Rabu, Oktober 22, 2014

Wisata Pulau Ayer

Pulau Ayer adalah resor di gugusan Kepulauan Seribu, Jakarta yang dijuluki sebagai Mutiara Kepulauan. Secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, dan terletak tidak jauh dari dermaga Marina Ancol, kurang lebih hanya 14 kilometer, dengan waktu penyeberangan sekitar 30 menit menggunakan speedboat. Pulau yang memiliki luas daratan kuran dari sepuluh hektare ini memiliki sumber air tawar. Pulau Ayer mulai dikunjungi wisatawan sejak tahun 1950-an, dan menjadi tempat peristirahatan favorit bagi Presiden Pertama sekaligus Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Ir. Soekarno.






Potensi Wisata Pulau Ayer

Pulau Ayer sudah cukup lama dikenal memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Semasa hidupnya Bung Karno pernah mengajak sejumlah pemimpin besar dunia, seperti Presiden Tito dari Yugoslavia dan mantan Sekretaris Jenderal PBB, U Nu. Resor ini dikelola dengan konsep yang memadukan beberapa unsur, antara lain keindahan alam, budaya tradisional, serta teknologi dan pengelolaan modern.

Salah satu ikon wisata di Pulau Ayer adalah Cottage Apung, yang dibangun dengan gaya suku Asmat, Papua, yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas hiburan modern dan sarana rekreasi air. Selain sebagai ikon wisata, cottage apung ini juga menjadi kebanggan Pulau Ayer. Tak mengherankan, jika para wisatawan sanggat menggemari untuk menginap di cottage apung ini. Ya, tentu saja nuansa dan suasana sekitar cottaage apung ini sangat seru, dengan lantunan deburan ombak yang menemani istirahat Anda bagaikan sebuah orkestra alam yang sangat mengagumkan.






Pemandangan laut lepas dan sejumlah orang yang sedang melakukan atraksi olahraga air dapat dinikmati dari cottage tersebut. Serunya lagi, wisatawan yang menggemari hobi memancing dapat menyalurkan hobi tersebut tanpa harus bersusah-susah mencari spot khusus untuk memancing. Selain menyediakan floating cottage, di kawasan resor Pulau Ayer juga terdapat cottage-cottage di daratan, di sekitar bibir pantai. Tentu saja tarif cottage darat ini lebih murah dibanding cottage apung yang memiliki view angel cukup mengagumkan ke segala penjuru.

Wisata Pulau Ayer

Resort Pulau Ayer


Fasilitas Di Pulau Ayer

Cottage bernuansa etnik Papua, dikelilingi oleh lautan dan pantai, tentu menyuguhkan sebuah pemandangan begitu mengesankan dan memberikan suasana alami, sangat jauh berbeda dibanding dengan hotel-hotel di perkotaan. Namun demikian, fasilitas dan perlengkapan modern telah disematkan untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Terdapat setidaknya 45 cottage dan 12 hotel room, yang dilengkapi dengan AC, TV, Water Heater, Telp, Mini refrigerator, and private teracce.






Pulau Ayer Resort merupakan tempat berlibur yang sangat menarik, telah dilengkapi dengan berbagai macam sarana pariwisata, seperti taman bermain anak-anak, mini market, restoran, kolam renang, ruang karaoke, fasilitas ruang pertemuan, fasilitas water sport (jetsky, banana boat, canoe), toko obat, dan layanan penyewaan sepeda untuk berkeliling dan menjelajahi pulau.

Yang perlu diperhatikan adalah, para wisatawan tidak diperkenankan membawa bekal makanan dan minuman dari luar pulau, sehingga untuk membeli segala kebutuhan harus dilakukan di kawasan Pulau Ayer. Selain itu, pengunjung juga tidak diperbolehkan membawa binatang peliharaan, seperti anjing, kucing, kelinci hias, burung, dan sebagainya.

Sarana Transportasi Menuju Pulau Ayer

Untuk menuju Pulau Ayer, harus melalui penyeberangan laut, yang dapat dilakukan dari dermaga Marina, di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Perjalanan penyeberangan membutuhkan waktu sekitar 45 menit menggunakan kapal cepat atau speedboat. Pemberangkatan dari dermaga 16, dan biasanya waktu berangkat sekitar pukul 09.00, sehingga wisatawan harus tiba di dermaga sekitar pukul 08.00 untuk melakukan pemesanan. Kapal biasanya akan berangkat jika penumpang telah memenuhi kuota, yaitu sekitar 20 orang. Jika belum mencapai 20 orang, dapat menggunakan sewa kapal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.