Minggu, Oktober 05, 2014

Tempat Wisata Pantai Ujung Genteng Sukabumi

Pantai Ujung Genteng, Sukabumi merupakan salah satu objek wisata di Provinsi Jawa Barat yang menyimpan pesona keindahan tersembunyi. Ya, keindahan yang masih tersembunyi, karena pantai ini belum banyak mengalami intervensi pengembangan infrastruktur pendukung sektor pariwisata dan berada di sebuah tempat yang cukup terpencil, sehingga belum banyak wisatawan yang mengetahui potensi keindahan alamnya. Tempat wisata ini secara administratif berada di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Dari kota Bandung hanya berjarak kurang lebih 230 kilometer, rute perjalanan yang dapat ditempuh misalnya Bandung – Cianjur – Sukabumi – Lengkong – Jampang Kulon – Surade – Ujung Genteng, dengan waktu perjalanan sekita 8-10 jam.

Potensi Wisata di Pantai Ujung Genteng

Letaknya yang berada di sebuah tanjung, yaitu daratan yang menjorok ke laut, membuat pantai ini memiliki banyak view angel yang cukup bagus. Salah satu kegiatan yang cukup populer di Ujung Genteng adalah menanti datangnya sunset pada sore hari. Memang, pesona sunset di Ujung Genteng sangat eksotis, seolah sang mentari ditelan oleh Samudera Hindia yang menghampar luas di depan mata, dengan kemilau sinarnya yang kekuningan menyemburat dari cakrawala. Sungguh merupakan suatu pemandangan yang sangat memukau.

Di kawasan pantai dengan hamparan pasir putih bersih, dan masih sangat alami ini juga terdapat area yang dipenuhi dengan ekosistem karang. Saat air laut surut, wisatwan dapat melihat aneka satwa laut dan pesona rumput laut yang tumbuh di celah-celah karang. Tentu saja menyuguhkan suatu pemandangan nan eksotis dan cukup memikat hati. Masih di kawasan Pantai Ujung Genteng, wisatawan juga dapat menjumpai area penangkaran penyu hijau. Di area ini, tampak satwa laut yang sudah mulai langka ini naik ke darat untuk bertelur. Sebuah pengalaman yang cukup langka, jarang dijumpai di daerah-daerah lain meski Anda seorang penggemar traveling ke pantai. Petugas penangkar penyu akan mengambil telur-telur tersebut untuk diselamatkan, karena habitat satwa yang satu ini sudah mulai merosot.

Keunikan Pantai Ujung Genteng adalah sebagai pantai yang memiliki ombak besar seperti pantai-pantai lain di laut selatan, namun terdapat kawasan yang aman untuk olahraga surfing atau berselancar. Bahkan dikawasan tersebut banyak turis-turis asing yang menjajal serunya berselancar di Samudera Hindia.

Wisata Pantai Ujung Genteng Sukabumi

Hamparan Pasir Putih Pantai Ujung Genteng


Tak hanya itu, ikan-ikan laut yang terdapat di kawasan pantai yang sering dijuluki sebagai Tanah Lotnya Pulau Jawa ini sangat beragam. Para pengunjung yang memiliki hobi memancing dapat menyalurkan hobinya di pantai ini sambil menunggu tenggelamnya sang surya di garis cakrawala. Tentu saja harus berbekal peralatan memancing sendiri dari rumah.





Menikmati Kuliner Khas Pantai Ujung Genteng

Meskipun berada di daerah terpencil, kawasan wisata Pantai Ujung Genteng sudah memiliki berbagai fasilitas penunjang, salah satunya adalah keberadaan warung makan yang banyak berjejer di sekitar pantai. Sebagian besar warung makan ini menjajakan menu makanan laut. Namun, citarasa dan pengolahannya tentu saja berbeda dengan makanan laut yang sering Anda jumpai. Di sini wisatawan bisa memanjakan lidah dengan makanan laut dengan bumbu dan pengolahan khas Ujung Genteng. Selain mencoba menu yang sudah tersedia, wisatawan juga bisa membeli sendiri ikan segar di Tempat Pelelangan Ikan, kemudian meminta tolong warung atau pemilik penginapan untuk mengolahnya sesuai menu yang diinginkan.

Baca artikel lain tentang Tempat Wisata Di Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.