Jumat, Oktober 10, 2014

Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok, adalah objek wisata yang tak kalah mengagumkan dengan Pantai Kuta Bali. Bahkan mungkin Pantai Kuta Lombok memiliki pesona pemandangan pantai yang lebih indah dan menakjubkan. Tempat wisata ini terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini mulai menjadi incaran para wisatawan baik domestik maupun mancanegara, tak mengherankan jika kini telah banyak dikembangkan penginapan dan hotel-hotel mewah di sekitar pantai.

Pantai Kuta Lombok berjarak kira-kira 72 kilometer ke arah Tenggara dari Kota Mataram, dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 90 menit menggunakan kendaraan. Berhubung angkutan umum menuju lokasi pantai ini cukup jarang, dan hanya beroperasi sampai jam 15.00, disarankan wisatawan menggunakan mobil sendiri atau ikut jasa paket wisata yang banyak tersedia di Kota Mataram. Anda bisa mencari jasa paket wisata tersebut dengan mencari di internet. Jika tetap menggunakan angkutan umum, disarankan untuk tidak terlalu sore berada di lokasi wisata ini, pasalnya, dikhawatirkan Anda akan terlambat, dan harus mencari taksi atau penginapan di daerah setempat yang harganya bisa sangat mahal.

Perjalanan menuju Pantai Kuta Lombok akan melalui sebuah desa yang bernama Desa Sade, yaitu sebuah desa suku Sasak, penduduk asli Pulau Lombok. Desa tersebut dikenal dengan kerajinan kain tenun tradisional, pastikan untuk mengunjungi desa tersebut, selain melihat proses pembuatan tenun tradisional, juga bisa membeli hasil kerajinan tersebut sebagai kenang-kenangan dari kunjungan Anda ke Pulau Lombok.

Potensi Wisata Pantai Kuta Lombok

Pantai yang berada di sebelah selatan Pulau Lombok ini memiliki hamparan pasir sangat putih dan terasa lembut di kaki. Garis pantai yang bergelombang, terbentang sepanjang 72 kilometer, perairan jernih berwarna kebiruan, serta gugusan ekosistem terumbu karang yang sehat, menjadikan pantai ini memiliki pesona sungguh menakjubkan. Belum lagi keberadaan bukit di sebelah barat pantai, yang bernama Bukit Mandalika, semakin membuat pemandangan sekitar lebih eksotis.

Pantai Kuta Lombok

Pesona Keindahan Pantai Kuta Lombok


Nama bukit tersebut berasal dari sebuah legenda yang berkembang di masyarakat setempat. Konon, seorang putri yang sangat cantik, bernama Putri Mandalika. Banyak pangeran tertarik dan ingin menikahi putri tersebut. Karena tidak berkenan, untuk menghindari salah seorang pangeran yang terus mengejar dan ingin mempersuntingnya, Putri Mandalika kemudian menceburkan diri ke laut dari bukit tersebut. Dan sebelum terjun, Sang Putri berjanji akan kembali sekali dalam setahun. Menurut legenda tesebut, rambut sang putri berubah menjadi cacing nyale. Oleh karena itu, setahun sekali masyarakat setempat selalu menyelenggarakan upacara Sasak atau upacara Bau Nyale. Dalam upacara tersebut, para nelayan berusaha untuk mencari cacing Nyale, sebagai bentuk sambutan atas kembalinya Sang Putri.




Kegiatan Wisata Di Pantai Kuta Lombok

Wisatawan dapat mendaki kepuncak tebing Mandalika, dan menyaksikan sebuah suguhan pemandangan alam yang begitu memikat. Selain itu, juga dapat melakukan berbagai kegiatan lain, seperti bermain pasir di bibir pantai, snorkeling, dan diving. Perairan yang jernih membuat pantai ini sangat cocok untuk kegiatan snorkeling dan diving. Wisatawan akan disuguhi pesona pemandangan bawah laut yang benar-benar menakjubakan, terutama dengan ekosistem terumbu karang yang masih dalam kategori sangat sehat. Jika menyukai aktivitas lebih menantang, pengunjung dapat memilih kegiatan berselancar atau surfing. Banyak tersedia jasa penyewaan peralatan surfing, atau Anda bisa mengambil paket wisata plus surfing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.