Jumat, Oktober 03, 2014

Tempat Wisata Pantai Losari, Makasar

Pantai Losari adalah ikon wisata kota Makasar, yang terletak di sebelah barat kota tersebut, tepatnya di Jalan Penghibur, Makasar. Pantai ini menjadi tujuan utama warga Makasar untuk berekreasi menghabiskan waktu menyambut datangnya matahari terbit atau menunggu sang mentari kembali ke peraduannya pada sore hari. Pantai Losari pernah mendapat julukan sebagai pantai dengan warung terpanjang di dunia karena banyak warung makanan laut yang berjejer hingga kurang lebih sepanjang satu kilometer di area pantai. Namun, saat ini warung-warung tersebut telah direlokasi oleh pemerintah setempat tidak jauh dari lokasi pantai. Relokasi tersebut bertujuan untuk menjaga kawasan pantai tetap bersih dan nyaman, sehingga diharapakan dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung.

Potensi Wisata Pantai Losari

Pantai Losari merupakan salah satu pantai yang memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri jika dibanding dengan kebanyakan pantai-pantai lain di Indonesia. Di pantai ini, wisatawan dapat melihat datangnya matahari terbit dan menunggu matahari terbenam dari satu tempat, tanpa harus berpindah ke lokasi lain. Memang, karena letaknya yang cukup unik, berada di ujung selatan Pulau Sulawesi, sehingga memungkinkan tempat ini dijadikan sebagai spot untuk menyaksikan sunrise dan sunset dari satu lokasi.

Suara deburan ombak yang memecah garis pantai berpadu dengan tiupan angin sepoi-sepoi menjadi sensasi tersendiri sambil menunggu waktu terbenamnya sang surya di balik cakrawala. Dari tempat ini, wisatawan dapat menyaksikan momentum matahari terbenam secara utuh, mulai dari perubahan warna, bentuk, hingga pergeseran posisi matahari yang secara perlahan ditelan oleh garis cakrawala di laut lepas.

Tak kalah menariknya jika sambil menunggu sunset wisatawan juga menikmati kuliner masakan laut dengan cita rasa khas Makasar yang dapat ditemukan di sekitar pantai. Wisatawan dapat mencoba kelezatan lobster, cumi-cumi dan ikan pari dengan sentuhan bumbu dan cara memasak khas Makasar. Jangan khawatir harus membayar makanan tersebut dengan harga mahal, karena hampir semua warung di sekitar pantai menjajakan dagangannya dengan harga yang terukur dan relatif terjangkau.

Akses Menuju Pantai Losari

Berada di jantung kota Makasar membuat wisatawan tidak terlalu sulit untuk mencari lokasi Pantai Losari. Letak tempat wisata ini tidak jauh dari Pelabuhan Soekarno Hatta, Makasar, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit menggunakan kendaraan. Jika datang dari arah Bandara Hasanuddin, perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 45 menit dengan kendaraan. Banyak petunjuk arah yang bisa membantu perjalanan Anda menuju lokasi tempat wisata ini. Begitu sampai di lokasi wisata, Anda tidak perlu membayar tiket masuk, karena Pantai Losari merupakan objek wisata yang tidak memungut biaya bagi para pengunjungnya.

Wisata Pantai Losari Makasar

Fasilitas Dan Akomodasi Di Pantai Losari

Karena berada di wilayah kota Makasar, fasilitas transportasi umum yang melalui jalur Pantai Losari bisa dikatakan cukup banyak, sehingga memudahkan wisatawan untuk berkunjung. Sarana transportasi umum yang tersedia juga cukup beragam, mulai dari becak, bus, hingga taksi. Jika ingin berkeliling di sepanjang garis pantai, Anda bisa menggunakan becak yang banyak mangkal di sekitar lokasi. Kebetulan, lokasi wisata juga berada tidak jauh dari Rumah Sakit Stella Maris, yang mungkin bisa menjadi sarana tambahan bagi wisatawan. Fasilitas lain yang terdapat di sekitar pantai antara lain, warung makan dan restoran, cafe, serta warung-warung yang menjajakan souvenir khas Pantai Losari. Selain itu, wisatawan juga dapat mengakses internet gratis melalui perangkat Wi-Fi yang tersedia.





Penginapan Dan Hotel Di Sekitar Pantai Losari

Untuk wisatawan yang ingin menginap, di sekitar Pantai Losari juga banyak tersedia penginapan dengan berbagai kelas, mulai dari penginapan biasa hingga hotel berbintang. Hotel yang cukup populer di sekitar Pantai Losari adalah Hotel Aryaduta Makassar dan Makassar Golden Hotel.

1 komentar:

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.