Minggu, Oktober 19, 2014

Wisata Pulau Berhala Riau

Pulau Berhala adalah pulau terluar dari gugusan pulau-pulau di seluruh Indonesia, dan memiliki luas daratan kurang lebih 2,5 hektare. Yah cukup kecil memang, namun karena letaknya di perbatasan dengan Malaysia, yaitu di Selat Malaka, maka pulau ini dijaga ketat oleh TNI Angkatan Laut. Pulau Berhala kaya akan hutan bahar, dan secara administratif masuk dalam wilayah Provinsi Kepulauan Riau. Nama Pulau Berhala diambil dari makam seorang raja Jambi yang bernama Datuk Paduko Berhala. Memang, sebelum diputuskan oleh Mahkamah Agung, Pulau Berhala masuk dalam wilayah Provinsi Jambi. Pulau ini masih memiliki kondisi sangat alami dan belum padat dihuni oleh penduduk, sehingga menjadi salah satu tujuan berlibur yang dapat memberikan kenyamanan dan kesegaran.

Potensi Wisata Pulau Berhala

Pulau terluar yang merupakan perbatasan dengan negara Malaysia ini menyimpan potensi wisata bahari, mulai dari keindahan pemandangan di sekitar pantai dengan hamparan pasir putih, hingga surga bawah lautnya dengan berbagai jenis terumbu karang, terutama Intertidal Coral Reef dan Karang Tengah. Menurut situs http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Berhala, karang-karang ini tumbuh hingga sejauh 200 meter dari garis pantai, terdiri dari kurang lebih 22 spesies.

Beberapa jenis ikan laut yang terlihat di habitat terumbu karang ini mencapai sekitar 11 spesies. Tentu saja menyuguhkan pemandangan bawah laut sangat eksotis, serta menjadi tempat ideal bagi wisatawan untuk melakukan aktvitas wisata bahari, seperti scuba diving dan snorkeling.

Pulau dengan topografi bergunung-gunung ini menyuguhkan pemandangan alam sangat indah, dengan hutan lebat menghiasi pesona di sekitar pantai. Cocok bagi para penggemar kegiatan fotografi untuk mengambil hasil bidikan yang istimewa. Tak perlu bingung untuk mencari spot pengambilan foto, hampir di sepanjang pantai memiliki pesona indah dengan latar belakan pemandangan perairan laut berwarna biru jernih.

Wisata Pulau Berhala Riau

Dermaga Pulau Berhala


Pada awal dan akhir tahun, wisatawan dapat menjumpai penyu-penyu yang singgah di sekitar pantai untuk mencari tempat bertelur. Tentu merupakan sebuah pemandangan yang cukup langka, dan menjadi pengalaman liburan yang mengesankan. Untuk melengkapi sensasi bagi para pengunjung, pulau ini telah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung pariwisata, seperti wahana permainan laut, resort, dan hotel berkelas internasional.




Potensi keindahan laut di Pulau Berhala memang menjadikan sebuah sumber daya periwisata yang begitu besar. Karenanya, saat ini Pulau Berhala dipromosikan sebagai daerah wisata dengan konsep green tourism atau wisata ramah lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.