Rabu, Oktober 01, 2014

Wisata Pantai Sawarna Banten

Wisata Pantai Sawarna Banten – Banten merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak protensi wisata, baik wisata budaya maupun alam. Provinsi Banten memang memiliki karakteristik alam cukup menarik, dengan panorama nan eksotik. Salah satu potensi alam yang sangat populer sebagai destinasi wisata adalah Pantai Sawarna. Berada di wilayah Banten Selatan, dan berada di sekitar perbatasan antara Povinsi Banten dengan Provinsi Jawa Barat. Jarak antara Pantai Sawarna Banten dengan Pelabuhan Ratu juga cukup dekat, kurang lebih 46 kilometer, dapat ditempuh dengan kendaraan dalam waktu sekitar 45 menit dengan arus lalu-lintas normal.

Pantai Sawarna memiliki bentang alam sangat menarik dan unik, serta kondisi alamn relatif masih perawan, belum banyak mengalami kerusakan dan eksploitasi pembangunan. Topografi kawasan Pantai Sawarna juga agak berbukit, sehingga memberikan kesan elok di daerah dengan ketinggian kurang dari 10 meter di atas permukaan laut ini. Sebagian besar penduduk bermukim di daerah-daerah kaki perbukitan.






Terbentang luas dengan landscape hutan tropis pantai, muara sungai, perbukitan agak landai, bukit karang terjal, goa-goa di sekitar pantai, hamparan pasir putih, hingga pelabuhan tradisional, semuanya menjadi daya dukung potensi pariwisata yang cukup unik dan mengagumkan. Tak mengherankan, jika akhir-akhir ini Pantai Sawarna Banten banyak diburu wisatawan dari berbagai penjuru.







Tak hanya pesona alamnya yang memiliki potensi besar untuk dunia pariwisata, akan tetapi latar belakang sejarah, keunikan kuliner khas, serta corak budaya dan gaya hidup masyarakatnya juga menjadi sumber daya sangat potensial untuk menunjang kegiatan wisata di Pantai Sawarna. Didukung dengan kesadaran masyarakat setempat akan pentingnya pengembangan industri wisata di kawasan tersebut, menjadikan pertumbuhan dan perkembangan pariwisata di daerah ini sangat cepat. Saat ini sudah banyak berdiri penginapan-penginapan di sekitar pantai, menjadi fasilitas penunjang bagi para wisatawan.

Wisata Pantai Sawarna Banten

Pesona Pemandangan Pantai Sawarna Banten


Di wilayah tersebut, wisatawan dapat menyaksikan keanekaragaman corak budaya unik, jarang ditemui di daerah lain, sehingga menjadi suatu daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh Pantai Sawarna. Budaya khas yang bisa dijumpai antara lain kerajinan ukir dari akar kayu mahoni, minuman penghangat dari buah huni juga menjadi kuliner khas, dan sale pisang diolah dengan cara tradisional, tanpa bahan pengawet, namun memiliki daya tahan cukup lama. Pertunjukan seni pencak silat juga bisa menjadi suatu tontonan menarik dari kekayaan budaya lokal.






Memang, berbicara mengenai keindahan dan keunikan Pantai Sawarna tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi dengan pemandangan laut biru, ombak besar Samudera Hindia menggulung dengan suara riaknya, pasir putih terhampar di sepanjang bibir pantai, perahu tradisional nelayan, hamparan batu karang, hingga lambaian nyiur pohon kelapa, tentu saja menjadi suatu daya pikat dan alasan kuat untuk berkunjung ke kawasan wisata pantai ini.

Wisata Pantai Sawarna Banten

Gambar Pemandangan Di Pantai Sawarna Banten


Wisata Pantai Sawarna Banten

Gambar Pemandangan Di Pantai Sawarna Banten


Wisata Pantai Sawarna Banten

Gambar Pemandangan Di Pantai Sawarna Banten


Wisata Pantai Sawarna Banten

Gambar Pemandangan Di Pantai Sawarna Banten


Wisata Pantai Sawarna Banten

Gambar Pemandangan Di Pantai Sawarna Banten



Area Wisata Di Pantai Sawarna

Pantai Sawarna merupakan kawasan wisata pantai di pesisir selatan Pulau Jawa, dan terdiri dari beberapa area yang bisa dikunjungi, diantaranya adalah:

Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar merupakan salah satu destinasi wajib dikunjungi saat Anda berwisata ke Pantai Sawarna. Memiliki nilai jual keindahan batu-batu karang raksasa di tengah samudera. Keunikan karang di area Pantai Tanjung Layar memang tiada duanya. Gugusan batu karang saling melindungi satu sama lain dari ganasnya terjangan ombak Samudera Hindia menjadi suatu pemandangan eksotik, mempesona, dan begitu memukau. Sebuah pesona alam nan elok dan sayang untuk dilewatkan.

Tatkala tiba di lokasi Pantai Tanjung Klayar, Sawarna, Anda akan menyaksikan dua batu karang raksasa berada diantara karang-karang lain. Dua batu karang tersebut sepintas membentuk sebuah kapal layar sedang mengembang. Karena fenomena itulah area pantai ini diberi nama Pantai Tanjung Layar. Keunikan bentuk dua batu karang raksasa ini membuat banyak pecinta fotografi mengambil bidikan gambar di area ini. Meski berada di tengah laut, namun wisatawan dapat mengunjungi dua batu karang tersebut tatkala air laut surut. Namun, untuk menuju ke sana, Anda harus ekstra hati-hati, disamping licin, juga banyak karang-karang tajam yang bisa membuat kaki terluka.

