Rabu, Oktober 08, 2014

Pantai Pink Lombok

Pantai Pink Lombok, merupakan sebuah julukan dari pantai yang bernama Pantai Tangsi, adalah sebuah objek wisata di Kawasan Lombok Timur yang layak untuk dikunjungi dan masuk dalam agenda perjalanan Anda, karena pantai ini memiliki keunikan tersendiri dibanding pantai-pantai lain bukan hanya di Indonesia, bahkan dunia. Secara administratif berada di wilayah Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Lokasi Pantai Pink

Desa Sekaroh merupakan kawasan terpencil di Kabupaten Lombok Timur. Infrastruktur jalan menuju lokasi wisata ini juga kurang memadai, banya ruas jalan yang rusak dan berlubang. Berangkat dari Kota Mataram, wisatawan dapat mengambil rute ke Pantai Tanjung Ringgit, karena lokasinya memang berdekatan. Jarak tempuh sebetulnya tidak terlalu jauh, namun karena akses jalan yang rusak, maka mebutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Sekitar 1 kilometer sebelum memasuki kawasan Pantai Tanjung Ringgit, terdapat sebuah petujuk jalan yang bertuliskan Pantai Pink 50M. Jadi wisatawan mengambil rute sesuai dengan petujuk arah tersebut.

Keunikan Panti Pink

Pantai Pink termasuk salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki keunikan berupa pasir pantai yang berwarna merah muda, sehingga pantai yang memiliki nama resmi Pantai Tangsi ini lebih populer dengan nama Pantai Pink. Di Indonesia, hanya ada dua pantai yang memiliki pasir berwaran merah muda, selain Pantai Tangsi, juga ada Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Keunikan tersebut diakibatkan oleh serpihan batu karang yang berwarna merah muda yang bercampur dengan butiran pasir lembut berwarna putih. Pantulan sinar matahari semakin membuat warna pink terlihat begitu jelas, apalagi berpadu dengan fatamorgana angin laut.

Keindahan Pantai Pink

Pantai ini memiliki keindahan panorama begitu mempesona. Berada di lokasi cukup tersembunyi, serta tidak banyak wisatawan yang berkunjung, sehingga keindahan alami pantai masih sangat terjaga. Dengan ombaknya yang tenang, perairan sangat jernih, diapit hamparan bukit dengan padang rumput di sisi kirinya, dan sebuah bukit yang membentuk tanjung di sisi kanannya, membuat kawasan wisata ini begitu elok dan jelita. Wisatawan dapat mendaki bukit di sisi kiri dan dari puncaknya dapat menyaksikan pemandangan sekitar pantai yang benar-benar memanjakan mata.

Wisata Pantai Pink Lombok

Pasir Pantai Berwarana Merah Muda di Pantai Pink


Setelah puas dengan bukit berpadang rumput, kini saatnya mengunjungi bukit di sebelah kanan. Terdapat gazebo di atas tanjung ini, pengunjug dapat menikmati pemandangan laut di sekitar pulau lombok, sembari bersantai melepas lelah. Terdengar bisikan angin laut seolah sebuah orkestra alam yang cukup mengesankan. Setelah puas dengan pemandangan dan keelokan pantai, kini saatnya Anda untuk melakukan aktivitas-aktivitas wisata bahari.





Aktivitas Wisata Bahari

Setelah tenggelam dalam pesona keindahan di sekeliling pantai, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas bahari. Kegiatan yang paling banyak dilakukan adalah memancing, snorkeling, dan menyelam. Namun sayang, untuk mencoba kegiatan tersebut, pengunjung harus membawa peralatan sendiri, karena memang tidak ada jasa yang menyewakan peralatan tersebut. Sehingga bagi wisatawan yang belum pernah melakukan, tidak dianjurkan untuk snorkeling dan diving. Selain itu, dapat juga berkeliling di sekitar pantai mengunjungi gugusan pulau-pulau kecil menggunakan perahu yang disewakan oleh nelayan. Di sekitar pantai ini juga terdapat goa peninggalan jepang, dan terdapat sebuah meriam. Oleh karena itulah, pantai ini dinamakan Pantai Tangsi, yang berarti barak atau markas tentara.

Akomodasi

Letaknya di daerah terpencil dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan membuat pengelolaan pantai ini masih sangat minim. Anda tidak akan menemukan sarana atau fasilitas super mewah layaknya di pantai-pantai yang sudah dikelola sebagai tempat wisata. Di kawasan ini hanya akan menjumpai beberapa nelayan yang menyewakan perahu untuk berkeliling pantai. Jangan harap dapat menemukan warung makan di sekitar pantai, oleh karena itu, seyogyanya Anda membawa makanan, minuman, dan perlengkapan lain dari kota. Juga tidak terdapat penginapan, sehingga disarankan untuk pulang tidak terlalu malam, dan mencari penginapan di sekitar kota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.