Sabtu, Oktober 04, 2014

Pantai Santolo Garut

Pantai Santolo, Garut merupakan pantai wisata yang cukup populer karena keindahan lautnya. Pantai ini secara administratif termasuk dalam wilayah Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Berada di kawasan Garut Selatan, dengan jarak kurang lebih 88 kilometer dari pusat kota Garut, dan dapat ditempuh dengan kendaraan dalam waktu sekitar 3,5 jam. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata utama warga Jawa Barat. Selain menjadi daerah wisata yang indah, Pantai Santolo juga menjadi tempat berkumpulnya para nelayan tradisional di kawasan Garut. Kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan dermaga kapal ikan.

Aktivitas wisata yang cukup populer di sekitar Pantai Santolo adalah wisata bahari, dimana para wisatawan selain menikmati keindahan panorama alamnya, juga dapat menikmati pesona biota lautnya yang cukup menakjubkan. Wisatawan juga dapat merasakan sensasi berperahu di pantai selatan menggunakan perahu sewaan milik nelayan. Tak hanya itu, bagi yang ingin mencicipi kelezatan kuliner makanan laut dengan sentuhan khas Garut yang sederhana, dapat memesan di beberpa kedai makanan di sekitar pantai. Fasilitas penunjang juga cukup memadai, seperti area parkir, penginapan, dan kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau.

Akses Ke Pantai Santolo

Akses jalan ke Pantai Santolo cukup mudah dengan kondisi jalan yang sudah cukup baik. Beberapa rute jalan yang dapat dilalui antara lain dari terminal Garut ke Pantai Santolo, atau dapat juga menempuh jalur lain, yaitu Cianjur - Cidaun - Rancabuaya – Santolo. Untuk wisatawan yang datang dari arah Bandung dapat memilih jalur alternatif melalui Pangalengan, atau rute Ranca Bali - Naringgul - Cidaun - Rancabuaya – Santolo. Jika memilih rute jalan dari pusat kota Garut, wisatawan perlu menelusuri jalan ke arah selatan, dengan waktu tempuh kurang lebih 3,5 jam perjalanan dengan arus lalu-lintas normal.

Potensi Wisata Pantai Santolo

Selama dalam perjalanan menuju lokasi, wisatawan sudah dimanjakan dengan pemandangan pegunungan dengan suasana desa yang menghijau oleh persawahan. Di sepanjang jalan, Anda akan menjumpai banyak petani yang sedang menggembalakan sapi, sungguh suatu pengalaman yang sangat menyenangkan.

Wisata Pantai Santolo Garut

Pantai Santolo, memiliki banyak daya tarik yang cukup memikat hati para pengunjungnya. Jangan segan-segan untuk mengeksplorasi keindahan di sekitar pantai. Salah satu panorama yang cukup menakjubkan adalah Muara Cilauteureun. Nama tersebut merupakan bahasa Sunda yang berarti laut yang berhenti, memang air di muara begitu tenang, bagaikan laut yang berhenti tanpa ombak. Salah satu daya tarik yang cukup unik di Muara Cilauteureun adalah air yang mengalir berbalik, dari laut ke sungai. Namun sayang, fenomena alam yang cukup langka ini tidak dijadikan tema wisata di Pantai Santolo.




Di sepanjang bibir pantai yang landai, tampak hamparan pasir putih yang begitu bersih. Sangat cocok sebagai tempat rekreasi bersama keluarga. Ingin merasakan sensasi deburan ombak laut selatan? Ya, Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk mengelilingi pantai sambil melihat panorama Samudera Hindia yang sangat luas.

Disekitar pantai, memang tampak terlihat perahu nelayan yang berjejer dengan tertib. Mereka akan memberikan keramahan sehingga membuat suasana lebih akrab. Tegur sapa dengan para nelayan ini merupakan suatu pengalaman menarik yang tak terlupakan. Sebagai wisatawan, Anda akan disambut dengan keakraban dan keramahan khas Sunda.

Puas dengan berkeliling di sekitar Pantai Santolo,kini saatnya Anda mencoba kuliner makanan laut yang cukup lezat. Terutama dengan sentuhan cita rasa khas Garut, akan meberikan pengalaman lidah tersendiri. Anda bisa mencicipi hidangan laut tersebut di kios-kios yang ada di sekitar pantai. Selain kios makan, juga banyak kios yang menjual souvenir kerajinan tangan khas Pantai Santolo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.