Di balik dua batu karang raksasa ini, wisatawan akan melihat pesona pemandangan luar biasa. Terdapat hamparan luas karang-karang terjal, tampak begitu kokoh dan elok berdiri di tengah samudra. Pemandangan ombak bergemuruh menghantam karang penghalang ini juga sangat cantik. Cocok untuk kegiatan fotografi atau tema prawedding.

Pantai Pasir Putih

Sebauah area wisata di Sawarna dengan pemandangan pantai nan elok, memiliki landscape landai dan hamparan pasir putihnya. Dengan bentangan garis pantai cukup luas, dan riuh ombak tampak menggulung menghampiri pantai, tentu menjadi sajian pemandangan eksotis untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman. Ombaknya relatif besar menjadikan area ini menjadi tempat ideal untuk olahraga berselancar atau surfing. Ya, Pantai Pasir Putih, salah satu potensi wisata cukup menarik di kawasan Pantai Sawarna. Kegiatan lain yang dapat dilakukan oleh para pengunjung antara lain bermain pasir putih, olahraga bola volley pantai, dan beberapa kegiatan outbond. Saat hari beranjak sore, dan matahari secara perlahan beranjak ke arah cakrawala di ujung barat, area ini sangat cocok untuk menikmati keindahan pemandangan sunset, begitu mempesona dan menyejukkan hati.

Pantai Goa Langir

Area Pantai Goa Langir, Sawarna memiliki kontur mirip dengan pantai pasir putih. Namun, di area ini memiliki satu keunikan tersendiri, yaitu terdapat beberapa goa dan tebing-tebing sangat indah. Sangat ideal dijadikan sebagai area panjat tebing, camping, dan kegiatan pecinta alam lain, bahkan sering dijadikan sebagai tempat pembuatan film.

Pantai Pulo Manuk

Pantai Pulo Manuk, merupakan salah satu lokasi wisata di sekitar Pantai Sawarna. Nama Pantai Pulo Manuk merupakan pilihan yang tepat diberikan untuk area yang memang sering dikunjungi burung-burung pantai. Hal menarik di area wisata ini adalah bayaknya jenis ikan laut, sehingga tempat ini sering menjadi tujuan para pehobi mancing. Tak hanya itu, wisatawan juga akan menjumpai kera-kera liar yang sudah mulai bersahabat dengan manusia. Seperti halnya Pantai Goa Langir, area ini juga sering dijadikan sebagai tempat pengambilan film, baik untuk keperluan iklan maupun film-film komersial. Pantai Pulo Manuk menjadi salah satu lokasi favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Sawarna.

Pantai Legon Pari

Pantai Legon Pari merupakan area wisata di kawasan Pantai Sawarna dengan pesona pemandangan laut begiut memikat. Ombaknya besar Samudera Hindia menjadikan tempat ini diburu para wisatawan penggemar olahraga surfing. Deburan ombaknya begitu keras menghantam pantai menjadi pesona menarik sambil menanti datangnya sang surya. Memang, Pantai Legon Pari merupakan spot yang cocok untuk menikmati keindahan sunrise. Tak mengherankan, jika pantai ini menjadi buruan para pecinta fotografi. Area pantai ini berada di belakang bukit-bukit desa Sawarna, sehingga untuk mencapai lokasi tersebut, wisatawan harus menyeberangi jembatan gantung dan menaiki bukit. Bagi wisatawan yang tidak ingin repot-repot menyusuri perjalanan, bisa dengan menyewa ojek.

Pantai Karang Taraje

Seperti halnya Pantai Tanjung Layar, di Pantai Karang Taraje, dalam Bahasa Indonesia berarti Karang Tangga, juga terpampang hamparan batu karang sangat indah. Tambak gemuruh ombak besar menggulung tanpa henti dan menghantam gugusan batu karang menjadi sebuah pemandangan nan eksotis. Wisatawan dapat mendekati spot-spot karang dengan aman, karena terjangan ombak besar Samudera Hindia dihadang oleh barisan batu karang yang kokoh di depan sana. Saat ombak datang, tampak air akan menggenang di sekitar gugusan karang, kemudian akan surut kembali, menjadi fenomena yang sangat menarik. Area ini sangat cocok untuk kegiatan fotografi, prewedding, atau pecinta alam.

Melihat berbagai keistimewaan tersebut, rugi rasanya jika Anda belum pernah berkunjung ke Pantai Sawarna. Tetapkan objek wisata ini sebagai destinasi dalam liburan mendatang.

Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Sawarna

4 komentar:

  1. PENGINAPAN DI PANTAI SAWARNAKamis, Oktober 23, 2014

    Beberapa pilihan penginapan di sekitar Pantai Sawarna antara lain: Java Beach Homestay, Tanjung Layar Resort, Homestay Andra, Homestay Andrew, Vila Hula-hula, Homestay Kang Hendy, Homestay Batara, Homestay Clara.

    BalasHapus
  2. gi mn jalan menujuh pantai sawarna bisa di lewatin mobil besar apa gx

    BalasHapus
    Balasan
    1. akses jalan menuju Pantai Sawarna sudah sangat baik, sehingga memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung ke sana

      Hapus
  3. jarak yang ditempuh dari jakarta jika ingin ke pantai sawarna berapa ya? dan berapa jam waktunya?

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.