pulau Jawa, berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Bukan hanya dikenal oleh masyarakat setempat, tetapi juga oleh wisatawan dari berbagai daerah, bahkan objek wisata ini menjadi destinasi favorit bagi para penggemar aktivitas wisata bahari, terutama snorkeling dan scuba diving. Memang, keunggulan pemandangan bawah lautnya menjadikan tempat wisata ini cocok untuk kegiatan menyelam. Pantai ini secara administratif masuk dalam wilayah Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Nama Kondang Merak diberikan karena adanya sebuah muara atau masyarakat setempat menyebutnya dengan istilah kondang, dan dahulu kawasan ini menjadi habitat satwa langka, yakni burung merak. Namun populasi burung merak tersebut kini sudah semakin menurun akibat penangkapan liar, bahkan sangat sulit untuk menjumpai spesies burung langka ini.






Untuk menuju ke Pantai Kondang Merak, dari kota Malang wisatawan dapat mengambil rute ke arah Pantai Balekambang. Perjalanan akan melalui sebuah perkebunan tebu, selepas itu, akan menemukan perempatan, dimana dari perempatan tersebut, arah lurus menuju ke Pantai Balekambang dan arah kanan menuju Pantai Kondang Merak. Setelah mengambil arah ke kanan, perjalanan akan melalui jalan sempit, dengan kondisi jalan cukup sulit. Hanya berupa jalan tanah dan makadam yang sudah rusak di beberapa ruas. Pada musim hujan, kondisi jalan cukup licin, banyak kubangan air dimana-mana. Memang, akses jalan ke Pantai Kondang Merah kondisinya masih belum begitu diperhatikan. Dari perempatan jalan tersebut, perjalanan harus ditempuh sejauh kurang lebih 4 kilometer, dengan kondisi jalan yang sulit, akan memakan waktu sekitar 30 menit untuk tiba di lokasi. Sebelum memasuki kawasan pantai, Anda akan menemukan pos jaga, namun pos jaga ini sering dalam kondisi kosong.






Potensi Wisata Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak memiliki pemandangan alam cukup menggoda, terutama dengan hamparan pasir putihnya di bibir pantai yang membentang sepanjang 800 meter. Berpadu dengan pepohonan rindang di sekitar pantai membuat suasana semakin nyaman untuk menikmati pesona keindahan pantai. Perairan laut yang jernih dan agak berlumut di tepian ini menyuguhkan sebuah panorama yang cukup memukau. Pengunjung dapat menemukan beraneka jenis binatang laut di sela-sela terumbu karangnya, seperti bintang laut, gurita kecil, landak laut, lobster, dan ikan-ikan laut yang berwarna-warni. Meskipun berada di kawasan pantai selatan, namun ombak di Pantai Kondang Merak tidak begitu besar, karena memang terdapat batu karang yang menjulang tinggi yang menghadang dan memecah laju ombak Samudera Hindia. Ya, pemandangan bukit-bukit karang yang berjajar di sekitar 200 meter dari garis pantai juga menyajikan pemandangan sangat mengesankan. Bagi penggemar fotografi, tentu bisa menggambil gambar sepuasnya dari berbagai titik.

Pantai Kondang Merak Malang

Keindahan Pantai Kondang Merak


Dengan ombak yang begitu tenang tempat wista ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan yang memiliki hobi menikmati pemandangan bawah laut. Terlebih lagi dengan perairan yang jernih, sungguh memberikan pesona yang benar-benar eksotis. Pantai Kondang Merak juga menjadi tempat singgah para nelayan, dan tempat transaksi ikan di pinggir pantai. Terdapat pula perkampungan nelayan yang selalu aktif baik siang maupun malam hari. Yah, tempat wisata ini memang tak pernah sepi pengunjung dan aktivitas nelayan. Pengunjung juga dapat membeli beraneka jenis tangkapan laut, seperti tuna, kakap dan gurita.






Berbagai kegiatan dapat dilakukan pengunjung di sekitar pantai, seperti bermain pasir, berenang, menunggu keindahan matahari terbenam, dan yang paling populer adalah snorkeling dan scuba diving. Puas berkeliling menjelajahi pantai dan menikmati pesona keindahan alamnya, kini saatnya untuk menyikmati kelezatan kuliner di sekitar pantai dengan cita rasa khas, nyaris tidak akan ditemukan di tempat lain. Salah satu kuliner khas Pantai Kondang Merak adalah sate ikan tuna. Gurita pedas juga bisa menjadi menu pilihan yang benar-benar menggugah selera. Yah, tak lengkap rasanya kunjungan Anda ke tempat wisata ini jika tidak menikmati kuliner khas di sekitar pantai.

Baca artikel lain tentang Daftar Tempat Wisata Di Malang dan Batu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.