Senin, Oktober 06, 2014

Pantai Kukup Jogja

Pantai Kukup memiliki pesona keindahan karang cukup mengagumkan. Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang berada di pesisir selatan, termasuk dalam wilayah Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta. Dari kota Jogja, dapat ditempuh dengan kendaraan dalam waktu sekitar dua jam. Sebagai kawasan wisata yang cukup populer, akses jalan menuju pantai ini sudah cukup memadai, dan kenyamanan berkendara juga cukup tinggi. Perjalanan menuju pantai melalui rute berkelok-kelok, dan naik turun. Di kanan-kiri terpampang sebuah pemandangan hijau berbagi jenis pepohonan tropis.

Begitu memasuki kawasan wisata, pengunjung sudah disuguhi para pedagang souvenir, keong hias, dan ikan hias laut. Harga yang ditawarkan juga cukup wajar dan terjangkau, sehingga Anda tidak perlu khawatir membeli terlalu mahal. Beberapa jenis ikan hias laut yang banyak dijual di kawasan wisata ini antara lain clown fish, ikan fugu dan masih banyak lagi.

Keindahan Pantai Kukup

Selain keindahan karangnya yang belum banyak terjamah manusia dan masih tampak begitu alami, pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih yang mempesona. Apalagi didukung dengan perairan sangat jernih, sehingga menyuguhkan pemandangan nan eksotis. Sebuah kawasan pantai yang cukup bersih dan rapi, menunjukkan bahwa pengelolaan dan perawatan pantai cukup baik, sehingga wisatawan lebih nyaman saat berkunjung.

Di bagian timur pantai, terdapat sebuah batu karang sangat besar, begitu besarnya sehingga menyerupai pulau kecil. Di atas batu karang tersebut terdapat sebuah gardu pandang. Wisatawan menuju kesana melalui sebuah jembatan yang menghubungkannya dengan daratan. Tampak pemandangan biru Samudera Hindia, membentang luas berpadu dengan deburan ombak besar menghantam dinding karang. Sungguh merupakan sajian pemandangan yang begitu mememikat.

Pantai Kukup juga dikenal sebagai akuarium alam. Hal tersebut dikarenakan perairan disekitar pantai yang jernih dan banyaknya ikan-ikan laut yang begitu indah menari di sela-sela batu karang. Pesona alam di Pantai Kukup tak kalah memukaunya dengan pantai-pantai wisata lain yang cukup terkenal, seperti Tanah Lot di Bali, Gili Trawangan di Lombok, atau Pantai Losari di Makasar.

Sembari menikmati pemandangan pantai nan eksotis, pengunjung juga dapat mencoba tantangan berburu ikan-ikan kecil yang berenang di tepian. Ikan-ikan tersebut tampak jelas berenang dan menari di sekitar karang, tetapi memang agak sulit ditangkap. Perlu diingat, sebaiknya tetap menggunakan alas kaki, karena karang-karang ini cukup tajam, sehingga bisa melukai.

Wisata Pantai Kukup Jogja

Pesona Keindahan Karang Pantai Kukup


Kekayaan akan biota laut ini merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Beragam ikan hias dengan aneka warna yang indah pasti akan menyuguhkan suatu pemandangan mempesona. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa menikmati keindahan gua-gua karang di sekitar pantai. Anda bisa mengambil foto dan mengabadikan kunjungan di Pantai Kukup. Di sekitar pantai juga terdapat spot untuk para penggemar memancing. Banyak ikan-ikan laut yang indah bisa Anda dapatkan.




Tak hanya kaya akan potensi wisata alamnya, kawasan Pantai Kukup juga memiliki sebuah budaya yang cukup menarik. Pada bulan Sura, menurut sistem penanggalan Jawa, penduduk setempat melakukan upacara ritual sedekah laut, yang dikenal dengan Labuhan. Upacara sedekah laut ini sering dinantikan para pengunjung lain, karena merupakan sesuatu yang unik, terutama bagi masyarakat yang tidak mengenal budaya ini. Bahkan wisatawan mancanegara juga banyak yang menantikan datangnya Labuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.