Sabtu, Oktober 04, 2014

Pantai Papuma Jember

Pantai Papuma Jember atau dikenal juga dengan nama Pantai Tanjung Papuma merupakan salah satu pantai eksotis yang terletak di kawasan pesisir selatan Pulau Jawa. Pantai yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember ini memiliki kemolekan yang membuat pengunjung akan terkesima. Kabupaten Jember memang banyak dikenal orang melalui acara Jember Fashion Karnivalnya. Namun siapa sangka jika kota di Jawa Timur ini memiliki keindahan pantai yang cukup menakjubkan.

Sebagai salah satu pintu masuk ke berbagai destinasi wisata alam di Jawa Timur, Kabupaten Jember terlihat cukup serius membenahi sektor pariwisata. Hal ini terlihat dari pembangunan infrastruktur yang dilakukan secara cepat. Bisa Anda lihat sendiri, Pantai Papuma saat lima tahun yang lalu terlihat tidak terawat, dan akses jalan ke lokasi inipun sangat memprihatinkan. Namun saat ini, pembenahan infrastruktur, terutama akses jalan, ke kawasan ini terus dilakukan secara intensif.

Dari pusat kota Jember, membutuhkan waktu perjalanan sekitar 45 menit dengan kendaraan. Memang untuk saat ini pembangunan infrastruktur ke lokasi Pantai Papuma masih belum memuaskan, namun sudah cukup memadai untuk perjalanan wisata, meskipun harus sedikit hati-hati, karena masih ada beberapa ruas jalan yang rusak.

Sebelum memasuki kawasan pantai, perjalanan akan melalui kawasan hutan wisata. Kebanyakan pohon yang ditanam adalah pohon jati. Suasana yang cukup teduh, bisa untuk memulihkan stamina yang sedikit lelah dalam perjalanan. Kemudian memasuki gerbang wisata, pengunjung akan disambut dengan hutan yang masih alami yang dikenal dengan hutan malikan. Tentu saja menjadi sebuah perjalanan yang penuh dengan pengalaman tak terlupakan. Wisatawan dapat merasakan keteduhan pohon-pohon yang tumbuh secara alami, seperti palem, serut dan beragam pohon lainnya. Konon, hutan di kawasan wisata Pantai Papuma ini masih dipenuhi berbagi satwa, berbagai jenis burung dan lutung.

Perjalanan yang cukup melelahkan ini akan terbayar begitu sampai di lokasi wisata. Lepas dari kawasan hutan malikan, wisatawan akan disambut dengan hamparan pasir putih di bibir pantai, yang masih tampak alami dan bersih. Pemandangan laut yang dihiasi dengan batu-batu besar dan landscape menawan, tentu sangat memanjakan mata dan memberikan sensasi yang luar biasa. Namun perlu diingat, seperti halnya pantai-pantai lain di pesisi selatan yang menghadap langsung Samudera Hindia, Pantai Papuma juga memiliki ombak yang sangat besar, sehingga tidak diperkenankan untuk berenang, apalagi snorkeling.

Wisata Pantai Papuma Jember

Jika datang pada saat air laut surut, pemandangan di sekitar Pantai Papuma akan terlihat lebih eksotis lagi. Hamparan batu karang yang terdapat di kawasan pantai akan terlihat cukup jelas. Namun, diantara sekian banyak gugusan karang, terdapat beberapa karang yang berukuran sangat besar, sehingga disebut sebagai pulau karang. Pulau karang tersebut memiliki nama sendiri-sendiri. Penduduk setempat memberikan nama yang diambil dari tokoh-tokoh dalam pewayangan, yaitu Pulau Batara Guru, Pulau Kresna, Pulau Narada, Pulau Nusa Barong, dan Pulau Kajang. Ada juga pulau karang yang karena bentuknya menyerupai kodok raksasa, maka dinamakan dengan Pulau Kodok. Gugusan pulau-pulau karang ini menyuguhkan sebuah pemandangan yang sangat mengagumkan.




Keistimewaan lain dari Pantai Papuma adalah letaknya yang menjorok ke laut. Tak mengherankan jika pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Tanjung Papuma. Dengan letak yang demikian, membuat kawasan pantai ini memiliki banyak angle untuk pemotretan. Bagi penggemar fotografi, bisa langsung menyusuri pantai dan mencari spot yang paling ideal untuk pemotretan. Tinggal memilih lokasi sesuai dengan selera dan cita rasa seni masing-masing. Yang jelas, wisatawan tidak akan kebingungan mencari lokasi pengambilan foto yang bagus.

Di pantai sebelah barat, Anda akan menjumpai perahu-perahu nelayan yang berlabuh dengan rapi. Jika Anda berkunjung antara jam 11.00-13.00, akan menjumpai para nelayan yang baru pulang dari laut. Anda bisa memeli ikan segar hasil tangkapan tersebut, kemudian dibakar di tepi pantai. Jika tidak mau repot, ikan yang sudah dibeli tinggal dibawa ke salah satu warung makan di pinggir pantai, dan meminta pemilik warung untuk membakarnya. Ongkos bakar ikan juga tidak terlalu mahal, jadi perjalanan liburan Anda akan semakin mengesankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.