Kamis, Oktober 09, 2014

Pantai Sendang Biru Malang

Pantai Sendang Biru berada di wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berjarak kurang lebih 30 kilometer dari Malang, dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar satu jam. Pantai ini memiliki pemandangan alam cukup indah, dan menjadi objek wisata yang patut untuk dikunjungi. Sayang untuk dilewatkan, jika Anda memiliki agenda perjalanan wisata ke Jawa Timur.

Nama Sendang Biru diambil dari sebuah mata air yang terdapat di sekitar pantai. Mata air tersebut oleh masyarakat setempat disebut dengan istilah sendang, dan kebetulan airnya berwarna biru. Terdapat berbagai fasilitas dan sarana pendukung wisata di area ini, seperti guess house, penginapan, persewaan perahu, dan rumah jaga.

Menuju ke lokasi pantai harus melalui akses jalan yang cukup berkelok di daerah perbukitan. Namun, perjalanan sebetulnya cukup mudah dilalui, meskipun harus lebih hati-hati, terutama saat berpapasan, karena badan jalan memang tidak terlalu lebar. Pengunjung dapat mengambil rute Malang, Gadang, Turen, Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan dan Sendang Biru.

Wisata Pantai Sendang Biru Malang

Pesona Keindahan Pantai Sendang Biru


Terdapat sebuah pulau di tengah pantai, yang bernama Pulau Sempu. Pulau tersebut menghalangi laju ombak laut selatan, sehingga perairan di Pantai Sendang Biru relatif tenang. Masyarakat yang ingin menyeberang ke Pulau Sempu, harus melewati Pantai Sendang Biru terlebih dahulu, sehingga membuat pantai ini lebih ramai pengunjung. Selain sebagai tempat wisata, area pantai juga digunakan sebagai pelabuhan bagi nelayan-nelayan setempat, dan terdapat tempat pelelangan ikan.




Pulau Sempu termasuk dalam kategori cagar alam, sehingga bagi wisatawan yang ingin berkunjung dan berekreasi ke pulaut tersebut harus mendapatkan ijin terlebih dahulu ke pos pengelola yang terdapat di sekitar area wisata. Pengunjung harus mengisi formulir terlebih dahulu, dan dikenakan sejumlah biaya. Untuk menyeberang ke Pulau Sempu, dapat menggunakan perahu sewa yang sudah disediakan. Sebelum mendarat di pesisir utara pulau, wisatawan diajak berkeliling untuk menikmati pesona dan keindahan sekitar pantai.

Baca artikel lain tentang Daftar Tempat Wisata Di Malang dan Batu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.