Selasa, Oktober 07, 2014

Pantai Prigi Trenggalek

Pantai Prigi Trenggalek merupakan sebuah teluk yang berfungsi sebagai kawasan wisata laut sekaligus pelabuhan perikanan nusantara dengan hasil penangkapan terbesar di pantai selatan Pulau Jawa. Termasuk dalam wilayah Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Dari pusat kota Trenggalek hanya berjarak sekitar 48 kilometer ke arah selatan. Di teluk tersebut terdapat perbukitan yang menjorok ke laut dan menjadi penghalang laju ombak Samudera Hindia yang dikenal cukup besar, sehingga ombak di sekitar Pantai Prigi relatif tenang. Sebagai pelabuhan perikanan nusantara, pantai ini memiliki tempat pelelangan ikan terbesar di kawasan pantai selatan, sehingga aktivitas ekonomi daerah inipun meningkat cukup tajam.

Cek Harga Hotel

Akses jalan ke lokasi sudah cukup baik, beraspal hotmix, baik dari arah Tulungagung maupun Trenggalek, sehingga nyaman bagi pengendara. Pada hari-hari libur atau akhir pekan, pantai berpasir putih kecokelatan ini dipadati oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Sebagai kawasan wisata yang sudah dikelola dengan baik, pantai ini memiliki berbagai fasilitas penunjang untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Terdapat banyak penginapan dengan harga dan fasilitas bervariasi, restoran atau warung makan dan cafe, sarana olahraga, bumi perkemahan, bahkan area playground.

Wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan di sekitar pantai, seperti bermain di area playground, berkeliling pantai menggunakan perahu sewa sambil menikmati pesona keindahan pemandangan tebing yang mengelilingi teluk, karena ombak di pantai ini relatif tenang sehingga pengunjung juga dapat berenang ditepian, bermain pasir putih, atau sekedar jalan-jalan sambil mengobrol dengan teman. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas olahraga, seperti volley pantai atau tenis, di area yang sudah disediakan. Bagi penggemar memancing, dapat menyalurkan hobi di area khusu pemancingan. Ikan-ikan laut di perairannya cukup banyak dan bervariasi, sehingga pengunjung bisa mendapatkan hasil pancingan yang memuaskan.

Wisata Pantai Prigi Trenggalek

Bergembira Di Pantai Prigi


Sayang, penataan kios-kios penjual makanan maupun cinderamata masih belum optimal, sehingga tampak semrawut. Namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk mencicipi aneka makanan khas Jawa. Diantara sekian banyak kios di sekitar pantai, terdapat beberapa warung yang menjual menu ikan laut bakar, bau dan aromanya sangat menggugah selera. Keistimewaan ikan bakar di warung-warung tersebut adalah bahan baku ikan lautnya merupakan ikan segar, hasil tangkapan hari itu juga. Sehingga menyajikan cita rasa yang benar-benar lezat. Berbagai jenis souvenir dan cinderamata bisa Anda temukan di sekitar pantai, mulai dari kaos pantai, batik tulis khas Trenggalek, hingga aneka jenis kerajinan berbahan dasar dari laut.




Beberapa hotel atau penginapan dengan berbagai fasilitas juga bisa ditemukan di sekitar pantai. Jika tidak berminat melakukan aktivitas apapun, bisa menghabiskan waktu di sekitar hotel, dan menikmati pemandangan laut yang cukup elok. Hotel-hotel tersebut memang memiliki view angel yang cukup bagus untuk memanjakan mata pengunjung.

Pada bulan Selo, tempat wisata ini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, terutama untuk menyaksikan sebuah ritual tradisional yang memang selalu dinantikan oleh masyarakat. Ritual tersebut berupa upacara larung Bembonyono, yang merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas melimpahnya hasil tangkapan laut. Selain sebagi perwujudan rasa syukur, upacara tradisional tersebut juga mengandung sebuah mitos, yang dipercaya oleh penduduk setempat, sebagai peringatan atas pernikahan seorang kepala prajurit Mataram, Raden Tumenggung Yudha Negara dengan Putri Gambar Inten, yang telah membuka pantai Prigi. Tingginya jumlah wisatawan yang berkunjung dan aktivitas ekonomi setempat membuat kebersihan pantai ini kurang terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.