Minggu, Oktober 26, 2014

Pantai Tanjung Bira, Bulukumba

Pantai Tanjung Bira, atau dikenal juga dengan sebutan Pantai Bira, merupakan salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di wilayah Sulawesi Selatan. Kawasan wisata Pantai Tanjung Bira terletak di Jl. Kapong Kolang, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Dari kota Bulukumba hanya berjarak sekitar 41 kilometer, dari dari Kota Makasar berjarak sekitar 200 kilometer. Pantai ini menyimpan segala keindahan, dan menjadi salah satu destinasi setiap liburan atau akhir pekan oleh masyarakat Sulawesi Selatan.

Transportasi Menuju Pantai Bira

Untuk menuju lokasi wisata ini memang harus ditempuh dengan perjalanan agak panjang. Terutama jika Anda berangkat dari Bandara Hasanuddin, terlebih dahulu menuju ke terminal Malengkeri, kemudian naik bus jurusan Bulukumba atau langsung ke Tanjung Bira. Selain itu, dari Kota Makasar dapat juga menggunakan angkutan umum berupa mobil Kijang, Panther atau Innova menuju Bulukumba. Selanjutnya dari Bulukumba ke Tanjung Bira dapat menggunakan angkutan semacam mikrolet, yang oleh masyarakat setempat disebut pete-pete. Perjalanan dari Kota Makasar ke Pantai Tanjung Bira dapat ditempu dalam waktu 3-4 jam. Perlu diingat, angkutan umum di kawasan wisata Pantai Tanjung Bira hanya beroperasi hingga sore hari, bila wisatawan harus kembali ke Kota Makasar pada sore itu juga, maka dapat menggunakan taksi, dengan tarif cukup mahal, yaitu sekitar Rp 500.000,-

Potensi Wisata Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira sangat dikenal dengan pemandangan pasir putih di sepanjang bibir pantai. Berpadu dengan air laut yang tampak membentuk gradasi dari biru hingga kehijauan, tentu menyuguhkan panorama cantik, seakan memanjakan mata memandang. Air laut yang jernih dengan ombak di sekitar pantai relatif tenang, menjadikan tempat wisata ini sangat menyenangkan untuk berenang. Setelah puas berenang, wisatawan dapat membersihkan diri di kamar mandi umum yang menggunakan air tawar. Area bibir pantai berpasir putih, sangat cocok untuk berjemur pada pagi hari, setelah menikmati keindahan matahari terbit di ufuk timur.

Pantai Tanjung Bira, Bulukumba

Pesona Pantai Tanjung Bira, Bulukumba


Salah satu kegiatan yang cukup populer adalah scuba diving dan snorkeling. Tepat sekali, Pantai Bira memang memiliki keindahan bawah laut cukup mengagumkan. Apalagi dengan perairan yang sebening kaca, tentu menyuguhkan sebuah pemandangan nan eksotis, tampai gemerlap warna-warni ikan laut yang hilir mudik berpadu dengan keanekaragaman karang. Terdapat penyewaan perlengkapan snorkeling dan scuba diving, sehingga wisatawan tidak perlu bingung jika tidak berbekal perlengkapan tersebut.




Kawasan wisata ini sudah ditata dengan rapi, dan terdapat berbagai fasilitas penunjang, seperti penginapan, villa, bungalow, dan hotel. Memang, nama Tanjung Bira sudah cukup populer dikalangan wisatawan hingga mancanegara, tak mengherankan jika pemerintah setempat benar-benar mempersiapkan pantai ini sebagai destinasi wisata unggulan wilayah Sulawesi Selatan. Terdapat juga pelabuhan fery sebagai jalur transportasi laut menuju Pulau Selayar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.