Senin, Oktober 27, 2014

Pantai Popoh Tulungagung

Pantai Popoh adalah obyek wisata andalan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Dari kota Tulungagung berjarak kurang lebih 30 kilometer ke arah selatan. Pantai ini termasuk dalam kawasan pegunungan Gunung Kidul, yang membentang dari Yogyakarta hingga Jawa Timur. Berada di pesisir selatan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Akses jalan menuju Pantai Popoh cukup memadai dengan kondisi jalan yang baik, karena memang kawasan ini telah dikembangkan sebagai tempat wisata sejak masa kejayaan P.R. Retjo Pentung, sebuah pabrik rokok tahun 1970-an yang didirikan oleh Sumiran, dan mengalami kebangkrutan di era tahun 2000-2003. Memang, pada masa kejayaannya, P.R. Retjo Pentung mengelola kawasan Pantai Popoh sebagai destinasi wisata.

Untuk menuju lokasi wisata ini, dari pusat kota Tulungangung dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam menggunakan mobil. Wisatawan dapat menempuh jalur melalui Desa Gamping Kecamatan Campurdarat. Desa ini merupakan pusat kerajinan marmer, dengan tingkat produksi yang cukup tinggi, sehingga menjadikan Kabupaten Tulungagung juga dikenal sebagai Kota Marmer. Masyarakat di sepanjang jalan Desa Gamping kebanyakan berprofesi sebagai pengrajin marmer. Anda bisa berhenti sejenak untuk membeli kerajinan khas berbahan dasar marmer sebagai souvenir.

Panti Popoh merupakan pantai yang berupa teluk, sehingga memiliki suasana yang khas, dengan ombak yang tidak terlalu kuat, serta angin laut yang berhembus pelan sehingga terasa begitu menyegarkan, dan pemandangan indah gunung di sekeliling teluk. Tak mengherankan jika tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi liburan yang cukup populer, terutama dikalangan masyarakat Tulungagung dan sekitarnya.

Pantai Popoh Tulungagung

Pemandangan Indah Pantai Popoh


Berada di sebuah teluk memang membuat panorama alam di pantai ini begitu eksotis dan mengagumkan. Hamparan pasir putih kecokelatan tampak menghiasi sepanjang bibir pantai. Pemandangan semakin memukau tatkala mata memandang nyiur pohon-pohon kelapa di tepi pantai yang berpadu dengan keindahan pasir putihnya. Memandang ke laut lepas, tampak puluhan perahu nelayan yang sedang beraktivitas mencari tangkapan.




Sebagai tempat wisata andalan Kabupaten Tulungangung, hampir setiap hari libur dan hari-hari besar selalu diadakan berbagai acara dan kegiatan untuk menarik para wisatawan. Pantas saja pada hari-hari tersebut pantai ini selalu ramai pengunjung, baik dari wilayah Tulungagung maupun luar kota. Bahkan tidak sedikit wisatawan mancanegara juga berkunjung di pantai ini.

1 komentar:

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.